Diperbaharui pada Senin, 26 Februari 2018 | 15:17

Nokia 8 Sirocco dan Nokia 7 Plus, 2 Hp Terbaru dari Nokia di 2018

Ajang Mobile World Congress (MWC) 2018 akhirnya resmi dibuka dengan hadirnya sejumlah beberapa produk smartphone baru. Nokia sendiri langsung menggebrak ajang tahunan ini dengan merilis 4 buah smartphone Android baru sekaligus yakni Nokia 1 (Android Oreo Go Edition), Nokia 6, Nokia 7 Plus dan Nokia 8 Sirocco.

Keempat smartphone ini hadir dengan berbagai keunggulan dan ubahan yang diklaim kian membuat ponsel Nokia mampu bersaing di tengah gencaran produsen-produsen lain yang juga merilis ponsel Android terbaru dalam ajang MWC 2018.

Diantara keempat produk Nokia terbaru tersebut, Nokia 8 Sirocco dan Nokia 7 Plus memiliki daya tarik tersendiri. Apalagi, Nokia dikabarkan mengusung teknologi premium yang lebih baik dibanding seri Nokia Android sebelumnya.

Nokia 8 Sirocco

nokia 8 sirocco
via en3d.org

Nokia akhirnya menghadirkan upgrade pada jajaran produk smartphone miliknya di tahun 2018. Sebagai buktinya, Nokia merilis Nokia 8 Sirocco yang menghadirkan banyak ubahan dibanding seri Nokia 8 2017.

Sebut saja penggunaan layar, bila sebelumnya Nokia 8 2017 menggunakan layar berukuran 5,3 inci 16:9 Panel LCD dan Resolusi QHD, maka dalam Nokia 8 Sirocco menggunakan layar lebih lebar dan lebih baik yakni 5,5 inci 16:9 QHD dengan panel p-OLED.

Tentu ini membuat layar ponsel Nokia terbaru ini mampu menampilkan detail yang lebih jelas dibanding seri lamanya. Beralih ke bagian mesin, Nokia 8 Sirocco masih mengandalkan chipset yang sama dari seri 2017 yakni Qualcomm Snapdragon 835.

Prosesor ini akan dipadukan RAM 6GB untuk membuat performa smartphone lancar dalam hal multitasking. Dari sisi desain, Nokia 8 Sirocco masih menggunakan bahan metal aluminium pada bodi belakang dan lapisan kaca Gorilla Glass 5 di bagian depan serta belakang.

Untuk rangka, Nokia juga menggunakan bahan stainless steel sehingga kuat namun ringan. Keunggulan lain Nokia 8 terbaru ini ialah sudah dilengkapi fitur anti air dan anti debu hingga hadirnya fitur Qi Wireless Charging.

Menengok pada bagian kamera, Nokia 8 Sirocco mengalami peningkatan yang cukup komplit untuk bersaing. Nokia memasang dual kamera belakang 13 MP + 13 MP lengkap dengan 2x Optical Zoom dan Carl Zeiss Optics. Kabarnya nokia 8 Sirocco baru akan dipasarkan mulai April mendatang.

Nokia 7 Plus

nokia 7 plus
via techadvisor.co.uk

Nokia juga merilis varian premium lain yakni Nokia 7 Plus. Smartphone Nokia ini bahkan menjadi smartphone Nokia pertama yang menggunakan layar 18:9 dan chipset Qualcomm Snapdragon 660. Untuk layar, Nokia 7 Plus menggunakan layar berukuran 6 inci dengan resolusi 2160 x 1080 piksel.

Smartphone Android ini kian nyaman digunakna karena bodinya dibuat khusus dan di cat dengan 6 lapisan. Pada bagian mesin, Nokia 7 Plus menggunakan chpset Snapdragon yang akan disokong RAM 4 GB. Guna memuaskan penyimpanan data, ponsel Android terbaru ini akan dilengkapi memori 64 GB.

Untuk bagian kamera, Ponsel Nokia MWC 2018 ini menggunakan dual kamera 12 MP dengan sensor pixel baru. Untuk kamera depan, Nokia memasang kamera 5 MP dengan lensa wide angle. Sama seperti Nokia 8 Sirocco, ponsel Android layar lebar ini akan dipasarkan mulai April mendatang.

Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts