Diperbaharui pada Jumat, 18 Mei 2018 | 10:34

ASUS Zenfone 5 Dibekali Teknologi AI, Ini 6 Kecanggihannya!

Asus zenfone 5
Sejak pertama kali diperkenalkan pada khalayak, ASUS ZenFone 5 digadang-gadang sebagai hp dengan segudang kecanggihan di dalamnya. Termasuk di antaranya adalah adanya teknologi kecerdasan tiruan (artificial intelligence) pada setiap fitur-fiturnya.

Artifical Intelligence sendiri merupakan teknologi kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia.

“Artificial Intelegent (AI) melekat pada setiap fitur di ZenFone 5, seperti misalnya pada kamera, baterai performa, hingga ringtone.  Semua teknologi AI ini kami hadirkan untuk memberikan suguhan pengalaman penggunaan yang luar biasa kepada Anda, serta ingin menunjukkan bahwa ASUS merupakan salah satu vendor smartphone terbaik dalam hal inovasi teknologi,” Galip Fu, Country Marketing Manager, ASUS Indonesia.

Lalu sepintar apakah teknologi AI di ASUS Zenfone 5?

Teknologi AI di ASUS Zenfone 5

ASUS ZenFone 5 dan 5Z menawarkan pengalaman AI yang lebih kongkrit. Keberadaan teknologi tersebut dapat meningkatkan kinerja perangkat secara keseluruhan di sejumlah fitur. Sebut saja seperti pada kamera, pengisian ulang baterai, ringtone dan sebagainya.

1. AI Camera

AI Camera
ASUS menghadirkan teknologi Artificial Intelegent pada kamera ZenFone 5. Dalam pengertian yang lebih sederhana, teknologi AI Camera pada ZenFone 5 akan meningkatkan kualitas fotografi menjadi lebih baik lagi. AI akan memanfaatkan kamampuan hardware dan software yang telah ada untuk kemudian melakukan improvisasi yang lebih maksimal dalam aspek fotografi.

Teknologi AI camera pada ZenFone 5 memuat beberapa teknologi turunan seperti AI Scene Detection yang dapat mengenali hingga 16 skenario momen ataupun objek pemotretan secara pintar. AI akan melakukan analisa pada objek foto untuk kemudian melakukan enhance secara otomatis pada setting kamera dengan algoritma yang dimiliki untuk mendapatkan hasil foto yang lebih sempurna.

Sebagai contoh, semisal Anda ingin memotret objek dari dekat seperti dedaunan atau hewan peliharaan. Tanpa perlu pusing melakukan setting khusus pada kamera, teknologi AI akan mengenali objek apa yang Anda ingin foto untuk kemudian membuatnya hasil fotonya memiliki saturasi warna yang pas, tajam dan jelas.

2. AI Photo Learning dan Real Time Beautification

ai photo learning
AI pada kamera juga masih memiliki teknologi AI lain seperti Photo Learning dan Real Time Beautification. Fitur yang pertama, AI Photo Learning, akan mempelajari karakteristik dan keunikan hasil fotografi yang Anda buat, untuk kemudian menyesuaikan tone warna foto sesuai dengan karakteristik Anda ke depannya. 

Sementara Real Time Beautification mampu secara pintar membawa keunikan wajah Anda, seperti misal warna kulit dan sebagainya. Untuk kemudian melakukan enhancement pada foto selfie yang diproduksi menjadi lebih baik lagi dengan meningkatkan tone warna kulit menjadi lebih bersih dan menarik.

3. AI Boost

Ai boost
Selain pada kameranya, ZenFone 5 juga memiki AI pada perfomance yang dinamakan dengan AI Boost. Fitur tersebut berfungsi untuk mengoptimasi performa CPU menjadi lebih baik. Melalui sebuah test  yang dilakukan secara internal, score benchmark Antutu ASUS ZenFone 5 tanpa menggunakan AI Boost adalah 126.813.

Sementara ketika AI Boost dinyalakan performa meningkat drastis menjadi 142.945. Adapun perfoma untuk ASUS ZenFone 5Z merupakan yang tertinggi yakni mencapai 267.587 dalam kondisi standar dan mencapai 271.360 saat menggunakan AI Boost. 

4. AI Ringtone

AI Ringtone
Dengan AI ringtone, ZenFone 5 Anda secara cerdas menyesuaikan volume dering agar sesuai dengan tingkat kebisingan sekitar. Ketika Anda di suatu tempat yang bising, teknologi ini akan meningkatkan volume ringtone. Sedangkan ketika berada di suasana hening (seperti tempat tidur) perangkat akan mengurangi volume sehingga tidak akan mengganggu Anda.

5. AI Display

ZenFone 5 juga memiliki AI Display. Ketika Anda tidak sedang menatap layar, display akan dimatikan. Tetapi ketika Anda melihat terus ke arah layar, display akan tetap menyala.

6. AI Charging

Ai charging
ASUS ZenFone 5 juga telah dilengkapi dengan dengan teknologi quick charge dan AI Charging untuk membuat masa pakai baterainya (lifespan) bertahan lebih panjang. Dengan baterai sebesar 3.300 mAh, perangkat ini telah di-support adapter 18W untuk memaksimalkan proses pengisian baterainya.

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 38(2600), 40(2300), 41(2500)
Ukuran Layar 6.2 inch
OS Version 8
Detail Prosesor Snapdragon 636
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 1.8 GHz
GPU Adreno 509
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera Belakang 12 MP
Resolusi Kamera Depan 8 MP
Kapasitas Baterai 3300 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Itulah beberapa teknologi AI yang sudah disematkan pada ASUS Zenfone 5 yang baru saja dirilis. Dengan kecanggihan teknologi AI yang dimiliki, beberapa fitur di hp ini tentu memiliki kemampuan yang lebih baik lagi.

Bagi kamu yang tertarik untuk memiliki ASUS Zenfone 5, ASUS akan memaskan hp ini dengan harga Rp3.999.000 secara flash sale du situs JD.id dan Lazada. Setelah itu masa flash sale, ASUS Zenfone 5 akan dijual secara reguler dengan harga Rp4.299.000.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2442 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.