Samsung Tanamkan Kamera dan Sensor Sidik Jari di Hp Masa Depannya

Oleh Rizki Abadi updated Jumat, 19 Jan 2018 | 15:07

Beberapa waktu lalu, vendor smartphone asal China, Vivo berhasil mendapat perhatian dunia ketika meluncurkan desain hp dengan pemindai sidik jari di dalam layar pertama. Meskipun sebenarnya hal ini dianggap bukan hal yang mengejutkan, mengingat Vivo bukanlah perusahaan smartphone kecil, tapi banyak yang menganggap kalau apa yang mereka lakukan merupakan sebuah kemajuan pesat.

Tidak hanya itu, Vivo pun juga dianggap berhasil mempercundangi vendor besar seperti Samsung, Apple, Huawei dan lainnya yang lebih dikenal masyarakat. Alasannya, karena mereka sudah menginvestasikan ratusan juta dolar untuk melakukan penelitian, tapi dianggap tidak menghasilkan apa apa dan malah dikalahkan oleh Vivo.

Tapi, sebuah laporan yang muncul baru-baru ini seakan menjawab kenapa Samsung tidak buru-buru menunjukkan layar yang sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari. Di mana perusahaan ini ternyata tidak hanya membuat layarnya bisa diintegrasikan dengan sensor sidik jari saja, tetapi juga dengan perangkat kamera yang tertanam di dalam layar.

samsung paten

Hal ini diketahui setelah adanya bocoran yang menunjukkan perusahaan asal Korea Selatan ini mengajukan paten terbaru di WIPO (World Intellectual Property Organization). Agar tidak menambah lekukan di bagian atas ponsel, Samsung memilih untuk mengintegrasikan kamera selfie dan sensor sidik jari di layarnya sendiri.

Samsung menjelaskan bahwa perangkat kamera dan sensor sidik jari tersebut akan ditempatkan di lubang yang dipotong di layar smartphone. Solusi ini dianggap sangat cerdik, meskin pada penerapannya mungkin jauh lebih sulit dari yang kita pikirkan.

Meskipun begitu, kita mungkin akan bisa melihat smartphone Samsung yang akan memiliki rasio layar dan bodi yang hampir 100%. Belum jelas hp apa yang akan disematkan teknologi ini oleh Samsung. Kita tunggu saja kelanjutannya.

Baca juga artikel:

Samsung Patenkan Metal 12, Magnesium Alloy Untuk Galaxy S9 dan S9+

Cara Mendapatkan Fitur Selfie Focus di Samsung Galaxy A5 and A7 (2017)

Samsung Galaxy A8 dan A8+ (2018) Resmi Dirilis, Punya Fitur Ala Samsung S8

Artikel Lainnya

Komentar