Facebook Messenger Kids Hadir untuk Memantau Chat Anak

Oleh Aris Wibowo updated Jumat, 08 Des 2017 | 09:42

Setelah terlalu sering mengcopy fitur dari Snapchat, baru-baru ini Facebook akhirnya perlahan merilis fitur yang benar-benar baru. Kali ini Facebook menghadirkan aplikasi perpesanan baru untuk generasi anak-anak, yakni Facebook Messenger Kids.

Kehadirkan aplikasi ini disebabkan makin berkembangnya internet dan makin banyaknya pengguna kalangan anak-anak. Facebook ingin menciptakan aplikasi chat yang aman untuk anak sehingga tetap bisa dipantau oleh orang tua. Aplikasi ini pun akan cocok digunakan untuk anak berusia 6-12 tahun. Berbeda dengan Facebook Messenger biasanya, aplikasi pesan untuk anak ini hadir dengan fitur GIF, Camera Effect, Filter dan Sticker yang khusus untuk anak.

Mirip dengan YouTube Kids, aplikasi Messenger untuk anak ini memang sedikit dimodifikasi dari versi aslinya untuk menghadirkan pengalaman yang sesuai untuk pengguna anak-anak. Facebopk Messenger Kids ini akan hadir dengan tampilan yang berwarna, beragam hingga efek animasi yang bisa dipergunakan sehingga percapakan anak Anda dan kawan-kawannya lebih menyenangkan.

Untuk bisa memantau penggunaan pesan oleh anak, aplikasi ini hanya bisa diaktifkan menggunakan akun Facebook milik orang tuanya. Seperti yang diketahui, beberapa aplikasi media sosial memang tidak mengijinkan anak-anak dibawah usia 13 tahun memiliki akun pribadi. Nantinya akun Facebook milik orang tuanya bisa digunakan untuk otentifikasi saja.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, Anda sebagai orang tua cukup memasang aplikasi Facebook Messenger Kids ini di smartphone atau tablet anak. Kemudian Log in menggunakan akun Anda. Lalu pilih mode untuk anak-anak. Walaupun menggunakan akun orang tua, anak-anak tidak akan bisa mengakses ke akun Facebook orang tuanya.

Dalam aplikasi messenger untuk anak terbaru ini, Facebook juga menghadirkan fitur keamanan baru. Nanti setiap ada akun Facebook yang ingin berteman dengan menambahkan Messenger Kids, maka akun orang tua bisa mengetahui akun yang mengajak pertemanan. Sayangnya, bila sang anak ingin mengobrol dengan teman mereka, harus dengan menambahkan akun Facebook orang tua lainnya.

Facebook sendiri menjanjikan bahwa aplikasi perpesanan ini akan nyaman untuk anak-anak bahkan tidak akan menampilkan iklan dan fitur transaksi. Facebook juga menjanjikan bahwa data anak pengguna aplikasi akan aman. Langkah ini dilakukan Facebook karena internet saat ini tidak aman bagi anak- anak. Banyak predator anak yang menjerat korbannya menggunakan media sosial.

Sayangnya, Facebook baru menggulirkan aplikasi ini untuk wilayah Amerika terlebih dahulu di perangkat iOS, sedangkan Android baru bergulir awal tahun depan.


Baca juga artikel:

Kini Kamu Bisa Kirim dan Terima Foto Beresolusi 4K Via Facebook Messenger

Aplikasi Facebook Creator, Bikin Video Makin Menarik

5 Hape Buat Anak Sekolah Harga di Bawah Sejuta

Artikel Lainnya

Komentar