Fitur Live Location WhatsApp Sudah Bisa Digunakan

Oleh Aris Wibowo updated Jumat, 20 Okt 2017 | 11:12

WhatsApp menjadi salah satu aplikasi milik Facebook yang cukup populer. Sayangnya, aplikasi perpesanan ini terasa kurang cepat dalam mendapat fitur baru dibanding para pesaing lainnya di kelas aplikasi perpesanan.

Walaupun demikian , WhatsApp tetap menghadirkan fitur-fitur yang lebih lengkap dibanding aplikasi lainnya. Seperti baru-baru ini, update WhatsApp menghadirkan fitur baru yakni fitur Live Location Sharing. Fitur ini memang bukanlah fitur baru pasalnya sudah digunakan sebelumnya di Google Maps hingga Facebook Messenger. Meski dirilis 7 bulan lebih lama, fitur baru ini ternyata tetap dinantikan pengguna WhatsApp seluruh dunia.

Kabarnya update WhatsApp terbaru ini sudah bisa dirasakan pengguna pada minggu depan untuk aplikasi versi Android maupun iOS. Nantinya lokasi yang kamu share akan dilindungi sistem keamanan end-to-end encrypted dan bisa kamu kontrol kepada siapa share lokasi ini dibagikan. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menentukan berapa lama share lokasi ini diaktifkan. Pengguna WhatsApp juga bisa mematikan fitur ini kapan saja dengan mudah.

Untuk mencoba menggunakan fitur Live Location Sharing ini, pengguna cukup membuka sebuah chat pada seseorang pada sebuah grup. Kemudian pilih bagian tombol attach dan klik bagian lokasi atau new share live location. Kemudian pilih lokasi yang ingin kamu bagi. Kamu juga bisa langsung mengatur berapa lama lokasi kamu bagikan. Kemudian tap send dan lokasimu sudah dibagikan.

Nantinya setelah kamu membagikan live location sharing di grup chat, semua pengguna WhatsApp di grup akan melihat lokasi yang kamu bagikan secara real time di peta. Bila ada lebih banyak orang yang membagikan live location, maka peta akan dipenuhi tanda dari teman-teman WhatsApp yang ada di sekitar lokasi tersebut. Fitur ini memang awalnya sempat dikritik banyak pihak karena membuat privasi pengguna WhatsApp tidak aman.

Sebelumnya WhatsApp merilis Emoji WhatsApp buatan sendiri. Langkah WhatsApp ini mirip dengan langkah Facebook dan Twitter yang telah menggunakan Emoji buatan sendiri. Meski ini merupakan Emoji karya sendiri, desain Emoji terbaru WhatsApp masih terinspirasi oleh Emoji Apple. Alhasil, Emoji tidak tampak jauh berbeda. Penempatan pun masih sama seperti Emoji set Apple. Yang menjadikan berbeda, WhatsApp sudah menambahkan beberapa elemen Emoji Android Oreo.

Meski terinspirasi dari Emoji, WhatsApp menambahkan berbagai hal baru agar pengguna kian nyaman dalam mengekspresikan diri kala berkirim pesan. Untuk itu, WhatsApp menambahkan kategori baru yakni New Fantasy. Setidaknya ada 6 jenis emoji baru dalam kategori ini. Tidak hanya itu, Emoji baru ini juga nampak lebih kartun dan lebih minimalis.

WhatsApp sendiri mulai menggunakan Emoji Apple dikarenakan saat ini masih banyak hp Android yang belum support Emoji Android. Alhasil, WhatsApp memilih desain ala Apple agar pengguna smartphone yang belum support emoji Android terbaru, tetap bisa melihat Emoji yang dikirim oleh perangkat baru. Dengan demikian, semua emoji akan tampak sama pada semua perangkat, baik smartphone lama maupun smartphone baru dengan Emoji WhatsApp ini.

Baca juga artikel:

Emoji WhatsApp Kini Lebih Segar dan Tertata

Update WhatsApp Hadirkan Mode Malam Pada Kamera

Update WhatsApp iOS Hadirkan Photo Filters, Albums dan Reply Shortcut

Artikel Lainnya

Komentar