Firefox Quantum Resmi Dirilis dengan UI Minimalis dan Cepat

Oleh Aris Wibowo updated Senin, 20 Nov 2017 | 11:23

Tidak dipungkiri kegiatan browsing masih menjadi kebutuhan pengguna gadget saat ini. Untuk itu, beberapa pengguna internet mencari browser yang nyaman digunakan dan cocok digunakan di perangkat mobile. Apalagi dalam survey terbaru menyebutkan masih ada 40% pengguna gadget di Indonesia yang tidak puas dengan browser bawaan ponselnya.

Menyadari celah pasar yang ada, baru-baru ini Firefox menghadirkan browser baru bernama Firefox Quantum. Browser ini hadir lebih cepat dua kali dibanding browser Firefox yang dirilis 6 bulan lalu. Menariknya, browser ini sudah bisa diunduh untuk semua sistem operasi mulai Android, iOS hingga Windows, Mac dan Linux.

Browser Firefox ini memiliki banyak kelebihan dibanding browser pada umumnya seperti perbaikan lebih dari 500 bug yang membuat kinerja browser lebih meningkat. Terdapat juga teknologi bernama Quantum Compositor yang diklaim mampu mengurangi kemungkinan browser hang atau lag hingga 10%. Selain itu, teknologi Quantumm juga disebut mampu menyeimbangkan penggunaan memori yang lebih efisien sampai 30% daripada browser lainnya seperti Chrome.

Fitur browser ini juga dilengkapi dengan fitur kecepatan yang diklaim lebih kencang dua kali lipat dibanding Firefox versi 6 bulan yang lalu. Hal ini terjadi karena Firefox Quantum menggunakan User Interface baru yang disebuh UI Photon. UI ini tampil minimalis sehingga lebih cepat dan lebih halus saat me-load sebuah web. Dukungan UI baru ini kian lengkap dengan teknologi mesin browser baru.

Terdapat sejumlah fitur baru dalam browser firefox ini termasuk fitur untuk membagikan screenshots tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Terdapat juga fitus Pocket yang memungkinkan kamu menyimpan berbagai hal saat browsing dengan lebih mudah. Terdapat juga pilihan Browser Library yang berisi segala hal mulai konten favorit, bookmarks, browsing history, screenshots hingga download.

Dalam browser ini, Firefox juga menghadirkan Google sebagai default search untuk wilayah Amerika dan Kanada. Mozilla mengatakan bahwa browser Firefox Quantum ini akan mendapat 60 bahasa yang langsung terinstal serta 90 bahasa lain yang bisa diunduh. Ini membuat kamu bisa browsing lebih leluasa dan lebih luas. Mozilla juga berjanji bahwa browser terbarunya ini akan terus mendapat update agar pengguna bisa nyaman dalam kegiatan browsing hariannya.


Sebelumnya, Firefox telah merilis browser baru untuk perangkat mobile yakni Firefox Rocket. Browser Android ini menjadi salah satu browser yang diciptakan khusus untuk pasar Indonesia. Browser ini didesain sebagai browser yang ringan dan lebih hemat data dibanding browser mobile lainnya. Aplikasi ini bahkan sudah bisa diunduh di Google Play dengan ukuran hanya 2,39 MB saja.

Browser ini bahkan sudah dibekali beberapa fitur terbaik seperti fitur Turbo Mode. Fitur ini memungkinkan akses website yang lebih cepat hingga pembersihan cache untuk menjaga browser tetap kencang performanya meski membuka banyak tab. Browser ini juga memiliki fitur block image yang memungkinkan gambar tidak dimunculkan sehingga akses web lebih cepat dan tentu saja hemat kuota.

Kedua browser Firefox ini sudah bisa diunduh secara gratis di web resmi Firefox.

Baca juga artikel:

Firefox 55 Kian Cepat, Ramah RAM dan Support WebVR

Microsoft Edge Paling Hemat Baterai Dibanding Chrome dan Firefox

Mantan Petinggi Firefox Ciptakan Browser Brave yang "Ramah" Iklan

Artikel Lainnya

Komentar