Diperbaharui pada Jumat, 5 Januari 2018 | 15:45

Kelebihan Prosesor Samsung Exynos 9810, Siap Tantang Snapdragon 845

Samsung Exynos 9810
Selain memimpin pasar smartphone dunia, Samsung juga dikenal sebagai produsen chipset untuk perangkat mobile. Tak hanya dipakai oleh hp Samsung sendiri, ada banyak produk lain yang menggunakan chipset buatan Samsung, salah satunya Meizu.

Di awal tahun 2018 ini, Samsung kembali membuat gebrakan dengan merilis chipset mobile generasi terbaru. Chipset mobile ini termasuk dalam seri 9 bernama Exynos 9810 dan merupakan generasi kedua yang diproduksi menggunakan fabrikasi 10nm selain seri Exynos 889.

Prosesor Samsung Exynos 9810 hadir dengan sederet teknologi canggih, seperti kemampuan transfer data ekstra cepat menggunakan enhanced LTE modem, kemampuan deep learning dan topnotch image processing.

Tak hanya itu, kemampuan Samsung Exynos 9810 dalam bekerja juga sangatlah andal karena mampu berjalan di kecepatan 2,9 GHz. Speed tersebut memiliki kinerja 40 persen lebih tinggi ketimbang seri pendahulunya di sektor performa multicore. Fitur lainnya, Samsung Exynos 9810 juga memiliki deep learning yang memungkinkan hp dapat dengan mudah melakukan identifikasi objek pada foto melalui depth sensing.

Samsung Exynos 9810
Lewat kemampuan tersebut, Samsung Exynos 9810 mampu melakukan deteksi wajah melalui scanning wajah dalam format 3D. Tentunya, kemampuan fitur pendeteksi wajah tersebut membuat keamanan meningkat, termasuk kekuatan pada iris scanner dan sensor sidik jari yang semakin presisi dan akurat ketimbang chipset mobile seri lamanya.

Sementara itu, kemampuan modem enhanced LTE pada chipset Samsung Exynos 9810 ini berkemampuan transfer video 360 derajat atau video beresolusi 4K. Lewat Cat.18 LTE, kecepatan unduh pun meningkat menjadi 1,2 Gbps dan 6x carrier aggregation 200 Mbps.

Fitur lain yang ditawarkan oleh chipset Samsung Exynos 9810 adalah 256-Quadrature Amplitude Modulation scheme, 4x4 MIMO, serta multi-format codec (MFC) yang memungkinkan pengguna bisa merekam video beresolusi 4K secara stabil, memotret gambar di kondisi low-light dengan hasil berkualitas, serta kemampuan fokus kamera yang lebih andal.

Lewat sederet peningkatan yang ditawarkan oleh Samsung Exynos 9810, tentunya chipset mobile ini bisa disandingkan dengan chipset paling powerfull Snapdragon 845 dari Qualcomm. Kabarnya, chipset ini akan digunakan pertama kali pada hp Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9+.

Baca juga artikel :

MediaTek vs Exynos vs Snapdragon vs Intel Atom: Siapa Prosesor Terbaik? 

Resmi Rilis, Prosesor MediaTek Helio P23 dan P30 Dukungan Fitur Dual Kamera 

Tips Memilih Prosesor Ponsel, Dual Core, Quad Core atau Octa Core 

Like us!
Ardiansyah Hana

Contributor

787 Posts