Seorang Remaja Vietnam Tewas Akibat Menindih Kabel Charger iPhone Saat Tidur

Oleh Aris Wibowo updated Jumat, 17 Nov 2017 | 11:27

Smartphone memang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia saat ini. Tidak heran, saat hendak tidur pun sebagian orang masih sibuk dengan smartphonenya. Beberapa diantaranya bahkan asyik menggunakan smartphone sembari mengisi baterai ponsel di malam hari. Padahal mengisi daya smartphone menimbulkan banyak resiko seperti meledak karena overcharging.

Bahkan baru-baru ini kegiatan mengisi daya smartphone saat malam hari menimbulkan korban. Seorang remaja perempuan asal Vietnam berusia 14 tahun bernama Le Thi Xoan meninggal dalam tidurnya setelah tersetrum oleh kabel charger iPhone yang tidak sesuai standar.

Kejadian naas ini terjadi di daerah Hanoi, Vietnam. Saat itu orang tua korban menemukannya di kamar tidur dan sudah tidak sadarkan diri. Namun, sayangnya setelah dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan, Le Thi Xoan sudah dinyatakan meninggal dunia.

Dalam penyidikan yang mendalam, pihak kepolisian menemukan beberapa barang bukti penyebab kematian remaja 14 tahun. Salah satu dugaan meninggalnya korban karena tersetrum oleh kabel charger iPhone 6 yang tidak standar. Diduga korban menancapkan iPhone 6 dan berbaring seperti biasa. Namun, ternyata korban menindih kabel charger iPhone.

Hal ini diperkuat hasil temuan kabel putih yang terbakar dan mengelupas di casing karet. Kabel ini nampak terlihat bagian dalamnya dan mungkin menyebabkan korban tersetrum arus listrik. Ditemukan pula selotip pada kabel yang kian mengindikasikan bahwa kabel iPhone ini bermasalah.

Polisi setempat terus melakukan penyelidikan mendalam mengenai kabel ini. Apakah kabel ini kabel charger iPhone asli atau bukan. Namun, ketika kabel yang terkelupas  itu dibandingkan dengan kabel asli iPhone, tampak jelas beberapa perbedaan, khususnya dari bagian panjang kabel. Kabel yang terbakar tampak lebih pendek dari aslinya.

Le Thi Xoan

Dari penyelidikan sementara tersebut dapat disimpulkan bahwa Le Thi Xoan mengisi baterai ponsel iPhone 6 miliknya semalaman dan tidak sengaja menindih kabel yang telah rusak tersebut ketika tidur. Sehingga korban tersetrum kabel charger yang hampir putus tersebut.

Kasus meninggalnya remaja Vietnam ini kian membuka mata pengguna gadget akan bahaya mengisi daya smartphone menggunakan aksesoris non pabrikan. Apple sendiri terkenal memiliki produk yang sensitif. Beberapa iPhone bahkan harus dan wajib diisi daya menggunakan charger asli iPhone. Pasalnya, jika tetap nekat menggunakan charge KW atau non pabrikan, iPhone akan mengalami kerusakan. Misal baterai yang tiba-tiba menggelembung atau lebih parah lagi bisa membuat smartphone meledak.

Semoga saja kasus meninggalnya remaja Vietnam ini bisa menjadi pelajaran berharga.

Baca juga artikel:

Awal 2017, Xiaomi Redmi Note 4 Meledak di Saku Celana

Sebuah Apple iPhone 6s Meledak setelah Diisi Daya Baterai

Tangan Seorang Wanita Hamil Terluka Bakar Saat iPhone 7 Meledak

Artikel Lainnya

Komentar