Rumor: Galaxy Note 9 Tidak Dibekali Sensor Fingerprint di Layar!

Oleh Aris Wibowo updated Kamis, 15 Feb 2018 | 09:58

samsung galaxy note 9
via wccftech.com

Beberapa tahun ini dunia gadget diramaikan dengan pengembangan sistem keamanan yang kian canggih. Bila sebelumnya, smartphone hanya dikunci menggunakan password dan pola, kini smartphone sudah dibekali sistem keamanan berupa face unlock dan sensor fingerprint.

Beberapa produsen bahkan sudah menggunakan teknologi yang lebih canggih seperti sensor sidik jari di bawah layar sehingga membuat ponsel lebih minimalis. Awalnya, Samsung akan menggunakan fitur ini pada Galaxy S8, namun ternyata tidak jadi dan kabarnya akan digunakan di Galaxy Note 9.

Sayangnya, hal itu sepertinya tidak akan terjadi lagi, karena Samsung masih akan menunda untuk menggunakan teknologi ini. Menurut sebuah web Korea, Samsung lebih memilih menggunakan sensor fingerprint pada bagian bodi belakang.

Selain itu, Samsung disebutkan masih ingin mengembangkan fitur ini selama 2 tahun kedepan. Para pengembang masih berusaha menemukan solusi agar fitur sensor fingerprint pada layar milik Samsung akan menjadi pioneer kedepannya.

Dalam bocoran lebih lanjut, Samsung akan memulai produksi layar dari Samsung Galaxy Note 9 pada bulan Juni mendatang. Alhasil, Samsung masih merasa belum cukup waktu untuk menerapkan teknologi fingerprint pada layar Note 9.

Samsung kabarnya akan menggunakan dua tipe fingerprint pada layar yakni optical capacitive dan ultrasound sensor. Sebagai solusi untuk memberikan pengalaman membuka kunci smartphone yang lebih baik.

Optical sensor sayangnya kurang akurat pada layar OLED. Sedangkan capacitive sensor akan lebih akurat namun lebih rapuh. Bila menggunakan ultrasound, Samsung akan mirip dengan Apple. Teknologi ultrasound ini akan lebih akurat dan lebih kuat.

Sensor fingerprint Vivo X20 Plus UD via USSwitch

Untuk teknologi ini, sayangnya berharga lebih mahal dan bisa membuat harga Samsung Galaxy Note 9 melambung. Jadi di awal tahun 2018 ini, kemungkinan hanya akan ada satu smartphone saja yang menggunakan sensor fingerprint di layar yakni Vivo X20 Plus UD.

Ponsel ini akan menggunakan sensor fingerprint di layar pengembangan dari Synaptics. Smartphone Vivo ini memang belum mulai dipasarkan, namun Vivo sudah memperkenalkan fitur ini dalam beberapa kesempatan.

Sensor sidik jari di bawah layar milik Vivo sendiri dianggap masih memiliki kekurangan, karena lambat dalam membuka dan mengunci layar smartphone. Jadi, bagaimana selanjutnya untuk Galaxy Note 9? Kita tunggu saja kabar selanjutnya.

Artikel Lainnya

Komentar