Diperbaharui pada Selasa, 20 Februari 2018 | 09:22

Rumor iPhone 2019 Akan Dilengkapi Fitur World Facing 3D Sensing

iphone 2019
via cnet.com

Sudah menjadi rahasia bahwa produsen gadget dunia, Apple, mempercayai bahwa teknologi Augmented Reality akan menjadi teknologi berpengaruh di masa depan. Alhasil, Apple pun melakukan investasi besar-besaran dalam pengembangan teknologi AR ini.

Bahkan sempat muncul rumor yang mengatakan bahwa Apple sedang menyiapkan perangkat AR Apple. Apple juga sudah merilis ARKit SDK yang memungkinkan para pengembang untuk membuat aplikasi dengan fitur AR.

Menurut bocoran dari AppleInsider, iPhone versi 2019 akan menghadirkan fitur World Facing 3D Sensor. Fitur ini bahkan sudah mulai dikembangkan mulai tahun ini agar bisa digunakan di perangkat Apple masa depan.

Rumor ini muncul dalam catatan pengembangan perangkat Apple yang bocor ke dunia maya. Bocoran ini pun sudah dikonfirmasi oleh Apple bahwa Apple memang sedang bekerja sama dengan beberapa produsen lain untuk mengembangkan fitur 3D.

Diharapkan fitur pada iPhone 2019 ini membuat pengguna iPhone bisa men-scan lingkungan sekitar dalam bentuk 3D. Banyak yang menyebut kalauĀ fitur ini akan mirip dengan fitur Truedepth yang sudah dikembangkan oleh Apple.

Bahkan fakta terbaru menyebutkan bahwa teknologi yang dihadirkan pada World Facing 3D Sensor tidaklah berbeda dari TrueDepth. Bedanya hanyalah sensor yang digunakan akan lebih maju dan lebih detail sehingga mampu menangkap 3D lebih jelas dan detail.

Sayangnya hingga kini belum jelas, apa rencana AppleĀ dari pengembangannya ini dan kegunaannya jika teknologi ini benar-benar sudah jadi. Sebab, hingga kini belum jelas juga tampilan dan hasil dari teknologi 3D ini.

Namun belajar dari Animojis yang berhasil diterapkan pada kamera depan, sepertinya fitur 3D ini akan diterapkan untuk kamera belakang. Ada kemungkinan juga fitur World Facing 3D Sensor ini akan digunakan untuk meningkatkan mode portrait.

Berbeda dari sensor depan yang menggunakan pendekatan cahaya terstruktur, sensor pada kamera belakang akan menggunakan kamera time of flight. Sensor ini telah digunakan di ponsel Project Tango seperti Lenovo Phab2 Pro dan Asus Zenfone AR.

Sebelumnya, Apple dikabarkan tengah menyiapkan beberapa varian baru dari iPhone 9. Dalam beberapa bocoran menyebutkan bahwa iPhone 9 akan menggunakan chipset modem dari Intel. Diharapkan dengan adanya perubahan modem ini membuat iPhone 2018 akan lebih kencang kecepatan download dan uploadnya.

Selain itu, iPhone 9 dan iPhone Xs akan menggunakan fitur Gigabit LTE dengan dukungan slot dual sim standby. Fitur LTE ini akan menggunakan modem Intel terbaru.

Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts