5 Merek Hp Terlaris Kuartal Pertama 2018, Siapa yang Juara?

Oleh Ardiansyah Hana updated Rabu, 16 Mei 2018 | 03:05

Di tahun 2018 ini ada banyak merek hp yang mengeluarkan produk barunya di Indonesia. Banyaknya, merek hp merilis produk kelas menengah karena menyasar segmen yang luas melalui metode penjualan online karena dinilai lebih ekonomis sehingga bisa menekan harga jual.

Baru-baru ini sebuah perusahaan analis bernama Canalys merilis infografis pertumbuhan pasar hp selama kuartal pertama tahun 2018 ini. Diantara banyaknya vendor hp di Indonesia, manakah vendor atau merek hp terlaris selama kuartal pertama tahun 2018 ini?

Samsung

Posisi pertama sebagai merek hp terlaris pada kuartal pertama 2018 adalah Samsung. Saat ini, Samsung mendapatkan market share mencapai 25.5% dengan total penjualan mencapai 2,3 juta perangkat. Angka tersebut mendapatkan kenaikan ketimbang kuartal pertama tahun lalu dengan total penjualan 2 juta perangkat.

Adapun, pencapaian Samsung disebabkan oleh banyaknya produk hp yang dirilis ke pasaran selama kuartal pertama tahun 2018 ini. Selain hp kelas flagship seperti Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus, ada pula produk hp untuk kelas menengah dan kelas bawah seperti Samsung Galaxy A8 2018, Samsung Galaxy J2 Pro dan Samsung Galaxy J7 Pro.

Xiaomi

Secara mengejutkan, merek Xiaomi berhasil masuk ke posisi dua sebagai hp terlaris 2018 dengan market share hingga 18.3% dan total penjualan mencapai 1.7 juta unit. Peningkatan ini sangat kontras dengan tahun lalu yang menjual sebanyak 107 ribu unit hp saja.

Tentunya, keberhasilan ini berkat banyaknya produk Xiaomi terbaru yang dilempar ke pasaran, misalnya Xiaomi Redmi Note 5, Xiaomi Redmi 5A dan Xiaomi Mi A1. Selain menjual secara online, Xiaomi pun meningkatkan strategi penjualan offline melalui pembukaan dealer resmi di sejumlah kota.

OPPO

Posisi ketiga sebagai merek hp terlaris 2018 adalah OPPO. Di kuartal pertama tahun 2018 ini, OPPO mendapatkan market share sebesar 16.8% dengan penjualan produk mencapai 1.5 juta unit yang pendapatannya sama seperti kuartal pertama tahun 2017 lalu.

Di tahun 2018 ini, OPPO mengeluarkan beberapa seri hp. Salah satu yang menarik perhatian konsumen adalah OPPO F7, merupakan hp selfie 25 MP dengan dukungan layar full screen notch serta memiliki performa tangguh berkat penggunaan chipset Mediatek Helio P60 dengan RAM 4GB.

Vivo

Sementara itu, Vivo masuk dalam posisi keempat dengan market share 6.5% melalui penjualan sebanyak 600 ribu unit pada kuartal pertama tahun 2018 ini. Melalui hasil tersebut, tentunya penjualan Vivo tak sesuai dengan prediksi karena belum mampu mengalahkan rival sekaligus saudaranya, OPPO, meskipun sudah melakukan strategi promosi besar-besaran melalui gelaran acara di sejumlah TV swasta.

Tentunya, pendapatan terbesar diperoleh berkat penjualan produk terbaru Vivo V9. Tawarkan layar full screen dengan notch ala iPhone X, Vivo V9 tawarkan dukungan kamera depan 24 MP, dual kamera belakang dan chipset Snapdragon 450 dengan RAM 4GB.

Smartfren

Smartphone terlaris 2018 posisi kelima dipegang oleh Smartfren. Seperti yang kamu ketahui, Smartfren tak hanya menyediakan layanan seluler namun menawarkan aneka produk smartphone yang mendapatkan respon positif dari masyarakat Indonesia karena harganya murah. Saat ini, Smartfren memperoleh market share sebesar 5.6% dengan total penjualan sebanyak 520 ribu unit.

Di tahun 2018 ini, Smartfren merilis beberapa produk hp dari seri Andromax. Salah satu yang menarik perhatian adalah Andromax R SE yang dijual dengan banderol Rp999.000 dan membawa spesifikasi menarik seperti layar IPS seluas 5 inch, chipset Snapdragon 410, kamera depan dan belakang yang sama-sama dilengkapi LED flash serta audio berkualitas dari Dolby Digital Plus.

Artikel Lainnya

Komentar