Enam Penantang Himax Zoom Dengan Prosesor Hexa Core

Oleh on Rabu, 08 Okt 2014 | 19:30

Smartphone sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari.Dengan maraknya ponsel harga terjangkau yang berdatangan maka permintaan pun makin tinggi.

Kian kemari, smartphone makin dikemas dengan prosesor multi core untuk membantu menjalankan aktifitas lebih baik. Prosesor multicore merupakan bagian intergral dari bagaimana perangkat bekerja dengan cepat dan efesien.

Misalnya saja dual core yang bekerja secara terpisah pada masing-masing inti prosesornya. Kemudian ada Quad core (empat inti), lalu kini dimulai era Hexa core (enam inti) dan octa core (8 inti).

Menariknya, di Tanah Air, smartphone octa core lebih dulu hadir dibandingkan dengan yang Hexa core, yang baru saja dimulai dengan kehadiran Himax Zoom. Berikut ini beberapa ponsel Hexa core yang sudah beredar di dalam dan luar Indonesia, khususnya India.

Samsung Galaxy K Zoom

Samsung Galaxy K Zoom sudah tiba di Tanah Air. Bentuknya yang unik mengundang perhatian banyak pengguna ponsel. Layar HD-nya berukuran 4,8 inch dengan mengandalkan teknologi Super AMOLED. Dengan enam inti prosesor yang bekerja sekaligus (1,7 dual core cortex A15 dan 1,3 GHz Quad core Cortex A7)kinerjanya cukup dapat diandalkan sebagai kamera maupun smartphone.

Prosesor grafik Mali T624 juga menjadi andalan untuk membesut game-game 3D dan berukuran besar. Apalagi kapasitas RAM-nya sudah 2 GB sehingga bukan masalah untuk urusan main game atau berselancar di dunia maya.  

Perangkat lunaknya menggunakan Android KitKat dengan antar muka Samsung Touchwiz UX. Resolusi 20,7 MP tertanam pada kamera belakang yang menggunakan BSI CMOS sensor. lensanya setara dengan lensa 4.4-44mm den mampu melakukan 10 pembesaran. Sebagai pelengkap di kamera ada image stabilisation dan Xenon flash. Kameranya mampu merekam video 1080 dengan kecepatan 60fps.

Memori internalnya 8 GB dan dapat ditingkatkan hingga 64 GB dengan bantuan microSD.  Untuk koneksinya ada Wifi, Wifi direct, DLNA, Bluetooth, GPS Glonass dan NFC. Untuk baterainya 2,430 mAh. Banderolnya yakni Rs 29,990 atau sekitar 6 jutaan.

Micromax Canvas HD Plus A190

Smartphone ini dibekali layar HD 5 inch, dengan resolusi 1280 x 720 pixel. Penampang layarnya sudah dibekali dengan Gorilla Glass sebagai pelindung agar tidak mudah gores.

Kinerjanya ditenagai chipset besutan MediaTek MT6591 yang memiliki enam inti prosesor (hexa core), berlari dikecepatan 1,5 GHz. Dukungan kapasitas 1 GB RAM memudahkan kerja smartphone ini manakala membuka beberapa aplikasi sekaligus.

Sementara memori internalnya berkapasitas 8 GB dan sudah ada slot microSD jika dirasa kurang ruang penyimpanannya. Smartphone Android KitKat ini memiliki kamera utama 8 MP dengan lensa autofokus dan LED flash serta kamera 2 MP pada bagian depan.

Koneksi jaringannya sudah 3G dan memiliki dua slot SIM card serta dukungan Wifi, dan Bluetooh. Pada tubuhnya tertanam baterai berkapasitas 2000 mAh. Harganya sendiri berada diangka Rs 11,399 atau sekitar Rp 2,2 jutaan.

Karbonn Titanium Hexa

Smartphone ini memiliki layar 5,5 inch full HD. Ditenagai oleh prosesor Xexa core dengan clock speed 1,5 GHz. Chipset yang digunakan tak lain dan tak bukan merupakan buatan MediaTek, yakni MT6591.

Memiliki dukungan RAM 2 GB dan 16 GB sebagai memori internal. Daya tahan smartphone ini ditunjang baterai li-Pi dengan kapasitas 2050 mAh. Untuk foto, kameranya utamanya sudah 13 MP dengan lensa auto fokus dan didukung lampu kilat. Sedangkan untuk foto selfi lumayan besar yakni 5 MP.

Sementara untuk koneksinya standar saja seperti ponsel Android pada umumnya. Smartphone ini menggunakan Android KitKat sebagai sistem operasinya. Memiliki banderol harga Rs 16,990 atau sekitar Rp 3,3 jutaan.

Xolo Play 6x-1000

Xolo Play 6x-1000 merupakan ponsel dual SIM yang berjalan dengan sistem operasi Android KitKat. Untuk perangkat kerasnya sudah ada 6 inti prosesor dengan kecepatan 1,5 GHz. Chipset yang digunakan milik MediaTek, MT6591. Pengolahan grafisnya menggunakan prosesor Mali 450 dengan kecepatan 600 MHz.

Smartphone dual SIM dengan layar IPS berukuran 5 inch (1280 x 720 pixels) ini memiliki dua buah kamera. Sebagai kamera utama 8 MP dengan sensor BSI, dan 2 MP dibagian depan. Internal memorinya sebesar 8 GB dan RAM-nya 2 GB. Koneksi standar Android pada umumnya hanya saja dibekali dengan koneksi OTG. Mengenai baterai, kapasitas yang dimiliki yakni 2100 mAh. DI India dihargai Rs 14,999 atau sekitar Rp3 jutaan.

Spice Stellar 526

Desain ponsel ini terbilang cukup tipis yakni 8,3 mm. Diagonal layarnya serupa dengan lainnya, yakni 5 inch dengan panel layar IPS. Kinerja ditunjang prosesor enam inti yang berlari dikecepatan 1,5 GHz. Ponsel Android KitKat ini dibekali kamera 8 MP dengan lensa autofokus dan lampu kilat. Pada area depan kameranya beresolusi 3,2 MP.

Agar multitasking berjalan lancar, ponsel ini dibekali RAM 1 GB dan internal memori 8 GB serta ruang memorinya dapat diperluas dengan microSD hingga 32 GB. Sedangkan baterainya 2500 mAh. Fitur lain yang dimiliki yakni dual SIM, Wifi, Bluetooth, dan FM radio. Smartphone ini dipasarkan dengan harga Rs. 13,499 atau sekitar 2,7 jutaan.

Samsung Galaxy S3 Neo

Samsung pun ikut bermain dikelas ini. Galaxy S3 Neo dibekali 5,5 inch layar super AMOLED (1280 x 720 pixels). Disenjatai prosesor hexa core. Dual core prosesornya menggunakan cortex A15 yang berlari di 1,7 GHz dan prosesor quad core, Cortex A7 dengan kecepatan 1,3 GHz. Ruang RAM-nya sebesar 2 GB sedangkan internal memorinya 16 GB serta penambahan microSD yang dapat ditingkatkan hingga 64 GB.

Lensa kamera beresolusi 8 MP yang dimilikinya menggunakan sensor BSI untuk mendapatkan gambar berkualitas. Smartphone ini mampu menghasilkan rekaman video dengan resolusi 1080p. Bukan hanya pada kamera belakang, kamera depan pun menggunakan sensor serupa dengan resolusi 2 MP untuk selfie dan video call. Baterai yang digunakan berkapasitas 3100 mAh. Harga smartphone ini yakni Rs 30.000 atau sekitar Rp 6 jutaan.

 

Artikel Lainnya

Komentar