Diperbaharui pada Kamis, 26 Juli 2018 | 15:26

7 Tips Memanfaatkan Fitur Vivo V9 Untuk Aktivitas Sehari-hari

Jika kamu adalah pengguna Vivo V9, ada beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan selama beraktivitas sehari-hari. Karena selain unggul dalam mengabadikan berbagai momen dengan fitur kameranya, Vivo V9 juga memiliki berbagai fitur lain yang mungkin belum diketahui.

Apalagi kini Vivo juga telah memasarkan varian terbaru dengan RAM lebih besar dan performa lebih baik. Vivo V9 RAM 6GB sendiri diperkenalkan dengan harga resmi Rp 4.299.000. Selain memori RAM, peningkatan spesifikasi juga ada pada penanaman prosesor yang lebih bertenaga.

Meski demikian, untuk fitur-fitur didalamnya tetap tidak berubah dari versi RAM 4GB. Nah, berikut adalah beberapa  fitur di Vivo V9 yang akan berguna saat kamu beraktivitas.

AI Image Identification

Fitur ini berguna untuk mengatur galeri agar lebih rapi dan mudah dalam pencarian. Fitur AI Image Identification ini menjadi asisten yang membantu pengguna untuk mengelompokkan berbagai foto tersebut dalam kata kunci yang familiar dan mudah ditemukan.

Misal: Selfie, Landscape, Documents (teks), Cate (makanan), dan lainnya.  Menariknya, dengan teknologi AI, Vivo V9 juga bisa mengelompokkan hasil foto berdasarkan wajah yang tertampil, lokasi yang diambil, dan bisa langsung dicari di kolom pencarian utama.  

Updated Game Mode

Telah memperkenalkan fitur game mode sejak beberapa V-Series sebelumnya, Vivo V9 kini hadir dengan game mode versi terbaru yang semakin menambah kemudahan untuk multitasking saat mobile gaming. 

Bukan hanya hadir dengan fitur picture-in-picture untuk mengaktifkan aplikasi chatting serta audio-call tanpa menghentikan game, game mode terbaru Vivo V9 juga menyediakan desain keyboard yang lebih ergonomis dan memakan lebih sedikit area pada layar. Dengan ini, pengguna bisa ber-multitasking sambil bermain game lebih nyaman, dengan visual permainan akan tetap menjadi prioritas.

Motorbike Mode

Fitur ini memang baru dibenamkan Vivo pada seri V9. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk dapat berkendara motor dengan nyaman dengan dua pilihan mode:  Auto reject calls, dan mute notifications. Mode Auto Reject Calls akan secara otomatis menolak panggilan yang masuk, dan merespon otomatis via sms berisi pemberitahuan bahwa pengguna sedang berkendara. 

Untuk mode Mute Notifications, mode senyap/silent mode akan diaktifkan, dan setiap pemberitahuan pada smartphone akan masuk tanpa terdeteksi. Pengguna juga masih bisa mengatur motorbike mode untuk menerima panggilan dari kontak tertentu yang didaftarkan pada white list. Terintegrasi dengan GPS, pengguna dapat kembali menerima panggilan dan notifikasi seperti biasa ketika berhenti berkendara.

Vivo A-GPS

Fitur GPS atau Map adalah fitur yang penting ketika kamu melakukan perjalanan jauh. Dengan Android Oreo 8.1 terbaru pada FunTouch 4.1 Vivo V9, mengaktifkan map tetap bisa dilakukan sambil chatting di media sosial, mengganti playlist di aplikasi streaming, melihat hasil foto di galeri, dan lainnya.

Saat menekan tombol Home, Fitur map yang sedang aktif akan “melayang” pada layar, dan tetap berjalan ketika aplikasi lainnya dijalankan. Untuk mengaktifkan fitur ini, buka pengaturan picture-in-picture pada vivo V9, dan aktifkan pilihan pada Maps. Fitur ini juga bisa berjalan untuk Google Chrome saat membaca artikel, atau memutar video online.

Recycle Bin

Jika sering membersihkan album namun takut kehilangan gambar penting karena kesalahan tag, Vivo V9 memiliki fitur “recently deleted” yang menjadi penyimpanan sementara bagi foto yang telah dihapus pada album. Aktifkan pilihan “recenty deleted” pada pengaturan album, dan pilih waktu penyimpanan dari 1 hingga 30 hari setelah dihapus. Saat diaktifkan, folder tambahan pun akan muncul pada album.

AI Face Access

Jika kamu orang yang suka meminjamkan smartphone saat berkumpul bersama keluarga atau sahabat mungkin bisa memanfaatkan keberadaan fitur AI Face acces di Vivo V9. Hal ini penting untuk menjaga privasi terkait dokumen pribadi. Bagi pengguna Vivo V9, cukup gunakan pengunci fitur AI face access untuk aplikasi pilihan seperti Album, media sosial (Instagram, Whatsapp, dll), bahkan untuk web browser.

Aktifkan AI face access pada pengaturan “Privacy and App Encryption”, dan pilih fitur yang ingin dikunci. Cukup dengan memindai wajah yang terdaftar, aplikasi pilihan akan langsung terbuka, bahkan kurang dari 1 detik. Bukan hanya penting untuk menjaga privasi, fitur ini juga sangat bermanfaat untuk menjaga konten yang aman bagi anak-anak. 

Hemat Baterai

Saat baterai lemah ditengah perjalanan, pengguna Vivo V9 dapat menyesuaikan penggunaan baterai agar tetap awet. Fitur Low Power Mode pada shortcut akan mengurangi frekuensi CPU, waktu kunci layar, mematikan bluetooth, dan portrait screen lock secara otomatis saat diaktifkan. Selain itu, pengguna juga dapat memilih aplikasi yang membutuhkan daya tinggi untuk tetap berjalan normal, bahkan ketika Low Power Mode diaktifkan.

Selain Low Power Mode, fitur Super Saver pada V9 juga efektif mengurangi serapan baterai. Super Saver menonaktifkan aplikasi selain panggilan, pesan, kontak, dan jam, serta mempercepat waktu kunci layar. Saat digunakan dalam mode normai, Vivo V9 juga dilengkapi dengan fitur AI yang mengetahu kebiasaan pengguna, khususnya fitur yang sering digunakan, sehingga akan mengurangi penggunaan daya baterai pada aplikasi lainnya.

Selamat Mencoba!

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2442 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.