Apple Akan Kurangi Keakuratan Fitur 3D Face ID dalam iPhone X

Oleh Aris Wibowo updated Kamis, 26 Okt 2017 | 14:37

face id iphone x
image via cnet.com

Apple iPhone X menjadi salah satu smartphone premium yang hadir dengan sejumlah fitur baru dibanding ponsel saat ini. Tidak tanggung-tanggung, Apple berani menghadirkan sejumlah sistem keamanan tingkat tinggi seperti fitur 3D Face Recognition hingga Face ID baru.

Untuk itulah, Apple terus mengembangkan proyek sensor dengan lebih dari 30.000 titik untuk bisa membaca wajah pengguna dengan lebih detail secara 3D. Fitur ini pun diklaim sangat aman dan lebih canggih daripada sensor sidik jari.

Sayangnya baru-baru ini, Apple mengumumkan bahwa fitur Face ID akan dikurangi keakuratannya. Apple bahkan sudah memberitahu perusahaan yang memproduksi komponen Face ID untuk mengurangi eleman dalam fitur ini agar produksi lebih mudah dan lebih cepat.

Padahal dalam teknologi Face ID ini, Apple mengklaim bahwa iPhone terbaru dengan Face ID tidak akan bisa dibuka. Bahkan kemungkinan Face ID dibobol mencapai 1 : 1.000.000. Tidak hanya itu fitur Face ID ini juga diklaim lebih aman 1: 50,000 dibanding Touch ID Fingerprint.

Fitur 3D Face ID sendiri terdiri dari 3 elemen penting yakni dot projector, flood illuminator dan kamera inframerah. Nah, dalam elemen dot projector inilah yang membuat produksi iPhone X terhambat. Pasalnya, elemen ini akan memancarkan 30 ribu lebih titik untuk memindai wajah pengguna.

Untuk itulah Apple berencana mengurangi kapasitas komponen ini. Kabarnya Apple akan mengurangi kapasitas elemen dot projector yang awalnya 30.000 titik menjadi hanya 20 – 25 ribu titik saja. Hal ini tentu akan mengurangi keakuratan dari pemindaian wajah dalam 3D Face ID.

Walaupun demikian, Apple mengklaim hal ini tidak akan memberikan efek terlalu besar pada keamanan ponsel. Memang hingga saat ini kita belum bisa melihat efek dari pengurangan keakuratan Face ID ini. Namun, bila kamu hendak membeli iPhone X karena terkesima dengan sistem Face ID, sepertinya harus berpikir ulang.

Apalagi, sejauh ini, produksi Apple iphone X memang masih terhambat karena berbagai komponen yang terlalu rumit. Langkah pengurangan produksi ini memang bukanlah yang pertama dilakukan oleh Apple. Sebelumnya saat merilis Apple AirPods,

Apple juga harus mengurangi kualitas perangkat karena permintaan produk yang banyak, namun proses produksi yang lama akibat komponen yang rumit. Apple juga sempat kebingungan dalam produsi iPhone warna khusus seperti Jet Black hingga Apple Watch.

Namun, untuk kali ini, Apple harus mengurangi kualitas komponen penting guna mengejar produksi. Kita nantikan saja peluncuran iPhone X ke pasaran. Semoga masih sesuai harapan.

Artikel baca juga:

Apple Hentikan Penjualan iPhone 7 Versi 256 GB Demi iPhone 8

Lupakan iPhone 8 dan iPhone X, Ini 7 Alasan untuk Tetap Beli iPhone 7

Mengenal Face ID iPhone X, Ini Hal yang Perlu Kamu Ketahui

Artikel Lainnya

Komentar