DJI Rilis Zenmuse X7, Kamera Video Untuk Drone Dengan Sensor Lensa 35mm

Oleh Aris Wibowo updated Kamis, 19 Okt 2017 | 10:33

Drone menjadi salah satu perangkat yang tengah tren. Tidak hanya untuk mainan, beberapa drone juga dilengkapi dengan kamera yang berfungsi untuk merekam dari ketinggian. Sayangnya, beberapa drone masih dibekali kamera yang standar sehingga kurang maksimal untuk pembuatan video professional.

Menyadari celah tersebut, baru-baru ini pabrikan DJI merilis sebuah modul kamera video baru untuk drone bernama DJI Zenmuse X7. Ini merupakan kamera drone pertama yang menggunakan sensor lensa super 35 mm. Modul kamera ini sengaja dirancang untuk drone DJI Inspire 2.

Menariknya, tidak hanya sensor super, DJI juga membekali sistem warna khas cinema pada modul ini agar film yang dihasilkan kian sempurna. Dari sisi desain, DJI Zenmuse X7 tampil lebih kokoh dan ringan sehingga nyaman dipasang di drone. DJI menggunakan bahan berkualitas sehingga lensa bisa ditempatkan dengan lebih baik dan mudah digerakkan.

Aksesoris ini akan terdiri dari sensor 35mm yang berfungsi untuk merekam video 6K dengan format DNG RAW atau video 5,2K pada 30 fps. Kamera video drone ini juga bisa digunakan untuk merekam video 3,9K Cinema DNG RAW atau 2.7K ProRes pada 59,94 fps. Kamera ini bisa merekam video berkualitas sinema atau film layar lebar.

Sensor super 35 mm yang digunakan hadir dengan teknologi 14 dynamic range dengan kemampuan low–noise dan low light. Dengan fitur tersebut, kamera bisa merekam lebih sempurna pada kontras tinggi, lebih detail saat digunakan pada ketinggian dan tidak menimbulkan bayangan kala digunakan sejajar.

DJI Zenmuse X7 juga sudah dilengkapi dua mode exsposure. Dua mode ini membuat video yang dihasilkan bisa lebih jelas dan detail. Selain itu, DJI membekali perangkat ini dengan aplikasi editing video khusus dari DJI yakni Cinema Color System. Di Dalamnya akan terdapat fitur edit yang biasa digunakan untuk pembuatan film.

Kamera ini bisa digunakan untuk ukuran lensa 16mm, 24mm, 35mm dan 50mm yang semuanya memiliki aperture maksimal. Lensa tersebut sudah menggunakan material carbon fiber sehingga memiliki daya tahan cukup bagus dengan bobot yang ringan.

Untuk bisa mendapatkan DJI Zenmuse X7, pengguna harus merogoh dana sebesar 36 juta. Sedangkan untuk lensa berukuran 16, 24 dan 35 mm akan dijual terpisah dengan harga masing-masing 17 juta rupiah. Namun, untuk paket lengkap, DJI menjual murah perangkat ini dengan harga hanya 58 juta rupiah saja.

Artikel baca juga:

Tips Foto Udara Dengan Kamera Drone Menjadi Lebih Kreatif

6 Drone Untuk Pemula, Harga Sejutaan Punya Fitur Kamera dan Remote Control

Manfaat Filter UV Kamera Bagi Anda yang Menggunakannya

Artikel Lainnya

Komentar