Diperbaharui pada Rabu, 9 Mei 2018 | 11:49

Ini Dia Fitur Baru Google Maps, “For You” dan “Your Match"

Google juga menghadirkan update pada sejumlah aplikasi andalannya. Salah satunya update untuk Google Maps yang kabarnya kian memudahkan pengguna. Fitur baru tersebut ialah “For You” dan “Your Match”.

Fitur “For You” merupakan fitur yang akan memberi pengguna Google Maps beberapa rekomendasi khusus untuk tempat tertentu seperti tempat makan hingga tempat untuk hang-out yang ada di sekitar pengguna saat itu juga. Kehadiran fitur ini diharapkan akan membuat pengguna lebih cepat mendapatkan informasi yang dibutuhkan akan sebuah lokasi, daripada harus repot membuka aplikasi lain untuk melihat informasi akan sebuah lokasi.

Fitur kedua yang ditawarkan dalam update Google Maps ialah “Your Match”. Fitur ini akan memberi peringkat lokasi berdasarkan tempat yang sering didatangi oleh pengguna. Semaking tinggi angka peringkat sebuah lokasi menandakan bahwa pengguna Google Maps sangat puas dengan tempat tersebut. Sistem penilaian ini dapat terwujud karena Google menghadirkan mesin pembelajaran baru yang akan menilai sebuah tempat dari kombinasi ulasan ratusan juta tempat yang sering dikunjungi orang.

Nantinya, pengguna juga dapat memilih beberapa lokasi dalam sebuah daftar yang dapat dibagikan ke orang lain. Lokasi-lokasi ini akan bisa dimanfaatkan pengguna lain untuk rekomendasi ketika ingin berkunjung ke sebuah tempat baru.

Tidak hanya dua fitur diatas, Google juga menghadirkan mode navigasi baru. Dalam mode baru ini, pengguna Google dapat meminta aplikasi Google Maps membaca pesan teks yang masuk. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga bisa membalas pesan mengenai perkiraan waktu kedatangan berdasarkan data di layar. Tentu fitur ini akan sangat membantu pengguna smartphone untuk tetap fokus dalam berkendara, namun, tetap dapat terhubung ke teman, keluarga hingga mitra bisnis.

Selain itu, Google juga menghadirkan sistem navigasi yang menggunakan kemampuan kamera smartphone. Fitur bernama Visual Positioning System ini kabarnya akan lebih baik daripada GPS. Pengguna cukup membuka aplikasi kamera pada Google Maps, dan kemudian mengarahkan kamera ke daerah sekitarnya. Nantinya, Google akan menghadirkan nama tempat, nama jalan dan petunjuk jalan lebih lanjut.

Perubahan lainnya juga muncul pada bagian berkendara, navigasi dan transit. Anda bisa lebih fokus menjelajah peta Google dengan lebih fokus sesuai kategori yang diinginkan. Misalnya, bila kamu ingin mencari SPBU, maka Google Maps akan menampilkan ikon SPBU yang lebih jelas. Demikian juga saat kamu mencari stasiun kereta, Google akan menampilkan ikon stasiun dengan lebih jelas dibanding ikon lainnya.

Kabarnya, Google baru menyebarkan update ini untuk OS Android dan iOS pada awal musim panas mendatang.

Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts