Diperbaharui pada Jumat, 13 Oktober 2017 | 10:59

Apple Gunakan Layar Lipat LG Untuk iPhone 2020

iphone x
image via apple.com

Apple sukses menghadirkan perangkat iPhone X dengan sejumlah teknologi terkini dan canggih. Kini setelah ponsel tersebut sukses di pasaran, Apple dikabarkan siap membuat smartphone baru yang selangkah lebih maju dari seri X.

Memang iPhone X bukanlah akhir dari pengembangan iPhone selama ini. Namun, kabarnya dalam tiga tahun kedepan, Apple akan membuat sebuah langkah besar dalam dunia industri smartphone.

Kabar terbaru muncul dari Korea Selatan. Kabar ini bahkan diklaim akurat dan mengatakan bahwa divisi layar LG tengah mengembangkan iPhone terbaru. Perangkat iPhone terbaru ini kabarnya akan mulai dipasarkan pada 2020 mendatang. Tidak hanya divisi layar LG yang tengah sibuk mempersiapkan iPhone terbaru dalam proyek Apple. Pasalnya, pembuat parts lain seperi LG Innotek juga dikabarkan tengah mengembangkan sebuah flexible circuit untuk perangkat baru.

Divisi Layar LG memang tengah mengerjakan layar lipat OLED untuk iPhone 2020. Kabar ini bocor dari seorang pelaku industri jepang yang tidak mau disebutkan namanya. LG dilaporkan telah menyelesaikan beberapa layar OLED ini dua atau tiga tahun lalu. Namun, hingga kini LG masih berusaha melakukan berbagai uji coba dan ketahanan agar layar ini bisa digunakan dengan baik di smartphone.

Sebelumnya, iPhone X menjadi perangkat mobile buatan Apple pertama yang menggunakan panel OLED pada layar. Layar ini dikembangkan oleh divisi layar Samsung. Samsung sendiri terkenal sebagai produsen dan pemakai layar smartphone pertama yang menggunakan teknologi OLED. Jadi akan cukup menarik bila Apple sudah tidak lagi menggunakan layar Samsung dalam proyek iPhone berikutnya dan memilih menggunakan parts dari rival.

Sementara itu di pihak Samsung kabarnya akan merilis perangkat layar lipat perdananya pada tahun depan. Jika memang kabar ini benar, maka Samsung akan menyalip Apple. dua tahun lebih duluan dalam penggunaan teknologi layar lipat.Jika Samsung akan mulai menyebar layar OLED pada tahun 2018, maka Apple juga bisa menggunakan layar OLED pada iPhone 2018.

Sedangkan untuk produsen LG kabarnya akan membuat pabrik baru di Paju, Provinsi Gyeonggi, Korea pada tahun 2019 mendatang. Apple sendiri sudah menawarkan investasi lebih pada Samsung untuk pengembangan layar OLED Samsung, namun belum ada keterangan kerjasama lebih lanjut. Sementara itu, LG dan Apple sudah mencapai kesepakatan dalam hal investasi panel OLED. Namun, belum jelas juga detail dari kerjasama ini.

Kita tunggu saja perang layar lipat OLED pada beberapa tahun kedepan.

Artikel baca juga:

Cara Menghapus Akun Uber di Android dan iPhone 

Lupakan iPhone 8 dan iPhone X, Ini 7 Alasan untuk Tetap Beli iPhone 7

Beberapa iPhone 2018 Akan Gunakan Full Active LCD Panel Dari Japan Display

Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts