Diperbaharui pada Senin, 2 Juli 2018 | 12:15

Huawei Garap Hp Gaming, Dilengkapi Teknologi GPU Turbo

Tidak terlalu banyak diprediksi, ternyata pasar hp gaming cukup panas di tahun ini. Tahun lalu kita melihat Razer Phone yang menjadi hp gaming dengan spesifikasi kelas atas dan punya kemampuan Refresh Rate mencapai 120Hz.

Rupanya itu merupakan awal dari pemicu perang hp gaming yang mulai banyak dilakukan oleh pabrikan smartphone di tahun ini. Di tahun ini, mulai bermunculan hp gaming generasi terbaru Xiaomi melalui Black Shark, ZTE melalui Nubia Red Magic, dan ASUS yang meluncurkan ROG Phone.

Semua produk itu menggunakan spesifikasi kelas monster untuk menjamin kepuasan para penikmat game. Menariknya, persaingan smartphone gaming di tahun ini kemungkinan akan berlanjut karena Huawei disebutkan juga akan menciptakan smartphone gaming buatannya.

Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Jim Xu, President Consumer Business Huawei yang menyebutkan kalau perusahaannya sedang mengembangkan smartphone gaming dan produk akan diluncurkan pada semester kedua tahun 2018 ini.

Hal ini cukup menarik karena belum lama ini mereka baru meluncurkan Honor Play dari anak perusahaannya Honor. Tapi Huawei tampaknya belum puas dan dikatakan ingin membuat hp gaming yang lebih elegan dari Honor Play.

Terutama dalam hal desain, karena smartphone khusus gaming biasanya dibuat dalam desain yang radikal dan tidak biasa. Sebut saja Xiaomi Black Shark atau ASUS ROG Phone yang tampilannya dibuat penuh lekukan dan tidak akan ditemukan di smartphone mainstream.

Nantinya, hp gaming dari  Huawei kemungkinan besar akan dilengkapi oleh teknologi GPU Turbo. Hal ini tidak aneh karena sekarang ini Huawei sedang serius menghadirkan teknologi ini kepada smartphone-smartphone terbaru buatannya.

GPU Turbo adalah teknologi perangkat lunak terbaru buatan Huawei yang mampu memacu kinerja grafis meningkat hingga 60 persen. Huawei mengklaim, GPU Turbo juga bisa menghemat konsumsi daya baterai hingga 30 persen.

Dengan teknologi ini, tentu Huawei akan mendapat keuntungan besar karena performa perangkatnya tentu bisa lebih baik dari produk lain, terutama dalam hal gaming yang sangat menuntut kestabilan performa dari hp.

Untuk urusan spesifikasi, Huawei diharapkan akan menggunakan chipset Kirin 970 atau bahkan Kirin 980 yang belakangan disebutkan sedang diuji menggunakan Huawei Mate 20 dan menghasilkan performa yang sangat luar biasa.

Chipset itu nantinya akan didampingi oleh RAM dan baterai besar untuk makin menjamin kestabilan performanya. Hal lain yang diharapkan bisa dimuat oleh hp gaming Huawei ini adalah penggunaan layar beresolusi FullHD+ yang punya refresh rate tinggi.

Tentu harapan ini tidaklah mengada-ngada, karena Huawei nantinya harus bersaing dengan produsen lain yang sudah meluncurkan produk hp gaming mereka duluan. Belum ada konfirmasi yang memastikan kapan hp ini akan ditampilkan nanti.

Jadi, kita tunggu saja kabar selanjutnya ya!

Like us!
Rizki Abadi

Contributor

300 Posts