Xiaomi Buat Divisi Kamera Sendiri untuk Tingkatkan Kualitas Produk

Oleh Rizki Abadi updated Selasa, 15 Mei 2018 | 10:45

Xiaomi dilaporkan berencana untuk membentuk sebuah divisi baru khusus pengambangan kamera dalam perusahaannya. Divisi ini nantinya bertugas untuk membantu perusahaan meluncurkan smartphone dengan kemampuan fotografi yang lebih baik.

Produsen smartphone asal China ini memang tengah naik daun selama beberapa tahun terakhir karena mampu menghasilkan smartphone dengan harga terjangkau tapi memiliki spesifikasi yang baik.

Meski kualitas performa dapur pacunya sangat diakui kualitasnya, nyatanya smartphone Xiaomi hampir tidak pernah mendapat penilaian bagus dalam hal kamera. Padahal, pesaing satu negara mereka seperti OPPO dan Vivo selalu selangkah lebih maju dengan fokus menghasilkan smartphone dengan fitur kamera premium.

Lihat saja produk terbaru dari keduanya yaitu OPPO F7 dan Vivo V9, sektor kamera smartphone tersebut mendapat pujian karena memiliki sejumlah fitur canggih dan kualitas gambar yang dihasilkan juga sangat baik.

Informasi mengenai rencana penciptaan divisi baru di tubuh perusahaan Xiaomi terungkap dari email internal mereka yang bocor di internet. Menurut laporan di situs China MyDrivers, email internal dari CEO Xiaomi, Lei Jun menunjukkan bahwa perusahaan sedang bekerja untuk membangun departemen kamera di divisi mobile-nya.

Lei Jun mengatakan, prioritas tugas dari divisi ini adalah membuat kamera smartphone bagi perusahaan. Menurutnya, hal ini perlu dilakukan mengingat konsumen produk smartphone era sekarang sudah sangat memperhatikan fitur fotografi dan kemampuan kamera, tidak cuma dapur pacunya saja.

Untuk itulah, ia ingin Xiaomi menciptakan suatu divisi yang terpisah dari divisi mobile, yaitu untuk membantu perusahaan memproduksi handset dengan kamera berkualitas yang mampu bersaing dengan merek teratas di masa depan.

Dari rencana ini, Xiaomi berharap bisa merebut pangsa pasar dari produsen besar seperti Samsung, Apple, dan Google, yang kualitas kamera smartphone-nya sudah tidak perlu diragukan. Namun, sebelum bersaing dengan mereka, Xiaomi akan lebih dulu memulai rencananya dengan mengalahkan pesaing satu negaranya seperti Huawei, OPPO, dan Vivo.

Sebenarnya Xiaomi sendiri bukannya tak mampu menciptakan produk dengan kamera baik. Lihat saja smartphone Xiaomi Mi Mix 2S yang diluncurkan tahun ini, Xiaomi telah berhasil mengemas hp ini dengan fitur kamera premium.

Hasilnya, Xiaomi Mi Mix 2S mampu mencetak skor keseluruhan yang mengesankan sebesar 97 pada situs web ulasan kamera DxOMark. Nilai ini setara dengan kamera milik iPhone X dan Huawei Mate 10 Pro.

Bila dirinci, Xiaomi Mi Mix 2S menerima skor 101 dalam fotografi dan 88 dalam videografi. Untuk informasi, Xiaomi dalam beberapa tahun terakhir dengan cepat menjadi kekuatan yang diperhitungkan di pasar smartphone global.

Tahun ini saja, Xiaomi sudah meluncurkan cukup banyak smartphone unggulan seperti Xiaomi Redmi Note 5 yang mengandalkan chipset Snapdragon 636. Lalu ada Xiaomi Mi Mix 2S serta hp gaming Xiaomi Black Shark yang mengandalkan prosesor mobile terbaik saat ini yaitu Snapdragon 845.

Belum jelas kapan divisi kamera milik Xiaomi ini akan terbentu dan mulai bekerja. Tapi satu hal yang pasti, pasar smartphone akan semakin menarik bila Xiaomi mampu menghasilkan kamera yang berkualitas di semua produk-produknya.

Artikel Lainnya

Komentar