Update iOS 11.0.3 Dirilis dengan Sejumlah Perbaikan Bug Penting

Oleh Aris Wibowo updated Jumat, 13 Okt 2017 | 15:30

Apple memang terus berusaha mengembangkan sistem operasi miliknya, iOS, agar bisa bersaing dengan OS Android. Untuk itulah, Apple terus menghadirkan update agar pengguna iOS makin puas akan performa sistem operasi ini. Seperti baru-baru ini, Apple resmi menghadirkan update iOS 11.0.3 untuk perangkat iPhone dan iPad. Update ini akan berukuran sekitar 285 MB dan hanya bisa diunduh bila pengguna sudah menggunakan iOS 11.0.2 terlebih dahulu.

Dalam update iOS 11 ini, Apple menghadirkan sejumlah perbaikan bug yang selama ini dikeluhkan pengguna. Bug pertama ialah masalah audio dan haptic sensor pada perangkat iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Bug ini kabarnya menimpa beberapa perangkat iPhone 7 series dengan sebab yang masih belum jelas. Banyak pengguna iPhone 7 series mengeluh perangkatnya tiba-tiba tidak bisa memutar file audio tertentu hingga sensor hapticnya yang kurang maksimal.

Tidak hanya bug pada iPhone 7, dalam update iOS 11 ini, Apple juga menghadirkan bug touch respon pada beberapa unit iPhone 6s yang sudah melakukan penggantian layar menggunakan komponen tidak asli Apple. Pasalnya, beberapa unit iPhone 6s layarnya tidak bisa merespon sentuhan setelah update sistem baru. Diduga bug ini terjadi karena iPhone menggunakan komponen yang tidak resmi. Maka dalam update iOS 11 terbaru, Apple kembali mengingatkan pada pengguna untuk selalu menggunakan komponen resmi Apple khususnya bagian layar dan sensor agar iPhone kembali bisa digunakan secara normal.

Dalam iOS 11, Apple melakukan cukup banyak ubahan termasuk user interface baru, fitur AR hingga aplikasi kamera yang meningkat drastis. User interface iOS kini kian mudah digunakan. Apple menghadirkan control center untuk memudahkan penggunaan dalam satu halaman. Fitur 3D Touch pun dibuat lebih respon dan mudah diakses. Apple juga membenahi bagian lockscreen dan notification. iOS 11 juga memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar mode portrait dengan stabilisasi gambar optik dengan flash atau HDR.

Apple juga menghadirkan car mode agar pengguna bisa berkonsentrasi dalam berkendara. Mode ini memungkinkan Apple mematikan semua notifikasi. Bila ada notifikasi penting, iOS 11 akan menghadirkan balasan otomatis bahwa pengguna sedang berkendara. Selain itu, Apple juga membenahi bagian file manager yang kian tertata dan bisa terhubung dengan iCloud, Dropbox hingga OneDrive. Apple juga menghadirkan beberapa fitur baru yang sayangnya hanya berguna untuk Apple iPad Pro. Tak lupa iOS 11 juga hadir dengan mode split screen yang kian apik.

Baca juga artikel:

Update iOS 11, iPhone dan iPad Bisa Dimatikan Tanpa Tombol Power

iOS 11 Resmi Rilis, Berikut Daftar Perangkat yang Dapat Update iOS 11

10 Fitur Tersembunyi di iOS 11

Artikel Lainnya

Komentar