Update iOS 11, iPhone dan iPad Bisa Dimatikan Tanpa Tombol Power

Oleh Aris Wibowo updated Selasa, 10 Okt 2017 | 16:24

ios 11
image via iphonehacks.com

iOS 11 memang bukanlah sistem operasi yang hadir dengan banyak fitur baru. Namun, Apple menghadirkan iOS 11 lebih stabil dan lebih cepat dibanding iOS 10. Meski tidak banyak fitur baru, iOS 11 memiliki control center baru yang mampu mengatur foto atau video sehingga tidak memenuhi memori smartphone iPhone.

Bahkan dalam update iOS terbaru, Apple menghadirkan sejumlah perbaikan bug dan kestabilan performa yang baik meski digunakan pada iPhone lama. Tidak heran, sistem terbaru ini sudah digunakan lebih dari 40% perangkat iOS di seluruh dunia. Hal ini berbeda dengan perangkat Android yang hampir 80% masih menggunakan sistem operasi lama berusia 2 tahun.

Dalam update iOS terbaru, Apple memang lebih banyak menghadirkan perbaikan fitur dan sistem di permukaan saja. Namun, kalau diperhatikan lebih mendalam, ada fitur penting yang dihadirkan Apple dalam sistem operasi terbaru ini. Dengan update ini, pengguna iOS 11 bisa mematikan iPhone atau iPad dengan mudah tanpa harus menggunakan tombol power.

Memang ini merupakan scenario terburuk bila tombol power pada smartphone Apple rusak. Namun, tetap saja update untuk mematikan perangkat tanpa tombol power ini sangat penting. Pasalnya, Apple menerima berbagai keluhan bahwa tombol power iPhone mudah rusak pada seri iPhone lama.

Untuk bisa mematikan iPhone atau iPad tanpa tombol power, kamu cukup masik ke settings. Lalu masuk ke bagian General Menu. Kemudian pilih bagian Shut Down yang ada dibagian paling bawah. Klik bagian tersebut, nanti akan muncul “slide to power off”. Slide bagian tersebut maka iPhone dan iPad akan mati.

Tidak hanya fitur mematikan tanpa tombol power, Update iOS 11 hadir dengan User interface iOS yang kian mudah digunakan. Apple menghadirkan control center untuk memudahkan penggunaan dalam satu halaman. Fitur 3D Touch pun dibuat lebih respon dan mudah diakses. Apple juga membenahi bagian lockscreen dan notification.

Selain itu, Apple juga membenahi bagian file manager yang kian tertata dan bisa terhubung dengan iCloud, Dropbox hingga OneDrive. Apple juga menghadirkan beberapa fitur baru yang sayangnya hanya berguna untuk Apple iPad Pro. Tak lupa iOS 11 juga hadir dengan mode split screen yang kian apik.

iOS 11 juga memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar mode portrait dengan stabilasi gamba optic dengan flash atau HDR. Apple juga menambahkan efek loop dan bounce baru yang dapat digunakan ke Live Photos.

Apple juga menambahkan High Efficiency Image File Format (HEIF) untuk mengecilkan file foto sehingga penyimpanan foto di iPhone atau iPad lebih lega. File yang kecil tanpa mengurangi kualitas juga memudahkan pengguna untuk membaginya secara langsung.

Artikel baca juga:

Apple Selidiki Kasus Baterai iPhone 8 Plus Mengembang

10 Fitur Tersembunyi di iOS 11

iOS 11 Resmi Rilis, Berikut Daftar Perangkat yang Dapat Update iOS 11

Artikel Lainnya

Komentar