Google Pixel dan Pixel XL Terkena Bug SMS

Oleh Aris Wibowo updated Rabu, 18 Okt 2017 | 14:34

google pixel
image via trustedreviews.com

Di tengah euforia kehadiran varian baru Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL, muncul kabar tidak sedap yang menimpa varian lama Pixel series. Baru-baru ini sejumlah pengguna Google Pixel dan Google Pixel XL varian pertama melaporkan bahwa perangkatnya terkena bug SMS.

Bug ini membuat smartphone buatan Google ini bermasalah dan tidak bisa menerima SMS dari manapun. Google sendiri belum mengonfirmasi akan hadirnya bug ini. Namun, beberapa operator terbesar dunia sudah mengonfirmasi munculnya bug yang mengganggu layanan SMS di perangkat Pixel.

Manager Pixel Community mengungkapkan bahwa pihaknya sangat peduli akan kasus ini dan berusaha untuk segera memperbaikinya. Tidak hanya itu, sang manager juga menyarankan bahwa pengguna Pixel dan Pixel XL yang terkena bug SMS untuk mencoba me-reboot perangkat mereka untuk menghilangkan bug.

Namun jika reboot masih tidak mampu menghilangkan bug, pengguna smartphone Google disarankan untuk melakukan Factory Reset. Bila kamu hendak melakukan Factory Reset, sebaiknya pastikan kamu sudah melakukan back up data smartphone milikmu.

Jika kamu tidak ingin menunggu update dari Google untuk mengatasi bug ini, mencoba untuk me-reboot smartphone menjadi pilihan yang masuk akal. Namun, bila hal tersebut tidak bekerja, kamu bisa melakukan Factory Reset sebagai pilihan terakhir.

Sebelumnya beberapa pengguna beberapa smartphone Google (Google Pixel series, Nexus 5x dan Nexus 6p) dilaporkan bermasalah setelah update sistem operasi ke Android 7.1.2, Setelah update, banyak perangkat yang mengeluhkan sensor fingerprint mengalami error.

Kabar ini muncul dalam sebuah postingan di Forum Google Product. Beberapa pengguna mengeluhkan masalah sensor fingerprint pada seri Pixel dan Nexus yang error. Bahkan dalam postingan seorang pengguna Nexus, setelah update sistem Android 7.1.2 pada perangkatnya. Ia mendapat sebuah pesan yang mengatakan bahwa perangkat tidak bisa dikunci.

Bahkan ada pengguna yang mengeluhkan mendapat pesan bahwa “Fingerprint hardware not available”. Beberapa pengguna sudah mencoba untuk me-reboot perangkat hingga membersihkan cache. Namun, tetap saja sensor fingerprint mengalami error.

Ada juga pengguna yang coba untuk menghapus fingerprint yang sudah tersimpan dan memasukkan fingerprint baru. Namun tetap saja cara ini tidak berhasil. Ketika dimasukkan sidik jari baru, perangkat Pixel maupun Nexus dengan update sistem operasi Android versi 7.1.2 muncul pesan bahwa sensor tidak bekerja hingga silakan gunakan jari yang lain.

Semoga saja bug SMS ini tidak menyebar ke perangkat Google lainnya.

Artikel baca juga:

Google Ujicoba Fitur Putar Video Otomatis Pada YouTube Versi Android

Google Pixelbook Dirilis Bawa Era Baru untuk Laptop OS Chrome

Google Resmi Perkenalkan Google Pixel 2 XL dan Pixel 2

Artikel Lainnya

Komentar