Diperbaharui pada Senin, 15 Januari 2018 | 20:31

Smartwatch Itu Keren, Tapi Kenapa Kurang Populer?

smartwatch
via expertreviews.com

Google memang tengah berusaha mengembangkan Android Wear beberapa tahun ini agar kian nyaman digunakan. Google bahkan telah melakukan beberapa ubahan yang cukup fundamental, yang mempengaruhi performa Android Wear seperti smartwatch.

Sebut saja integrasi antar perangkat yang lebih mudah, jaringan yang lebih stabil dan berbagai hal pintar lainnya yang dibutuhkan orang saat ini. Hal ini pula yang membuat berbagai produsen smartphone mulai melirik untuk mengembangkan smartwatch. Tidaklah heran, jutaan orang mulai membeli smartwatch

Padahal, miliar orang di dunia saat ini telah memiliki smartphone, miliar orang lainnya juga sudah memiliki komputer atau laptop. Sementara yang lainnya juga sudah memiliki TV pintar. Lalu, mengapa produsen gadget membuat sebuah komputer mini dalam bentuk smartwatch? Lalu, mengapa smartwatch tidak terlalu populer beberapa tahun ini?

Merosotnya popularitas smartwatch bukanlah karena performa atau kinerja dari smartwatch yang buruk. Bahkan dalam update Android Wear terbaru hingga update Apple Watch, produsen menghadirkan produk yang lengkap fitur, tanpa bug dan sudah setara komputer mini.

Alasan utama merosotnya kepopuleran smartwatch beberapa tahun ini ialah karena masalah harga yang mahal. Beberapa pengguna gadget masih beranggapan bahwa perangkat smartwatch terlalu mahal. Hal ini memang sudah diantisipasi produsen dengan menghadirkan beberapa smartwatch murah.

Namun, sayangnya smartwatch berharga murah memiliki kelemahan. Misalnya perangkat hanya bisa memberikan notifikasi saja mengenai adanya telepon masuk atau pesan masuk. Bagi sebagian orang hal tersebut dirasa mahal dan lebih baik membeli smartphone saja yang memiliki fitur lebih lengkap.

Situasi smartwatch yang tidak populer lagi memang menarik dan membingungkan. Maksud hati produsen yang ingin membuat produk mungil pengganti ponsel dengan tambahan fitur fitness tracker, music player dan berbagai fitur lain yang biasa ada di smartwatch mahal.

Namun, saat ada pengguna yang hendak membeli produk tersebut, terbentur harga yang nyatanya tidak jauh berbeda dari harga smartphone yang memiliki fitur lebih lengkap. Namun, bisa jadi kepopuleran smartwatch yang turun dikarenakan fitur yang ada dalam smartwatch dirasa masih kurang lengkap atau kurang menarik.

Tampaknya para produsen gadget dan pengembang sistem operasi seperti Google dan Apple harus berpikir ulang mengenai pengembangan smartwatch. Para produsen harus memikirkan hal baru yang membuat pengguna gadget bisa melirik smartwatch dan menjadikannya sebagai gadget harian bukan sebagai gadget pendamping smartphone hingga sebagai aksesoris harian semata.

Baca juga artikel:

7 Smartwatch Konsep yang Super Keren Ini Bakalan Diproduksi Nggak, Ya?

10 Smartwatch Terbaik Saling Rebut Konsumen

Acer Leap Ware, Smartwatch Murah Cuma Rp1,8 Jutaan

Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts