Diperbaharui pada Rabu, 23 Mei 2018 | 14:00

Update Google GBoard Keyboard Hadirkan Fitur Buat GIF dan Banyak Stiker Baru

Berkembangnya era hape dengan layar sentuh membuat banyak pengembang berlomba-lomba menghadirkan aplikasi keyboard virtual yang nyaman digunakan. Google pun memiliki aplikasi Keyboard Gboard.

Aplikasi ini kini mendapat update terbaru yang kian membuat nyaman penggunanya. Salah satu hal terpenting dalam update Google Gboard kali ini ialah adanya fitur pembuat GIF. Google menghadirkan fitur ini guna memudahkan pengguna untuk mengekspresikan kondisi di sekitarnya dengan lebih mudah dan cepat.

Dalam fitur pembuat GIF ini, pengguna cukup menggunakan aplikasi kamera. Anda cukup merekam video pendek dan secara cepat membagikan ke teman-teman menggunakan keyboard Google ini. Tidak hanya itu, Google juga menambahkan sejumlah stiker baru dalam galeri stiker yang ada di keyboard Gboard ini. Setidaknya ada 500 stiker baru yang bisa Anda gunakan untuk menambah keseruan Anda mengetik pesan ke teman. Stiker-stiker baru ini bahkan menghadirkan desain yang lebih unik dan lebih pas, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar.

Selain itu, Google juga sudah menambahkan 16 bahasa baru yakni Ahirani, Bahamianese, Kannauji, Fijian, Gagauz, Haibi, Karakalpak, Kanuri, Komi, Moksha, Pangasinan, Sango, Veps, Voro, Wagdi dan Zeeuws.

Untuk Anda pengguna keyboard Gboard versi beta, update Google GBoard kali ini juga menghadirkan tweak untuk keyboard Inggris US. Update pada versi beta memungkinkan pengguna yang menggunakan Bahasa Inggris US mendapatkan spasi otomatis setelah mengetik sebuah kata. Sayangnya, fitur ini belum akan dirilis secara global dan masih dalam tahap pengembangan.

Dalam update keyboard Google sebelumnya, terdapat fitur pencarian emoji dan GIF yang mudah. Emoji menjadi salah satu tanda yang sering digunakan pengguna untuk berekspresi dalam mengetik. Dalam fitur Google Gboard, pengguna tidak perlu sibuk mencari emoji. Pasalnya, Google menyediakan sistem pencarian emoji dan GIF yang mudah.

Misalnya, kamu bisa mengetik senang untuk melihat emoji untuk mengekspresikan kebahagian. Atau kamu bisa mengetik sedih untuk melihat emoji yang menunjukkan kesedihan. Hal yang sama, bisa kamu lakukan kala mencari GIF. Sayangnya, fitur GIF ini hanya bisa bekerja di beberapa aplikasi yang mendukung GIF.

Selain fitur baru nan canggih Gboard yang ada diatas, Google juga menghadirkan fitur multi bahasa untuk preferensi kata. Di aplikasi Google Keyboard sebelumnya, pengguna cuma bisa memilih satu bahasa saja.

Dengan melakukan pengaturan terlebih dahulu, kamu bisa mengetik dalam beberapa bahasa tanpa perlu beralih di antara mereka. Pasalnya, Gboard akan mendeteksi semua bahasa tersebut secara otomatis dan menawarkan prediksi sesuai bahasa yang ditentukan.

Jadi bila kamu mengetik dalam bahasa Indonesia dan Inggris secara bersamaan, maka setiap kali ada kata bahasa Inggris saat mengetik bahasa Indonesia, Gboard akan memprediksi kata-kata bahasa Inggris.

Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts