Apple iPhone X Jadi Smartphone Terlaris di Dunia

Oleh Aris Wibowo updated Senin, 21 Mei 2018 | 10:29

iphone x
via techcrunch.com

Sebuah lembaga penelitian bernama Counterpoint baru-baru ini merilis daftar smartphone terlaris di dunia selama periode bulan maret 2018. Dalam data tersebut tampak jelas bahwa iPhone X menjadi smartphone terlaris dengan menguasai 3,5% penjualan di seluruh dunia.

Pada posisi kedua, ditempati oleh Apple iPhone 8 Plus dengan penjualan sebesar 2,3% secara global selama 31 hari. Menariknya, Xiaomi berhasil mencetak sejarah dalam penjualan hp di seluruh dunia dengan menempatkan varian Xiaomi Redmi 5A di angka 1,8%.

Tentu ini menjadi sebuah kebanggan tersendiri bagi produsen asal tiongkok itu karena bisa masuk dalam jajaran 3 besar hp terlaris. Untuk posisi ke empat, ditempati oleh varian hp Android Oppo A83.

Hp kelas menengah ini berhasil mengalahkan hp Android premium milik samsung yakni Samsung Galaxy S9 dan Samsung Galaxy S9+ dengan penjualan 1,6%. Sedangkan di posisi ketujuh ditempati oleh Apple iPhone 7 yang memiliki penjualan yang tidak jauh dari Samsung Galaxy S series.

Kehadiran iPhone 7 di posisi ketujuh dalam deretan hp terlaris di dunia ini memang mengejutkan banyak pihak. Hal ini disebabkan penjualan ponsel iOS generasi lama ini cukup stabil dan mampu menyalip produk baru Apple iPhone 8 yang berada di posisi kedelapan dengan penjualan hanya 1,4%.

iphone x market
via phonearena.com

Untuk posisi kesembilan ada Samsung Galaxy J7 pro dengan penjualan 1,4%. Sementara untuk produk hp terlaris kesepuluh ditempati oleh Apple iPhone 6 yang memiliki penjualan 1,2% secara global.

Menurut Counterpoint, iPhone X menjadi pemimpin dalam segmen hp ultra premium, sedangkan samsung Galaxy S9 dan S9+ hanya dilirik oleh para pengguna segmen hp premium dan hp kelas menengah. Walaupun demikian, untuk secara keseluruhan produk, Samsung berhasil menjadi jawara di kelas hp premium.

Sedangkan untuk pabrikan Oppo, Vivo, Xiaomi, dan Huawei secara berurutan menjadi pemenang untuk hp kelas menengah. Untuk kelas hp murah, Samsung, Xiaomi, dan Huawei Honor menjadi penguasa di kelas tersebut.

Sebelumnya penjualan awal iPhone X ternyata tidak terlalu mengesankan. Bahkan dalam laporan data lembaga Localytics, dalam dua minggu penjualan semua tipe iPhone, iPhone X baru menguasai pasar sebanyak 1,42%.

Angka ini tentu jauh dibanding penjualan iPhone 8 yang juga belum lama ini dirilis. Ponsel penerus iPhone 7 tersebut mampu menguasai 1,74% setelah dua minggu dijual resmi ke pasaran. Dalam laporan tersebut, iPhone 7 juga tercatat masih menjadi penguasa pasar penjualan awal iPhone.

Bahkan dalam dua minggu dirilis, ponsel iPhone iOS 10 tersebut mampu menguasai 18,75% pasar. Ada juga iPhone 6s dan iPhone 6 yang mampu menguasai pasar 17,99% dan 16,65% dalam periode dua minggu penjualan sejak dirilis. Sangat berbeda dengan data penjualan iPhone X yang hanya 1,42% saja.

Artikel Lainnya

Komentar