Aplikasi Skype Kini Dilengkapi Fitur Enkripsi Baru

Oleh Ardiansyah Hana updated Senin, 15 Jan 2018 | 15:36

skype
via themerkle.com

Skype, sebuah layanan pesan instan besutan Microsoft yang kini sudah tersedia di berbagai platform termasuk Android dan iOS. Aplikasi chat satu ini hadir dengan fitur pesan instan yang sangat lengkap, terlebih layanan panggilan suara dan panggilan video yang bisa diakses di berbagai macam perangkat.

Guna tingkatkan pengalaman pengguna, aplikasi Skype menambahkan fitur baru. Fitur ini adalah kemampuan enkrispi end-to-end, dikembangkan bersama perusahaan Signal yang sifatnya opsional dan tidak tersedia secara default, artinya bisa kamu aktifkan secara manual melalui pengaturan.

Lewat fitur keamanan tersebut, aplikasi Skype memiliki implementasi serupa dengan aplikasi Facebook Messenger karena memungkinkan pengguna bisa melangsungkan percakapan secara lebih private. Sayangnya, fitur enkripsi pada aplikasi Skype ini hanya berlaku untuk percakapan perseorangan, tidak bisa digunakan saat melakukan grup chat.

Untuk menggunakan layanan Private Conversations dari aplikasi Skype ini, kamu cukup mengklik ikon + lalu memiliki opsi Private Conversations dilanjutkan dengan memilih kontak yang ingin kamu hubungi. Setelah mengaktifkan opsi ini, Skype pun akan mengirimkan notifikasi pada kontak yang kamu pilih untuk melanjutkan percakapan yang ingin dilakukan.


Image via Signal

Perlu kamu ketahui, fitur enkripsi berupa Private Conversations ini berlaku selama tujuh hari, dimana setelah kadaluarsa maka kamu harus mengirimkan kembali undangan ke kontak. Setelah kontak menerima invitation yang kamu kirimkan, maka Private Conversations hanya tersedia di perangkat-perangkat yang kamu gunakan saja.

Jika kamu ingin memindahkannya ke perangkat lain maka wajib mengirim ulang undangan. Untuk melihat status aktif dari fitur Private Conversations, kamu bisa melihat ikon gembok yang berada di samping nama kontak, sementara pesan preview tidak akan muncul dalam notifikasi selama percakapan berlangsung.

Selain itu, kamu pun tidak dapat melakukan editing pesan atau meneruskan file dalam mode ini, hanya berupa emoticon, file, dan pesan audio yang tersedia untuk dikirim ke teman kamu tersebut.

Tertarik mencoba fitur keamanan baru di aplikasi Skype ini? Kamu bisa memperbaharui aplikasi Skype di App Store dan Google Play Store ataupun laptop berbasis Windows 10 atau versi sebelumnya yang kamu gunakan.

Baca juga artikel:

Skype Hentikan Support Pada Sistem Android Lama dan Windows Phone 8

Aplikasi Telegram Kini Bisa Login Hingga Tiga Akun

Fitur Baru Facebook, Pesan Makanan Langsung di Aplikasi

Artikel Lainnya

Komentar