Kamera Mirrorless Leica CL Dirilis dengan Desain Vintage

Oleh Aris Wibowo updated Jumat, 24 Nov 2017 | 14:39

Leica CLLeica kembali menghadirkan sebuah kamera mirrorless premium berukuran kecil bernama Leica CL. Produsen kamera asal Jerman ini mengemas Leica CL dengan desain retro atau vintage. Kamera ini akan hadir dengan spesifikasi super canggih yang membuat kamu bisa memotret kian maksimal.

Mengusung spek yang mirip dengan Leica TL2 yang dirilis tahun lalu, Leica CL memakai sensor APS-C sehingga pemrosesan foto dan video tetap cepat dan jernih. Bedanya, kamera mirrorless Leica terbaru ini menggunakan fitur integrated electronic Viewfinder. Walaupun demikian, harga kamera ini diklaim tidak akan semahal seri Leica M10.

Dengan desain retro klasik yang solid dan mewah, Leica CL mengandalkan bodi mengkotak dengan bodi berlapis sehingga memberikan kenyaman kala digenggam. Leica CL juga sudah menggunakan bodi aluminium sehingga lebih ringan. Desainnya juga cukup mungil dan tidak terlalu berat sehingga memudahkan kamu membawa kamera ini kala beraktivitas.

Bagian tombolnya cukup nyaman dan tertata rapi dengan monitor LCD 3 inci yang terpasang dibagian belakang untuk menampilkan hasil foto. Monitor ini juga bisa digunakan sebagai viewfinder. Leica CL menggunakan sensor 24MP APS-C Sensor yang dipadukan dengan prosesor maestro II sebagai image prosesor. Sensor ini bisa menghasilkan foto dengan resolusi 5952 x 3976 pixel.

Leica CL Kamera mirrorless Leica terbaru ini juga bisa menghasilkan foto dengan format JPEG dan RAW. Bahkan sudah bisa digunakan untuk merekam video 4K pada 30 fps dengan apik dan jernih. Sayangnya, kamera ini tidak dibekali image stabilization. Namun, sebagai gantinya, kamu akan mendapatkan ISO 100 hingga 55000.

Leica juga menghadirkan mode burst yang bisa mengambil gambar 3 frame dalam waktu satu detik. Sayangnya, kamera ini tidak dilengkapi dengan digital focus. Jadi kamu hanya bisa menggunakan manual focus. Kamu juga tidak akan menemukan keberadaan flash internal, sehingga harus menambahkan flash external untuk membantu memotret dikondisi gelap.

Kekurangan kamera mirrorless Leica CL lainnya tidak adanya port micro USB. Alhasil, kamu harus memindahkan hasil foto maupun video di kartu memori dengan cara mencopot kartu memori terlebih dahulu. Bila itu terasa menyulitkan, kamu bisa menggunakan aplikasi Leica mobile dan menghubungkannya melalui wifi di kamera.

Rencananya Leica CL akan dijual bersama lensa 18 mm dengan banaderol harga sekitar Rp 49 juta. 

Kriteria Spesifikasi
Lens Mount Leica L
Tipe Sensor CMOS
Ukuran Sensor 23.6 x 15.7 mm
Resolusi Kamera 24 MP
Minimum Shutter Speed 30 s
Maximum Shutter Speed 1 / 8000 s
Ukuran Layar 3 inch
Max Video Resolution 3840 x 2160 Pixel
Viewfinder Type Electronic
Supported Memory Card SD / SDHC / SDXC
Image Stabilisation Ya
Frame Rate 30, 60 fps
Tipe Baterai BP-Series
Features Wi-Fi, Live View

Baca juga artikel :

Kamera Mirrorless Terbaik Leica TL2, Ini Harga dan Spesifikasinya 

Inilah Kamera Digital Leica M10 Terbaru Yang Paling Tipis 

Leica TL, Kamera Mirrorless Penerus Leica T Khusus Kelas Entry 

Artikel Lainnya

Komentar