Diperbaharui pada Kamis, 7 Desember 2017 | 10:53

Laptop ASUS NovaGo Dirilis dengan Chipset Snapdragon dan OS Windows 10

Qualcomm tampak serius untuk menggarap pasar chipset untuk perangkat laptop. Untuk itulah dalam ajang tahunan Qualcomm Snapdragon Summit, ASUS memperkenalkan laptop pertama dengan chip Snapdragon. Laptop tersebut bernama ASUS NovaGo. Laptop ini kabarnya akan mengusung sejumlah fitur khas smartphone termasuk konektivitas jaringan yang membuat pengguna bisa terhubung ke internet dengan mudah.

Untuk itulah ASUS dan Qualcomm menghadirkan built in Gigabit-Class 4G LTE. Selain itu, laptop ASUS terbaru ini juga dibekali daya tahan baterai yang unggul sehingga laptop ini bisa digunakan untuk harian lebih lama.

Dari sisi desain. Laptop ASUS NovaGo mengusung desain yang cukup kecil dan ringan. Laptop ini memang masih mengusung desain yang standart laptop saat ini. Menariknya, ASUS menggunakan desain yang kokoh cocok untuk semua kalangan. Dengan berat hanya 1,3 kg dan tebal 14,9 mm, laptop ASUS ini cocok untuk dibawa bepergian dan beraktivitas dimanapun.

Beranjak ke bagian keyboard, laptop dengan chip Snapdragon ini mengusung desain keyboard yang cukup nyaman untuk harian. Keyboard yang diusung memang sederhana khas keyboard notebook. Namun, keyboard ini hadir dengan teknologi tekanan yang diklaim lebih responsive dan awet. Di bagian touchpad, ASUS juga menghadirkan touchpad yang nyaman. Di bagian kanan atas, ASUS juga menempatkan sensor sidik jari sebagai sistem keamanan.

Beranjak ke bagian layar, ASUS menggunakan layar berukuran 13,3 inci yang ideal dengan harga laptop yang terjangkau. Layar ini masih menggunakan panel IPS yang diklaim mampu memproduksi RGB dengan baik. ASUS mengklaim layar ini akan sangat mendukung pengguna dalam berkreatifitas.

Pada bagian mesin, ASUS NovaGo mengusung mesin yang sangat mumpuni. ASUS menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 835 yang juga dibekali modem Snapdragon X16 LTE. Tambahan modem ini membuat laptop bisa mengganti jaringan dari Wifi ke LTE dengan mudah. Pada bagian performa, ASUS menggunakan RAM 4 atau 8GB. Meski prosesor yang digunakan masih baru, performa laptop ini cukup apik dan minim lag kala multitasking.

Pada bagian baterai, laptop ASUS NovaGo diklaim bisa digunakan selama 22 jam untuk memainkan video, tanpa pengisian daya dan 30 hari kala mode standyby. Baterai yang hemat ini bisa terjadi karena chipset yang digunakan memang hemat daya.

Untuk harga, kabarnya ASUS NovaGO akan dipasarkan mulai harga 8,1 juta untuk RAM 4GB dan memori 64GB. Sedangkan untuk versi premium seharga 10,6 juta rupiah dengan RAM 8GB dan memori 256GB. Sayangnya, ASUS baru akan memasarkan laptop ini mulai tahun depan.

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 13.3 inch
Resolusi Layar 1920 x 1080 Pixel
OS Windows 10
Tipe Prosesor Snapdragon
Nomor Prosesor 835
RAM 8 GB
Kapasitas HDD -
Kartu Grafis Qualcomm
Tipe Kartu Grafis Adreno 540
Graphic Card Memory Size -
USB 3.0 -
Battery 52Wh lithium-polymer
Tabel dapat digeser kiri atau kanan


Baca juga artikel:

Laptop ROG AMD Ryzen, ASUS ROG Strix GL702, Kini Siap Dipesan

Semua Laptop Terbaru ASUS Akan Dilengkapi Windows 10

ASUS VivoBook 14 A442, Laptop untuk Mahasiswa dengan Intel Generasi ke-8

Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts