10 Teknologi yang Akan Berkembang Pesat di Tahun 2018

Oleh Mustika Jati updated Senin, 12 Feb 2018 | 03:46

Di era teknologi saat ini, internet dan gadget sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Terutama bagi Anda yang bertempat tinggal di kota-kota besar. Anda pastinya merasa semua aktivitas yang masyarakat lakukan akan terhubung dengan gadget yang dimiliki.

Tak ada satupun aktivitas yang tak bisa dilakukan hanya dengan gadget di tangan kita. Dengan tingginya pengguna gadget dan teknologi, setiap tahunnya perubahan teknologi nampak bergerak sangat cepat. Tak terkecuali pada tahun 2018 ini.

Banyak yang berkata bahwa tahun 2018 akan dijadikan sebagai batu loncatan oleh beberapa vendor untuk mengembangkan teknologi yang jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Dalam cakupan yang luas, kali ini pricebook.co.id akan memberikan beberapa prediksi teknologi digital di tahun 2018. Apa saja? Ini diantaranya 

1. Perkembangan Augmented Reality (AR)

pokemon go
via comworldseries.blogspot.co.id

Apakah Anda pernah mencoba permainan Pokemon Go? Atau Anda salah satu pengguna Snapchat? Kedua aplikasi ini sebenarnya telah menyadarkan banyak perusahaan gadget dan teknologi bahwa pengguna internet sangat tertarik untuk menggunakan AR.

Sebut saja perusahaan seperti facebook, Google, dan Apple yang memulai perencanaan untuk mengembangkan AR lebih lanjut. Ini terlihat dari konferensi developer yang mereka adakan tahun lalu bersama perusahaan teknologi terbesar seperti Alibaba, Baidu, dan Tencent.

Mereka adalah perusahaan yang telah membangun fondasi inisiatif AR. Langkah ini sebenarnya dilakukan agar para developer bisa lebih mudah untuk mengerti apa yang diinginkan oleh pengguna mengenai aplikasi AR.

Tercatat, tahun 2017 menjadi tahun yang sangat mencengangkan bagi layanan video streaming. Apalagi ketika pasar layanan video streaming mengalami pertumbuhan yang cukup stabil sepanjang tahun lalu.

Tentunya teknologi ini akan diprediksikan bisa tumbuh lebih signifikan di tahun ini. Di mana banyak pengguna internet akan menggunakan layanan video streaming yang terpasang di handphone mereka

2. Asisten Pribadi Digital Akan Lebih Pintar dan Responsif

siri
via softpedianews.com

SIRI, Alexa, Bixby, Google Assistant, adalah beberapa jejeran asisten pribadi digital yang sudah dipasang oleh banyak brand ponsel pintar. Di tahun ini, sejumlah perusahaan teknologo raksasa akan berlomba-lomba mengembangkan asisten digital dengan basis AI dan machine learning.

Beberapa asisten pribadi digital yang sedang dikembangkan memang masih memiliki kemampuan yang sangat terbatas. Namun, dengan banyaknya pengguna yang antusias untuk menggunakan asisten pribadi digital ini, tentu teknologi ini akan sangat berkembang tahun ini.

Maka dari itu, perusahaan teknologi terbesar sekarang berlomba-lomba untuk selalu meningkatkan kepintaran dari asisten digital pribadi penggunanya. Misalnya saja, keluaran suara akan terdengar lebih menyerupai manusia dan lebih responsif ketika diajak berbicara.

Bahkan, sejumlah brand smartphone juga akan membenamkan chipset khusus untuk menangani AI dan bahkan machine learning. Jadi semakin banyak aplikasi asisten pribadi yang menyuguhkan pengalaman lebih baik lagi di tahun ini. Luar biasa bukan?

3. Face ID

face id
via techprolonged.com

Keputusan Apple yang membuang tombol home ikonik dan touch ID (pemindai sidik jari) memang dinilai sangat berani. Sebagai gantinya, Apple memberikan sistem pengenalan wajah baru yang disebut face ID dengan kamera TrueDepth.

Sebenarnya, Samsung sudah membuat teknologi ini yang disebut dengan Iris Scan dan Face Recognition pada Galaxy Note 8. Namun, berbeda dengan Apple, Samsung masih menyediakan sensor jari di handphone mereka.

Nah, di tahun 2018 ini, diprediksi akan ada banyak pabrikan ponsel yang akan mengembangkan teknologi face ID dengan sistem yang lebih aman. Tunggu saja sampai beberapa brand seperti Huawei, Oppo, Xiaomi, ASUS, dan lain-lain mengeluarkan produk face recognition-nya.

4. Layar Ponsel yang Bisa Dilipat

smartphone layar lipat
via stuff.tv

Banyak rumor yang beredar mengenai smartphone dengan layar OLED yang fleksibel dan mudah dilipat. Memang rumor ini sudah beredar bertahun-tahun lamanya. Namun, pada tahun ini diperkirakan rumor tersebut akan menjadi kenyataan.

Samsung dikabarkan akan menjadi produsen pertama yang akan merilis layar handphone yang bisa dilipat. Katanya, brand asal Korea Selatan ini mampu mengembangkan panel yang bisa dilipat dan akan siap dirilis pada akhir tahun 2018. Dikabarkan juga panel tersebut bisa dilipat dengan posisi kedalam seperti kertas.

Namun, dikabarkan Samsung bukan hanya satu-satunya perusahaan yang tertarik dengan ponsel lipat. Beberapa brand ternama seperti LG dan Apple juga akan mengembangkan perangkat yang serupa.

Sesungguhnya, beberapa tahun lalu ZTE sudah megeluarkan satu produk yang bisa dilipat. Lebih tepatnya, ZTE Axon M yang dibekali dengan dua layar terpisah. Apakah Anda penasaran dengan tren handphone lipat ini? Kita tunggu saja di akhir tahun ini.

5. E Wallet Akan Merajai Fintech

e-wallet
via 123paynet.com

Di bidang teknologi, tak hanya gadget saja yang akan merajai dunia teknologi. Namun, dibidang finansial e-wallet akan merajai dunia financial technology. Walaupun e-wallet sudah diterapkan beberapa perusahaan besar di Indonesia. Banyak masyarakat yang belum tersentuh oleh teknologi dompet online ini.

Kenapa E-wallet diperkirakan akan menonjol pada tahun 2018? Ini dikarenakan sebagian masyarakat Indonesia sudah banyak menggunakan e-wallet untuk transaksi online, contohnya saja membeli barang dari situs e-commerce atau pembayaran ojek online.

Namun, tak hanya online, di tahun ini E-wallet akan berkembang dalam versi offline yaitu dengan scan code QR.  Terdengar sangat tidak aman memang. Namun, ini adalah suatu inovasi yang ditemukan untuk memudahkan transiaksi non-tunai mengingat pemerintah sudah mulai menggalakkan transaksi cashless.

Transaksi offiline non-tunai ini juga sudah dibuktikan di Tiongkok dengan menggunakan Alipay dan WeChat wallet sebagai alat pembayaran uang tunai.

6. E-Sport Akan Semakin Digemari

e sport
via btnsmash.com

Banyaknya minat masyarakat khususnya anak muda dengan keberadaan online game membuat kegiatan yang dulunya hanya dianggap sebagai pemborosan dan kegiatan membuang-buang waktu kini semakin berubah.

Karena kini ada banyak pihak untuk mempertimbangkan e-sports sebagai salah satu cabang olahraga yang bisa diperlombakan. Misalnya, Asian Games 2022 yang akan memasukkan e-Sports sebagai salah satu cabang olahraga loh!

Banyaknya turnamen yang diadakan dengan hadiah sangat menggiurkan pun tentu ikut mempengaruhi perkembangan e-sport di era digital ini. Jadi, jangan heran kalau di tahun ini akan ada banyak anak muda yang rela menghabiskan banyak waktu untuk melatih kemampuan game online mereka.

7. Penjualan Ponsel Murah dari China Akan Semakin Besar

xiaomi redmi 5a
via high-tech-industry.com.my

Pada tahun 2017 lalu, vendor ponsel asal China berhasil untuk mendapatkan posisi penting dalam penjualan smartphone global. Salah satu penyebabnya adalah karena para vendor-vendor China berhasil menjual smartphone murah dengan spesifiaksi yang wah.

Sebut saja Xiaomi yang terus dianggap sebagai perusak pasar karena berhasil menghadirkan smartphone berspesifikasi lumayan tinggi dengan harga yang pas di kantong masyarakat mengenah ke bawah.

Tidak cuma Xiaomi, OnePlus juga terus membuat pasar smartphone makin ramai karena keberhasilan mereka menciptakan smartphone-smartphone super ngebut, tapi dijual dengan harga di bawah pabrikan lain seperti Samsung dan Apple.

Jadi, kita lihat saja perkembangan dari vendor-vendor tersebut di tahun ini.

8. Baterai Smartphone Akan Semakin Besar

baterai smartphone
via businessmensedition.com

Beberapa tahun lalu, kita mungkin merasa kesal karena smartphone-smartphone pada era itu memiliki baterai berkapasitas kecil. Akibatnya, aktivitas multitasking sangat terganggu karena ponsel akan cepat mati akibat kehabisan tenaga baterai.

Tapi sekarang, sepertinya hal itu akan segera berubah karena kini para vendor sedang berlomba-lomba memghadirkan smartphone dengan kapasitas baterai besar. Tentu ini akan menbuat kita sebagi pengguna merasa terbantu, apalagi bagi mereka yang memiliki aktivitas segudang.

Jadi, jangan heran kalau akan ada banyak smartphone berkapasitas baterai di atas 4.000 mAh di tahun ini.

9. Semakin Banyak Hp Full Display

smartphone
via forbes.com

Menjelang akhir tahun 2017, banyak smartphone dengan layar full display yang dihadirkan oleh para produsen. Salah satu keunggulan dari fitur ini adalah akan membuat produsen lebih mudah dalam menyematkan layar besar kepada perangkatnya.

Sebagai contoh, iPhone X yang memiliki layar lebih besar dari iPhone 8 Plus, ternyata memiliki ukuran real yang tidak lebih besar dari iPhone 8. Hal ini sebagian besar dipengaruhi oleh penggunaan desain tanpa bezel.

Di tahun ini? Tampaknya semua produsen akan mengadopsi fitur ini kepada smartphone-smartphone mereka. Jadi, jangan heran kalau akan ada kita akan melihat begitu banyak smartphone berdesai full display tahun ini.

10. Teknologi Cloud Akan Sangat Berkembang

komputasi cloud
via cloudirec.com

Cloud computing akan semakin memainkan peran penting dalam infrastruktur TI di tahun 2018. Hal ini terjadi seiring makin meningkatnya jumlah perusahaan yang menawarkan layanan berbasis cloud. Bahkan sistem cloud eco semakin menjadi titik perhatian integrasi, daripada sistem tradisional on-premise.

Salah satu manfaat integrasi antara cloud adalah menghadirkan pengurangan potensial layanan TI in-house yang sangat signifikan. Di mana stiap organisasi yang memberikan layanan berbasis cloud harus menyelidiki peluang integrasi dengan layanan terkait untuk memberi nilai tambah kepada pelanggannya.

Kesimpulan

Akan ada banyak jenis teknologi yang akan berkembang pesat di tahun 2018 ini. Semua teknologi itu hadir untuk semakin mempermudah hidup kita, dari yang tadinya manual menjadi serba otomatis. Sekarang tinggal kita, apakah siap menerimanya atau tidak, nyatanya kemajuan teknologi tidak bisa kita bendung.

Justru malah kita yang harus bisa beradaptasi dengan kemajuan teknologi agar tidak tertinggal.

Artikel Lainnya

Komentar