Menjajal Keunggulan Sony Xperia Tablet Z2 Harga 8 Jutaan

Oleh Tedi Yuni A on Senin, 11 Agu 2014 | 14:00

Setelah berlalu setahun sejak kemunculan Xperia Z tablet, Sony baru memamerkan Xperia Z2 kepada publik di kuartal pertama tahun 2014. Desain pun dirombak dan dipasangkan teknologi baru Sony.

Desain

Revolusi desain dimulai Sony dengan memangkas ketipisan dan juga berat. Sony menggunakan bahan matte di sisi belakang. Ringan, tak mudah kotor dan juga lebih tahan gores. Tubuh Xperia Z2 tablet kokoh karena menggunakan frame alumunium. Strip plastik warna perak ciri khasnya Xperia. Sama seperti tombol power dan volume. Alihkan pandangan Anda ke speaker stereo di sisi kiri kanan tepi LCD. Kadang agak tanpa sengaja tertutup tangan ketika bermain game seperti Asphalt 8. 

Layar

 
Homescreen                                                                User Interface

Terasa lengkap teknologi yang diterapkan pada layar full HD berukuran 10.1 inch (1920 x 1200 pixels). Ada teknologi Triluminos bersama LED Live Colour, X-Reality, dan panel IPS. Namun kecerahan dari layar yang memiliki 10 titik sentuh ini justru membawa banyak refleksi ketika dibawa berada di bawah sinar mentari. Keterbacaan teks jadi terganggu. Pada menu setting, Anda akan menemukan pengaturan White Balance, tapi kalau tak mengerti komposisi warna dengan baik, bisa malah tak jelas warna layar Anda.

Layar bekerja sangat responsif kala disentuh. Bukan hanya nonton film, bermain game pun jadi lebih mengasyikan dengan tampilan grafis serta respon yang sangat baik. Bermain game Frontline Commando 2 jadi lebih seru dan nyaman.Pada layar juga terdapat fitur “Tap to wake up” yang berfungsi menghidupkan layar dengan hanya mengetuk layar dua kali. Ada juga teknologi Smart backlight control, ketika dihidupkan layar akan tetap menyala selama tablet dipegang. Berguna ketika Anda melihat-lihat foto.

Kinerja dan Aplikasi

 

   Aplikasi What's New                                                                     Aplikasi Sony Select

  

                                       Xperia Lounge Beta                               Download Game

Memegang tablet ini terasa memenuhi kebutuhan untuk hiburan dan kerja. Antarmuka Android v4.4.2 KitKat memberikan pengalaman baru dari versi sebelumnya. Kemudahan antarmuka mengantarkan Anda pada efesiensi pengoperasian yang mudah dan ramah. Kinerjanya ditopang oleh prosesor Quad core Snapdragon 801 dengan clock speed 2.3GHz.

Dengan RAM 3GB, multitasking bukan lagi masalah, ditambah kinerja prosesor grafis Adreno 330. Melibas game 3D berukuran besar tanpa ada hambatan apalagi lag. Memori internal pun cukup lega sebesar 16 GB dan penambahan memori hingga 64 GB melalui microSD. Daya tahan baterai ketika bermain game Frontline Commando 2 selama satu jam tak henti memakan konsumsi daya 30 persen dari kondisi baterai terisi penuh. Artinya baterai hanya bertahan kurang lebih 3 hingga empat jika bermain seharian penuh.

Dari hasil uji software menggunakan Antutu X, Xperia Z2 tablet berada diurutan kedua di bawah Samsung Galaxy Note 3. Sedangkan dengan Quadrand kemampuan kinerjanya berada pada posisi atas mengalahkan HTC One X. Begitu pun uji grafisnya, lolos sempurna berada di puncak.

Hasil uji

AnTuTU X  : 34049

Quadran   : 17703

NenaMark2 :59,6

Kamera

 

Hasil kamera outdoor                                                         Hasil kamera Indoor

Menu kamera menarik seperti di Xperia Z1, ada mode pengambilan gambar Superior Auto, Manual, Background Defocus, AR Effect,Creative effect, Timeshift burst, Sosial live, Sweep panorama dan Evernote. Lensanya mampu melakukan pembesaran hingga 8 kali.

Bicara mengenai hasil, resolusi 8 MP cukup baik. Di layar tablet hasil tampak sempurna, begitu pun ketika di PC, walau ada sedikit penurunan kualitas, namun detail, warna, kecerahan dan ketajaman masih dapat dipertahankan. Kamera depan resolusinya 2MP dan kamera tablet ini dapat merekam video HD . Pada kamera tidak ada lampu kilat, seperti tablet pada umumnya.

Audio


Aplikasi Walkman

Speaker stereonya kencang dan jernih waktu memutar berbagai musik dengan aplikasi Walkman. Pada aplikasi ini disediakan katalog musik lebih dari 500 ribu lagu lokal dan internasional. Bisa juga mengunduhnya lewat aplikassi What New yang akan membantu anda menemukan film, musik serta aplikasi baru yang direkomendasikan.

Sebetulnya Sony memberikan konten hiburan eklusif, seperti mengunduh gratis 6 film blockbuster dari Sony Pictures termasuk Captain Phillips lewat aplikasi Privilege Movies. Sayangnya terbatas pada area tertentu, dan sepertinya tidak untuk pasar Indonesia.

Konektivitas

 

Koneksi PS 3                                                                  Xperia Link

Dengan keyboard Bluetooth BKC50BT besutan SONY, tablet akan menjadi laptop untuk Anda bekerja. Penyertaan OfficeSuite Pro 7 membuat Anda dapat melihat, mengubah,dan berbagi file Microsoft Office asli. Kemudian dengan wireless controller (Dualshock 3) bermain game-game plastation sangat dimungkinkan. Menjadi remote tv atau keperangkat Sony lainnya dengan infrared dapat dilakukan Xperia Z2 tablet.

Kesimpulan

Tablet ini tahan air hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit dan ada teknologi Qualcomm Quick Charge 2.0, yang memungkinkan perangkat untuk mengisi daya hingga 75 persen lebih cepa sehingga aktifitas dapat terus berlangsung.

Spesifikasi Xperia Z2 Tablet di sini

Baca juga artikel:

Evercoss A76, Octa Core Diharga Rp1,6 juta

Xiaomi Mi Note Pro, Naik Kelas dengan Layar 2K

Ini Cara Blokir SMS Penipuan Mama Minta Pulsa

Artikel Lainnya

Komentar