Diperbaharui pada Kamis, 28 Desember 2017 | 14:05

Xiaomi Mi A1 Mulai Dapat Update Android Oreo versi Beta

Xiaomi Mi A1
Xiaomi Mi A1 merupakan hp Android One pertama Xiaomi yang cukup laris dipasaran saat ini. Dalam beberapa kali flash sale di Lazada, perangkat ini selalu ludes terjual dalam hitungan menit saja. Dipasarkan dengan harga resmi Rp3.099.000, Xiaomi Mi A1 memang memiliki banyak keunggulan.

Sebagai ponsel Android One, Xiaomi MI A1 memang tidak menggunakan custom MIUI melainkan murni Android 7.1.2 Nougat. Bahkan Xiaomi tidak menyematkan banyak aplikasi bawaan mereka ke Mi A1. Hal ini tentu saja membuat kinerja perangkat lebih ringan dan cepat digunakan saat multitasking.

Yang terbaru kabarnya Xiaomi Mi A1 mendapat update Android Oreo meski bukan seri premium, karena merupakan seri Android One hasil kerjasama Google dan Xiaomi. Sayangnya, update yang dihadirkan masih tahap beta. Meski versi beta, update Android Oreo pada Xiaomi Mi A1 membawa perubahan yang cukup apik.

Diantaranya antarmuka dan kinerja ponsel yang lebih ringan. Tidak hanya itu, sistem Booting juga lebih cepat dengan menghadirkan Quick Charging Qualcomm. Hanya saja, saat melakukan pengecekan di perangkat Xiaomi Mi A1 ternyata belum ada notifikasi untuk proses update. Namun kabar ini setidaknya menunjukkan bahwa update ke Android Oreo di Xiaomi Mi A1 tidak dalam waktu yang lama lagi.  

Xiaomi Mi A1
Xiaomi Mi A1 sendiri mengusung desain yang lebih sederhana dibandingkan varian standar seri Mi lainnya.  Walaupun demikian, Xiaomi tetap mengandalkan bodi metal yang memang sedang tren. Selain itu, smartphone ini menggunakan  bezel yang lebih ramping dengan menghadirkan fitur 2.5D Glass.

Pada bagian layar. Xiaomi akan memasang layar berukuran 5,5 inci. Layar ini akan disokong dengan resolusi tinggi Full HD. Walaupun sederhana, layar mampu menampilkan visual yang cukup jernih dan detail. Dengan resolusi yang tidak terlalu tinggi, layar ponsel juga diklaim tidak boros baterai seperti layar lebar ponsel premium lainnya.

Xiaomi memasang chipset qualcomm Snapdragon 625. Ini merupakan prosesor octa-core berkecepatan tinggi dengan proses teknologi hemat daya disokong GPU Adreno. Performa prosesor ini akan semakain cepat dengan dukungan RAM 4 GB dengan memori internal 32/64 GB.

Xiaomi Mi A1
Dibagian kamera, Ponsel Android premium dari Xiaomi ini masih menggunakan dual kamera utama 12 MP dengan dukungan teknologi PDAF optical image stabilization. Kamera utama ini terdiri satu kamera wide angle dan satu kamera tele. Untuk kamera depan, Xiaomi memasang kamera lebih rendah yakni 5 MP yang diklaim sudah mumpuni untuk selfie maupun video call. 

Hasil foto Xiaomi Mi A1 terbilang sangat memuaskan dan menawarkan efek bokeh yang sedang menjadi tren saat ini. Xiaomi juga sudah mengganti port MicroUSB dengan USB type C. Untuk baterai, Xiaomi memasang baterai lebih kecil pada Xiaomi Mi A1 yakni 3080 mAh dengan qualcomm Fast charge.Tidak lupa terpasang sensor sidik jari baru pada bagian bodi belakang.

Kriteria Spesifikasi
OS Version 7.1.2
Ukuran Layar 5.5 inch
Screen Resolution 1920 x 1080 Pixel
Detail Prosesor Snapdragon 625
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2 GHz
GPU Adreno 506
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera Belakang 12 MP
Resolusi Kamera Utama Lainnya 12 MP
Resolusi Kamera Depan 5 MP
USB Type-C
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel :

Hp Xiaomi Sudah Diproduksi di Indonesia Lho, Ini Buktinya! 

Harga Xiaomi Mi A1 Di ITC Roxy Mas dan ITC Cempaka Mas 

Dibandrol Kurang Dari Rp3 Juta, Inilah Perbandingan Xiaomi Mi A1 dan Samsung Galaxy J7 Core   

Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts