Ini Benchmark Sony Xperia M2

Oleh Tedi Yuni A on Rabu, 16 Jul 2014 | 10:00

 

Sony Xperia M2 menjadi salah satu varian yang diandalkan Sony untuk bersaing di kelas  menengah. Sudah mendukung jaringan 4G dan akan muncul varian dua kartu. Kami sudah menjajal smartphone ini, berikut ulasannya:

Desain

Sony Xperia M2 dibangun dari konsep Xperia M. Ciri khas OmniBalace masih melekat erat dalam tubuh smartphone yang tersedia  dalam dua varian dual SIM. Hanya saja Anda kini tidak bisa membuka bagian belakangnya karena varian terbaru ini mengusung konsep unibody. Namun sayang,slot SIM-nya tidak mengusung teknologi hotswap karena begitu kartu dimasukan atau diganti, ponsel dengan sendirinya akan merestrat ulang.

Rongga kartu SIM-nya ada di sisi kanan, dekat dengan lubang microSD dengan penutup yang cukup rapat. Jaraknya sekitar 3 cm dari tombol power. Bagian belakangnya tidak lagi cembung seperti Xperia M. Anda mesti berhati-hati memakainya sebab pelapis cover belakangnya mudah gores.

Disarankan memakai pelindung tambahan. Speaker pada Xperia M2 kini dipindah ke bagian sisi bawah, tidak lagi dibagian belakang. Ini lebih baik karena suara yang keluar dari speaker tidak akan teredam ketika ponsel diletakan pada posisi layar di atas. 

Layar

Meski ukuran layar diupgrade jadi 4.8 inch, tetapi Sony tidak memakai teknologi IPS pada Xperia M2, justru menggunakan layar jenis TFT beresolusi 540 x 960 pixels, dengan kerapatan pixel 229ppi. Bagian ini dirasa kurang oleh banyak pengguna yang mengharapkan teknologi IPS tertanam pada layarnya.  Namun selama pemakaian oleh Pricebook tidak ada kendala untuk layarnya, sebab tampilan warnanya tetap baik meski berada di bawah sinar mentari.

 Kamera

 

              Resolusi kamera                                      Aplikasi kamera

 Resolusi kamera meningkat dari 5 MP menjadi 8 MP. Pintar-pintarlah dalam mengatur setting kamera agar hasil lebih baik. Ada opsi koreksi wajah pada kamera bagian depan yang membuat wajah Anda menjadi lebih halus. Fitur kamera belakangnya mirip dengan Xperia Z1,

Sony menawarkan mode Superior Auto, Manual, Sosial live, Timeshift burst, AR effect, Picture Efect, Sweep Panorama, dan Potrait retouch. Penggunaan opsi ini akan meningkatkan kualitas hasil kamera dan kemudahan untuk beraktifitas di sosial media lewat opsi Sosia Live.

Dengan Sosial Live, Anda dapat menyiarkan setiap momen yang berlangsung melalui facebook dan langsung mendapat tanggapan teman-teman Anda di layar pada saat aktivitas berlangsung pada saat itu juga.

Untuk mengunduh lebih banyak aplikasi kamera Xperia  M2 seperti Vine, V1 Sport, FX Guru, cukup masuk ke jendela bidik kamera Anda dan kemudian klik ‘+Apps’ untuk melihat aplikasi terbaru melalui Sony Select. Fungsi HDR bisa dijalankan pada video sehingga pengguna dapat mengambil gambar bergerak dengan kontras yang lebin tinggi. Pendeteksian pemandangan otomatis mengenali hingga 36 jenis pemandangan dan menyesuaikan setelan secara otomatis.

 

    Hasil kamera outdoor                       Hasil kamera Indoor

 Kinerja

Mengenai kinerjanya, melalui beberapa software uji di dapat angka-angka yang menunjukan kinerja Xperia M2 sangatlah bagus. Perangkat kerasnya didukung dengan chipset prosesor milik Qualcomm, MSM8226 Snapdragon 400, Quad-core 1.2 GHz Cortex-A7, chipset grafik Adreno 305.

Dengan RAM 1 GB kemudahan multitasking masih sangat dimungkinkan, begitu pun untuk memainkan game-game 3D berukuran besar bukan lagi masalah. Hiburan akan mudah didapat dan menemani kemanapun Anda pergi melalui Xperia M2. Uji software dengan AnTuTu Benchmark, kinerjanya masih berada di bawah Samsung Galaxy S3, sedangkan untuk Quadrant berada diposisi teratas mengalahkan HTC One X. Berikut hasil lengkapnya.

  

    AnTuTu   Benchmark                           Quadrant Standard    

 

 

           Nena Mark 2

 Audio

Keluaran suaranya tidak ada masalah ditelinga Kami, cukup jernih dan keras dengan kolaborasi treble dan bass berimbang. Untuk pemutar musiknya Sony masih mempercayakan Walkman. Kalau penasaran dengan sebuah lagu dan mau tahu siapa penyanyinya, tinggal gunakan saja fitur lawas yang juga masih dipercayakan Sony hingga sekarang yakni, TrackID. Sony juga mengembangkan TrackID-TV untuk mengetahui nama sebuah acara televisi dengan hanya memutar penggalan video acaranya.

      Pemutar Musik

Konektivitas

Bagian ini diperkuat dengan berbagai solusi koneksi, semisal pertukaran konten dengan menjalankan Android Beam via NFC ke sesama ponsel denga fitur serupa. Xperia M2 juga dapat difungsikan untuk membaca flasdisk atau hardisk eksternal melalui USB on The Go. Adanya DLNA akan mempermudah Anda mengkoneksikan Xperia M2 dengan perabot rumah tangga lainnya yang juga memiliki koneksi serupa.

Baterai

Kelemahan smartphone dengan baterai non-removable ialah jika terjadi kerusakan pada baterai Anda harus datang ke service center resmi Sony untuk memastikan keamanan smarphone Anda.  Daya tahan kapasitas 2300 mAh milik Xperia M2 diklaim Sony mampu bertahan di waktu siaga hingga 14 jam. Untuk browsing dan sosial media yang aktif, baterainya mampu bertahan tak lebih dari satu hari penuh.

Sedangkan untuk menjalankan YouTube dari Xperia M2 secara terus menerus tanpa henti kurang lebih tahan hingga 2-3 jam. Ada panas pada body belakang manakala melakukan uji tesebut. Untuk manajemen daya tahan baterai, Mode Baterai STAMINA perlu digunakan.

Mode ini akan mengenali ketika layar tidak digunakan dan secara otomatis mematikan fungsi yang tidak Anda perlukan.Begitu pula dengan Wifi dan trafick data akan dinonaktifkan selama siaga, tetapi Anda tetap dapat menerima panggilan telepon, pesan teks, dan alarm.

Kesimpulan

Xperia M2 dapat menjadi alternatif pilihan bagi mereka yang menginginkan perangkat handal di kelas menengah.

Spesifikasi       

Jaringan: GSM 850 / 900 / 1800 / 1900/HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100

Dimensi/berat: 139.7 x 71.1 x 8.6 mm/148g

Baterai : Non-removable Li-Ion 2300 mAh

Display : TFT capacitive touchscreen, 16 juta warna, 540 x 960 pixels, 4.8 inch, empat titik sentuh, Scratch-resistant glass

Sistem operasi & Hardware

OS: Android OS, v4.3 (Jelly Bean), planned upgrade to v4.4.2 (KitKat)

Prosesor: Qualcomm MSM8226 Snapdragon 400, Quad-core 1.2 GHz Cortex-A7,Adreno 305

Multimedia

Kamera : 8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, LED flash,kamera kedua,, VGA

Audio Player: MP3/eAAC+/WAV player

Video: MP4/H.263/H.264 player

Konektivitas dan Memori

Koneksi: Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, Wi-Fi hotspot, Bluetooth v4.0 with A2DP,NFC, microUSB v2.0, USB On-the-go, USB Host

Memori Internal: 8 GB, 1 GB RAM

Memori Eksternal : MicroSD up to 32GB

Messaging

SMS, Email, Push email,chatting,BBM

Lain-lain

Sony Select, facebook, Socialife News, You Tube, Kalender, alarm dan jam, Video Unlimetid, Kalkulator, FM radio, TrackID, Smart Connect, Xperia care, Hangouts, News&weather, Playbooks, Play Newsstand, McAfee Security, Update centere, Play Games, Office Suite,TrackID TV, Reader by Sony, Navigation with Garmin, Sketch, Pixr Express, Playstation mobile, Google Drive, BBM,

Paket penjualan

Handset, baterai, charger, handsfree, kartu garansi, buku panduan, smart cover.

Baca juga artikel:

Ini Jenis-Jenis Memory Card External yang Perlu Anda Ketahui

Kenali Apa Itu Jenis SD Card, Mini SD, Micro SD, dan SDHC

Ini Pengertian Class Pada Memory External

Artikel Lainnya

Komentar

16 Oktober 2014 - 16:16
recomended banget di kelas menengah
Bima Satria 16 Oktober 2014 - 16:37
versi "M" memang handal untuk kelas menangah, bentar lg muncul "M2 Aqua" yang anti air !