Diperbaharui pada Rabu, 9 Mei 2018 | 10:45

Android P Beta Resmi Diperkenalkan Google dengan Sejumlah Fitur Keren

Dalam ajang tahunan Google I/O 2018, Google akhirnya mulai mengungkap sebagian fitur dari sistem Android terbaru, Android P. Google bahkan sudah memperkenalkan Android P versi Beta yang akan segera dirilis untuk Google Pixel Series, Essential Phone, Oppo R15 Pro, Nokia 7 Plus, Sony Xperia XZ2, Xiaomi Mi Mix 2S, dan Vivo X21.

Bahkan, hp yang belum dirilis, OnePlus 6, juga akan kebagian versi terbaru OS Android ini. Sistem Android P versi final sendiri baru akan diperkenalkan pada akhir musim panas tahun ini, tepatnya sekitar bulan Agustus atau September.

Lalu, apa saja pembaruan yang Google berikan pada Android P? Berikut ini ialah beberapa fitur Android P yang sudah diperkenalkan dalam ajang Google I/O 2018, dirangkum dari GSMarena.com:

Sistem Navigasi Baru Berdasarkan Gesture

Mungkin ini akan menjadi salah satu fitur yang menarik dalam Android P. Nantinya dalam setiap smartphone terbaru akan ada tombol home berbentuk silinder di bagian tengah bawah. Tombol ini akan bisa digunakan untuk mengakses Overview dan app drawer.

Pengguna cukup men-swipe tombol tersebut untuk masuk overview. Jika digeser lagi, maka pengguna akan masuk App Drawer. Perubahan ini bisa dibilang sangat besar, karena sebelumnya navigasi ponsel Android selalu memiliki tiga tombol, yakni home, back, dan multitasking.

Baterai yang Lebih Pintar

Google memahami kebutuhan pengguna akan baterai smartphone yang bisa bertahan lama. Maka dari itu dalam sistem Android terbaru ini, Google akan menghadirkan baterai yang lebih pintar dan adaptif.

Google sudah menambahkan mesin pembelajaran baru yang akan mencari tahu aplikasi yang paling sering digunakan dan aplikasi yang akan digunakan oleh pengguna smartphone beberapa jam kemudian.

Baterai ponsel Android P akan mengalihkan semua daya untuk aplikasi yang sering digunakan dan mengurangi daya pada aplikasi lainnya. Kemampuan adaptif ini akan mampu mengurangi 30 persen penggunaan daya pada CPU secara umum.

Kecerahan yang Lebih Baik

Google juga menambahkan mesin pembelajaran atau fitur machine learning untuk mengatur tingkat kecerahan layar. Sekilas fitur Android P ini akan bekerja mirip dengan fitur Auto Brightness yang dikembangkan samsung.

Hal ini membuat pengguna yang mengatur kecerahan layar secara manual, akan diingat oleh sistem dan settingan tersebut akan otomatis digunakan kembali pada keesokan harinya.

Memberi Saran atau Prediksi

Pada dasarnya sistem Android Oreo sudah dilengkapi dengan kemampuan memberi saran atau prediksi yang sangat membantu pengguna dalam berkegiatan. Namun, dalam Android P, Google meningkatkan kemampuan memberi saran dan prediksi ini ke level yang lebih baik.

Kini, Google akan memberi saran yang lebih jelas. Misal saat akan menelpon seseorang, Google akan menghadirkan kontak yang lebih spesifik. Saran dan prediksi ini berasal dari kebiasaan penggunaan ponsel, termasuk saat menggunakan play store atau Google Assistant.

Contohnya, jika kita sering menelepon istri atau pacar setiap hari, maka nomor telepon itu secara otomatis akan tampil di app drawer.

Slices

Dengan fitur ini, kita dimungkinkan untuk lebih gampang memakai aplikasi tertentu yang dibutuhkan tanpa harus mengakses. Contoh gampangnya, jika kita ingin mencari ojek online dari rumah ke kantor menggunakan aplikasi tertentu, kita cukup mencarinya di Google, maka Google akan otomatis menunjukkan di pencarian itu berapa ongkos ke tempat kerja.

Fitur App Timer

Sistem Android P akan hadir dengan dashboard baru yang menunjukkan berapa lama sebuah aplikasi digunakan oleh pengguna, hingga berapa banyak notifikasi yang masuk. Selain itu, terdapat timer baru yang memungkinkan pengguna untuk bisa mengatur berapa lama sebuah aplikasi akan digunakan.

Itulah fitur-fitur baru yang Google sematkan pada Android P. Jika kamu adalah pengguna hp yang akan meneriman update Android P versi Beta, maka bersiap-siaplah untuk menikmati versi Android terbaru ini.

Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts