Bocoran iMac Pro 2018 Terkuak, Akan Pakai Co Prosesor A10 Fusion

Oleh Aris Wibowo updated Kamis, 04 Jan 2018 | 14:33

imac pro konsep
konsep imac pro 2018 via idownloadblog.com

Apple tampaknya terus berusaha mengembangkan varian iMac untuk bersaing di pasar komputer dunia. Untuk itu, Apple dirumorkan tengah menyiapkan varian iMac Pro di tahun 2018 ini. Kabar ini pun kian jelas dengan munculnya bocoran terbaru yang menyebutkan bahwa Apple akan memasang chip A10 Fusion dalam seri iMac Pro ini. Kabar ini tentu sangat menarik banyak pengamat teknologi. Pasalnya chipset A10 sendiri merupakan chipset yang sama digunakan dalam seri iPhone 7 dan 7 Plus.

Rumor penggunaan chip A10 dalam iMac Pro muncul setelah beberapa pengguna iMac yang mengeluhkan penggunaan Siri dalam perangkat Mac. Untuk itulah Apple ingin menggunakan chip baru dalam iMac. Kabar ini juga diperkuat dengan pernyataan seorang pekerja Apple yang mengklaim bahwa iMac Pro akan menggunakan chip misterius yang diduga sebagai Chip A10.

Walaupun demikian, Apple diduga akan melakukan beberapa ubahan pada chip A10 untuk iMac Pro agar bisa maksimal digunakan di perangkat Desktop. Namun, sayangnya kabar ini masih belum menemui kejelasan yang pasti.

Sedikit mengulas mengenai chipset perangkat mobile yang digunakan di perangkat desktop, sebelumnya Qualcomm juga sudah menghadirkan varian Snapdragon 835 untuk beberapa laptop dan chromebook. Bisa jadi langkah penggunaan chip A10 oleh Apple pada perangkat selain smartphone menjadi langkah awal Apple untuk mengembangkan chip lainnya.

iMac Pro 2017

imac pro 2017
imac pro 2017 via wired.com

Sebelumnya Apple merilis iMac pro 2017 dengan fitur yang lebih premium dibandingkan seri iMac layar 27 inci. Bedanya, Apple memasang sistem pendingin baru yang diklaim lebih mendinginkan komponen lebih baik. Untuk desain, iMac pro juga tampak lebih kokoh dan ramping. Varian ini hadir dengan pilihan warna eksklusif Space Grey.  

Pada bagian layar, Apple menggunakan layar berukuran 27 inci. Layar ini diklaim 43% lebih terang dibanding seri iMac lama. Pengguna bisa kian nyaman menikmati berbagai konten dengan lebih jelas dan detail.

Pada bagian mesin, terpasang intel Xeon terbaru dengan RAM 128 GB ECC hingga memori penyimpanan 4 TB SSD. Pada bagian VGA, Apple memasang VGA AMD Radeon VGA yang mana support 16 GB VRAM.

Untuk konektivitas, Apple iMac Pro menjadi salah satu AIO PC terbaik buatan Apple. Apple memasang built in 10 GB Ethernet dan 4x Thunderbolt Port. Terdapat juga webcam baru dengan teknologi Facetime  1080p.

Kita nantikan saja kabar terbaru mengenai iMac Pro 2018 selanjutnya.

Baca juga artikel:

Apple Akan Kurangi Keakuratan Fitur 3D Face ID dalam iPhone X

Apple Gunakan Layar Lipat LG Untuk iPhone 2020

Apple Hentikan Penjualan iPhone 7 Versi 256 GB Demi iPhone 8

Artikel Lainnya

Komentar