Diperbaharui pada Kamis, 7 Juni 2018 | 10:12

Moto Z3 Play, Hp Motorola Terbaru dengan Mesin dan Layar Kekinian

moto z3 play
via wired.com

Motorola terus mengembangkan smartphone Android miliknya di tahun 2018 ini. Sebagai bukti keseriusan Motorola bersaing, maka diluncurkanlah hp terbaru yakni Moto Z3 Play. Dalam smartphone ini, Motorola menghadirkan ubahan kekinian.

Sebut saja penggunaan layar lebar hingga prosesor Qualcomm terbaru yang akan memberikan performa lebih cepat. Bila itu masih kurang, Motorola juga menggunakan kamera bersensor baru hingga adanya fitur baru bernama Cinemagrafy. Ponsel ini pun masih menghadirkan konsep modular guna memuaskan pengguna gadget saat ini.

Secara desain dan spesifikasi, Moto Z3 Play memang jauh lebih segar dibanding dengan seri Moto Z 2 Play sebelumnya. Bedanya ponsel ini memiliki dimensi yang lebih tipis dan lebih solid. Hp Motorola ini juga sudah menggunakan layar lebar berukuran 6 inci.

Layar bezel less ini juga sudah dilapisi Gorilla Glass 3 untuk mencegah layar tergores atau retak. Lenovo masih menggunakan panel AMOLED dan resolusi layar Full HD+. Panel AMOLED masih dipergunakan karena membuat baterai lebih hemat daya.

moto z3 play
via gsmarena.com

Selain itu, Moto Z3 Play terbaru ini juga menghadirkan tepian layar yang kian tipis. Untuk itu, Motorola memindahkan sensor sidik jari pada bagian sisi samping mirip varian Xperia. Pada bagian mesin, Motorola Moto Z3 Play menggunakan mesin kelas menengah yakni chipset Qualcomm Snapdragon 636, meningkat dari versi sebelumnya Snapdragon 626.

Prosesor octa-core ini disokong RAM 4 GB dan GPU Adreno 509. Performa smartphone ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Untuk penyimpanan, smartpone Moto Z3 play dilengkapi memori internal 32 atau 64 GB sehingga bisa menampung banyak video dan foto.

Untuk sistem operasi, hp ini menggunakan sistem operasi Android 8.1 Oreo. Pada bagian kamera, Moto Z3 Play menggunakan dual kamera utama beresolusi 12MP (f/1.7, 1.4µm, DP PDAF) + 5MP. Kamera ini sudah menggunakan sensor baru dual pixel dan low light.

Keunggulan dari dual kamera utama ini adalah sudah dilengkapi fitur bernama Cinemagrafy yang mirip pada fitur Samsung Galaxy S9. Pengguna bisa membuat video dengan lebih jelas dan memberikan banyak efek menggunakan fitur hp Motorola ini.

moto z3 play
via gsmarena.com

Kamera utama Moto Z3 Play juga menggunakan teknologi phase detection dan laser autofocus. Agar tampak layaknya kamera DSLR, aplikasi kamera Motorola ini dibekali sistem manual yang cukup lengkap. Untuk kamera depan terpasang kamera selfie 8 MP (f/2.0, 1.12µm) dengan LED Flash.

Untuk baterai, Lenovo memasang baterai yang lebih kecil dibanding seri Z Play yakni 3000 mAh namun dilengkapi teknologi Turbo Power Charge. Menariknya, hp Motorola ini bisa digunakan untuk moto mods seperti Moto Display, Action Camera, dan beberapa mods seri Z2 Play.

Hp ini baru dirilis di Brazil, dan akan dirilis secara global mulai akhir bulan juni dengan harga 7 juta dengan paket mods lengkap. Untuk versi harga lain, akan diungkap Motorola dalam waktu dekat.

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 38(2600), 40(2300), 41(2500)
Ukuran Layar 6 inch
OS Version 8
Detail Prosesor SDM636 Snapdragon 636
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 1.8 GHz
GPU Adreno 509
RAM 4 GB
Memori Internal 32 GB
Resolusi Kamera Belakang 12 MP
Resolusi Kamera Depan 5 MP
Kapasitas Baterai 3000 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts