Xiaomi Mi 8 Diluncurkan 31 Mei, Punya Sensor Sidik Jari di Dalam Layar

Oleh Rizki Abadi updated Rabu, 23 Mei 2018 | 11:45

Xiaomi secara resmi mengumumkan bahwa mereka akan menggelar acara khusus pada tanggal 31 Mei 2018 mendatang di Shenzhen, Cina. Di acara ini, Xiaomi akan merilis smartphone flagship terbarunya yaitu Mi 8, yakni smartphone edisi khusus Anniversary Edition dalam rangka menyambut hari jadi Xiaomi yang ke-8.

Kabar ini muncul dari postingan yang disebar melalui Weibo. Sebagai hp kelas flagship, Mi 8 sudah pasti akan datang dengan spesifikasi kelas tinggi dan punya banyak fitur andalan. Salah satu yang ramai dibicarakan adalah penggunaan sensor sidik jari di dalam layar.

Dari sebuah video yang muncul, Xiaomi diketahui memberikan Mi 8 dengan sensor sidik jari di dalam layar yang berukuran 6,01 inci. Selain sensor sidik jari di bawah layar, hp ini juga dilengkapi dengan fitur Face ID 3D.

Untuk urusan spesifikasi, Mi 8 dipastikan akan dikemas dengan sederet hardware kelas atas seperti penggunaan chipset Qualcomm Snapdragon 845, RAM 6GB/8GB, dan kamera yang sudah dilengkapi kemampuan artificial intelligence (AI) alias kecerdasan buatan.

Mesin Qualcomm Terbaru

CEO Xiaomi Lei Jun mengungkapkan bahwa Xiaomi Mi 8 akan menjadi smartphone perdana yang dirilis menggunakan Qualcomm Snapdragon 845 dan RAM 6 atau 8GB. Qualcomm sendiri telah mengumumkan chipset Snapdragon 845 pada Desember 2017 silam. Chipset ini hadir dengan perubahan yang cukup besar dalam hal performa. Pasalnya, Qualcomm menghadirkan teknologi AI baru dalam prosesor ini sehingga meningkatkan performa 10-20% dan meningkatkan performa GPU Adreno 630 sebesar 30%.

Telephoto Baru dan AI Camera

Pada bagian kamera, Xiaomi akan menghadirkan sektor kamera yang diklaim lebih baik. Hal ini sesuai dengan misi Xiaomi yang ingin fokus menghadirkan smartphone kamera pada tahun 2018 ini. Perusahaan ini kabarnya akan menggunakan teknologi dual camera hasil pengembangan kamera seri Mi 6. Bagian kamera belakangnya akan dilengkapi lensa telephoto baru yang diklaim kian jernih dan kian detail untuk mengambil gambar jarak jauh. T

idak hanya itu, Xiaomi Mi 8 juga akan dilengkapi fitur AI Camera sehingga kamera bisa mengenali perbedaan warna, tekstur objek dan kondisi lain saat memotret atau merekam. Hasil foto hape Xiaomi terbaru ini pun akan lebih detail dan lebih baik.

3D Face Recognition & Fingerprint Sensor di Bawah Layar

Xiaomi Mi 8 kabarnya akan menggunakan teknologi 3D face recognition bukan lagi mengandalkan sensor fingerprint. Menurut info sebelumnya, Xiaomi akan menghadirkan teknologi pengenal wajah mirip seri iPhone X. Meski sudah menggunakan fitur Face ID, Xiaomi ternyata tetap menghadirkan fitur sensor sidik jari. Bedanya dalam seri Mi 8 ini akan dilengkapi sensor fingerprint di bawah layar.

Walau begitu, belum diketahui rincian resolusi kamera dari Xiaomi Mi 8. Menariknya, Xiaomi juga disebutkan akan melepas hp andalannya ini dalam 4 varian sekaligus. Pertama adalah varian RAM 6GB ROM 64GB. Varian kedua sampai keempat menggunakan RAM 8GB dengan ROM masing-masing 128GB, 256GB, dan 512GB.

Tapi belakangan terungkap kalau Xiaomi kemungkin hanya akan meluncurkan Mi 8 dalam dua varian saja yaitu RAM 6GB ROM 64GB dan ROM 8GB ROM 128GB. Hal ini terungkap dari munculnya harga jual keduanya yang berada di kisaran RpRp6,2 juta untuk versi RAM 6GB ROM 54GB dan Rp7,1 juta untuk varian RAM 8GB ROM 128GB.

Dengan harga segitu, tentu harga Mi 8 bisa dibilang sangat murah dibanding para pesaingnya.

Artikel Lainnya

Komentar

Halaman Terkait