Xiaomi Akan Umumkan Chipset Surge S2 Pada MWC 2018

Oleh Aris Wibowo updated Rabu, 24 Jan 2018 | 09:40

surge s1
Surge S1, pendahulu Surge S2 via androidauthority.com

Xiaomi telah mengumumkan chipset Surge S1 dalam varian Xiaomi Mi 5c pada Februari 2017 silam. Setahun kemudian, Xiaomi dirumorkan sedang menyiapkan chipset generasi penerus Surge S1.

Menurut sebuah sumber terpercaya dalam industri China, chipset Surge S2 akan dibuat menggunakan proses TSMC 16 nm dan kabarnya akan dipasang perdana dalam varian Xiaomi Mi 6x yang akan dirilis Februari besok.

Chipset Surge S2 sendiri merupakan CPU Octa-Core dengan 4 Cortex A73 yang berjalan dengan kecepatan 2,2 Ghz dan 4 cortex A53 dengan kecepatan 1,8 Ghz. Sedangkan pada bagian GPU, chipset ini akan menggunakan GPU Mali G71 MP8.

Tentu ubahan ini merupakan ubahan yang cukup besar dibanding GPU Mali T860 yang ada dalam Surge S1. Menurut Xiaomi, Chipset Surge S2 ini akan memiliki performa yang sebanding dengan chipset Kirin 960 buatan Huawei.

Untuk perangkat perdana yang akan menggunakan chipset Surge S2 ini ialah Xiaomi Mi 6x. Namun, jika produsen asal China ini menggunakan strategi yang berbeda, bisa jadi chipset ini digunakan pada varian Mi A2 untuk pasar Global.

Kabar ini memang masih mengambang apalagi baru-baru ini muncul sebuah casing yang diduga sebagai Xiaomi Mi 6x yang menggunakan ratio layar 18:9 dengan bezel tipis, sensor fingerprint pada bagian belakang dan seting dual camera baru.

Untuk bagian layar Xiaomi Mi 6x diduga akan menggunakan layar berukuran 5,1 inci. Layar ini akan disokong dengan resolusi tinggi Full HD+. Hal ini memang  mengecewakan banyak pihak karena ponsel premium saat ini sudah menggunakan resolusi Quad HD.

Walaupun sederhana, layar mampu menampilkan visual yang cukup jernih dan detail. Dengan resolusi yang tidak terlalu tinggi, layar ponsel juga diklaim tidak boros baterai seperti layar lebar ponsel premium lainnya.

Untuk dapur pacu, Xiaomi Mi 6x menggunakan mesin hasil pengembangan Xiaomi sendiri. Xiaomi memasang chipset baru Surge S2. Ini merupakan prosesor octa-core berkecepatan tinggi dengan proses teknologi 16nm disokong GPU Mali G71.

Performa prosesor ini akan semakain cepat dengan dukungan RAM 6GB dengan memori internal 128GB. Xiaomi juga menyediakan versi RAM 4 GB dengan memori 64GB. Untuk sistem operasi, hape premium terbaru ini sudah menggunakan OS Android Nougat 7.1.

Di bagian kamera, ponsel android premium dari Xiaomi ini masih menggunakan dual kamera utama 12 MP dengan dukungan teknologi PDAF hingga 4 Axis optical image stabilization. Kamera utama ini terdiri satu kamera wide angle dan satu kamera tele mirip dengan kamera Apple iPhone 7 Plus.

Untuk kamera depan, Xiaomi memasang kamera lebih rendah yakni 5 MP yang diklaim sudah mumpuni untuk selfie maupun video call.

Baca juga artikel:

Bocoran Spesifikasi Xiaomi Mi Max 3, Hadirkan Layar dan Baterai Besar

Mencari Hp Alternatif Xiaomi Redmi 5A yang Sepadan

MIUI 9 Mulai Disebar untuk 27 Ponsel Xiaomi Seri Baru dan Lama

Artikel Lainnya

Komentar