Huawei Siapkan Kirin 1020, Kemampuannya 2 Kali Kirin 970!

Oleh Rizki Abadi updated Kamis, 21 Jun 2018 | 06:30

chipset kirin

Huawei merupakan salah satu produsen smartphone terbaik asal Cina yang mampu berkompetisi di pasar global, di samping Xiaomi atau ZTE. Huawei sendiri juga bisa dibilang selalu bisa mengikuti persaingan dengan jagoan industri smartphone yaitu Samsung dan Apple.

Salah satu hal yang membuat mereka mampu bersaing adalah kemampuan mereka untuk menciptakan produk inovatif berkualitas. Selain itu, mereka juga punya kemampuan untuk menciptakan chipset mobile alias SoC secara manditi.

Hal ini dilakukan Huawei agar bisa berkompetisi dengan produsen chipset lain dan tentunya juga menekan biaya produksi yang makin kemari selalu naik. Selain itu, dengan penciptaan chipset sendiri, tentu mereka memiliki kesempatan untuk mengembangkan produk yang lebih baik secara kemampuan.

Sejauh ini, persaingan di industri chipset mobile sudah sangat ketat, dengan Qualcomm yang menguasai pasar melalui produk Snapdragon-nya. Selain Qualcomm, masih ada pesaing lain seperti MediaTek yang terus menelurkan produk Helio P Series dan Samsung dengan prosesor Exynos-nya.

Tahun lalu, prosesor buatan Huawei yakni chipset HiSilicon Kirin 970 terbukti mampu bersaing dengan chipset top dari Qualcomm yaitu Snapdragon 835. Sayangnya, untuk tahun ini, chipset Kirin 970 tidak setara dengan chipset terbaru Qualcomm yakni Snapdragon 845 dalam hal performa, meskipun Kirin 970 adalah chip AI pertama di dunia.

Untuk itu, Huawei langsung bergerak cepat dengan menyiapkan penerusnya yaitu Kirin 980. Chipset ini akan bersaing dengan Snapdragon 845 dan mengandalkan proses manufaktur 7nm lanjutan dari TSMC. Prosesor ini kemungkinan akan disematkan pada smartphone Huawei Mate 20 yang akan diluncurkan tahun ini.

Tentu sangat menarik untuk menunggu apa saja keunggulan dari Kirin 980. Meski begitu, ternyata Huawei tidak berhenti dengan hanya menyematkan chipset Kirin 980 saja, sebab dari kabar terbaru, Huawei juga sudah menyiapkan chipset Kirin 1020.

GSMArena melansir, dari sumber dalam Huawei, Kirin 1020 akan memiliki kemampuan 2 kali lebih baik dari Kirin 970. Tentu ini akan sangat menarik karena kemampuan Kirin 970 saja sudah sangat baik, tentu bisa dibayangkan bagaimana supernya kemampuan dari Kirin 1020 nantinya.

Belum ada kabar lanjutan mengenai Kirin 1020 ini. Tapi sumber itu mengklaim, Kirin 1020 akan mulai diproduksi massal setelah teknologi jaringan 5G diluncurkan. Setelah itu, Huawei akan mulai memasarkan chipset ini ke produsen-produsen smartphone.

Untuk Kirin 980, Huawei disebutkan sudah mengetes kemampuan prosesor ini pada hp Mate 20 menggunakan aplikasi AnTuTu. Hasilnya, walau belum ada informasi spesifikasi resmi lainnya, tapi Mate 20 berhasil mendulang skor mencapai 356.918 poin. Jauh melebihi skor chipset lain yang menggunakan Snapdragon 845.

Selain disematkan pada Mate 20, chipset ini kemungkinan juga akan disematkan pada Huawei P Series dan produk Honor kelas flagship. Jadi, kita tunggu saja kabar selanjutnya.

Artikel Lainnya

Komentar

Ervan setiawan Jumat, 22 Jun 2018 | 05:25
Walaupun Processor kirin lebih tinggi skor antutunya tapi Procesor Qualcomm Snapdragon masih lebih unggul kan ???
Ervan setiawan Senin, 25 Jun 2018 | 10:58
oh ya, waktu itu aku pernah review smartphone. tapi gak rapih, padahal sdah Ku rapihkan. tapi ketika di post malah kurang rapih barisnya.. trus pake emoticon malah Jadi aneh munculnya ga sesuai. apa karena hpku yg ga mendukung.. aku ga ngerti knpa bsa bgini.