Sony Xperia XZ2 dan XZ2 Compact Dirilis dengan Ubahan Menarik

Oleh Aris Wibowo updated Rabu, 28 Feb 2018 | 03:09

Seperti yang dijadwalkan sebelumnya, Sony akhirnya memperkenalkan dua buah ponsel Android terbaru untuk bersaing di kelas smartphone premium. Bertempat di ajang MWC 2018 Barcelona, Sony menghadirkan varian baru yang diklaim lebih segar yakni Sony Xperia XZ2 dan XZ2 Compact. Kedua ponsel Sony terbaru ini hadir dengan ubahan desain yang kini lebih modern dan kekinian. Selain itu, Sony juga menghadirkan sensor sidik jari baru yang diklaim lebih aman.

Desain Sony Xperia XZ2 dan XZ2 Compact jauh berbeda dengan seri ZX1 sebelumnya. Sony kini menggunakan bodi curved side dan lapisan kaca 2.5D Gorilla Glass 5 dibagian depan. untuk bagian belakang, Sony menggunakan bodi metal dengan lapisan kaca sehingga nampak mewah di seri biasa. Sedangkan untuk seri compact, Sony menggunakan bodi belakang Polycarbonate yang mudah dibersihkan. Desain ini disebut desain Ambient Flow. Desain ini dibuat lebih simetris dengan sudut yang pas. Desain ini diklaim oleh produsen asal Jepang akan sangat nyaman untuk genggaman tangan. Sony juga sudah menggunakan rangka anti bengkok dan dukungan fitur anti air serta anti debu. Untuk sensor sidik jari, Sony menghadirkan sensor ini pada bagian belakang dibawah kamera utama.

Ubahan tidak hanya nampak dari desain, smartphone Sony terbaru ini menggunakan layar lebar 18:9. Untuk Seri Xperia XZ2 berlayar 5,7 inci dan Xperia XZ2 Compact berlayar 5 inci. Kedua layar ini akan menggunakan resolusi Full HD+ sehingga mampu menampilkan foto dan video dengan jelas dan detail. Sony juga menghadirkan panel baru yang diklaim sudah support HDR.

Pada bagian mesin, Sony Xperia XZ2 dan XZ2 Compact menggunakan mesin yang sama. Kedua smartphone premium ini menggunakan Qualcomm Snapdragon 845. Chipset ini akan dibekali dengan RAM 4GB dan memori internal 64GB. Tentu performa ponsel Android terbaru ini akan bersaing dengan ponsel premium lainnya. Untuk sistem operasi, Sony akan menggunakan OS Android Oreo.


Pada bagian kamera, Sony Xperia XZ2 series ini akan menggunakan kamera utama 19 MP. Kamera utama ini akan dilengkapi dengan Motion Eye, Sensor Sony IMX400, 5 Axis Stabilization, PDAF dan LED Flash baru. Beda dengan generasi Xperia sebelumnya, Sony menggunakan kolaborasi antara Software Snapdragon 845 ISP dan prosesor BIONZ. Hal ini membuat kamera ponsel Sony terbaru ini mampu menghasilkan warna yang lebih detail dan cocok untuk kondisi low light.

Kamera Sony Xperia XZ2 dan XZ2 Compact juga sudah mampu merekam video 4K HDR degan baik. Untuk Video Slow Motion juga mengalami peningkatan. Untuk kamera depan, Sony hanya memasang kamera 5 MP yang dianggap masih baik untuk selfie ataupun video call.

Untuk sektor audio, Sony Xperia terbaru ini menggunakan stereo speaker baru yang diklaim lebih keras 20% dibanding seri XZ1. Untuk varian XZ2 bahkan dilengkapi dengan Dynamic Vibration System. Untuk konektivitas, Sony menghadirkan LTE Cat.18 pada XZ2 dan LTE Cat.15 pada XZ2 compact. Untuk pengisian daya, Sony pun hanya menghadirkan fitur Qi Wireless Charging pada varian XZ2 saja. Pada bagian baterai, Sony menggunakan baterai 3180 mAh untuk varian biasa dan baterai 2870 mAh untuk versi compact.

Kabarnya kedua ponsel Sony terbaru ini baru dipasarkan mulai akhir Maret atau awal April mendatang.

Artikel Lainnya

Komentar

Halaman Terkait