Microsoft Edge Versi Android dan iOS Resmi Dirilis

Oleh Aris Wibowo updated Jumat, 06 Okt 2017 | 11:27

Image via WindowsCentral

Beberapa hari lalu, Microsoft dirumorkan akan segera merilis browser terbaru miliknya, Microsoft Edge versi mobile. Menariknya, tidak perlu menunggu lama, Microsoft resmi merilis browser Edge untuk perangkat Android dan iOS.

Browser Microsoft terbaru ini bahkan sudah dapat digunakan di perangkat iOS, sedangkan untuk versi Android harus menunggu beberapa hari lagi sebelum bisa diunduh di PlayStore. Untuk kamu yang terbiasa menggunakan Browser ini di Windows 10, kamu masih akan menemukan beberapa fitur khas seperti Reading list, new tab page, reading view dan banyak lagi. Bedanya, browser ini tampil lebih minimalis sehingga nyaman digunakan di perangkat mobile.

Secara garis besar, Browser Microsoft Edge versi Android dan iOS akan mengusung user interface yang minimalis namun tidak jauh dari versi web. Kamu akan menemukan tombol next, forward dan tombol refresh baru. Sayangnya, untuk urusan peningkatan kecepatan internet, browser ini tidak banyak berubah. Pasalnya dari bocoran terbaru menyebutkan bahwa Microsoft Edge masih menggunakan Apple Webkit rendering engine di versi iOS dan Chromium di versi Android. Artinya, Browser Edge ini hanya sebatas kulit. Karena teknologi masih menggunakan default browser iOS dan Android.

Walaupun masih menggunakan teknologi browser bawaan Android dan iOS, Browser mobile Edge ini tetap dibekali teknologi untuk melanjutkan browsing lintas platform. Artinya, kamu bisa browsing di PC dan kemudian melanjutkan browsing menggunakan brower Edge versi mobile dengan mudah. Ini tentu menjadi keunggulan tersendiri browser Edge ini dibanding browser mobile lainnya. Apalagi, proses sinkronisasi data saat browsing diklaim cukup mudah dan cepat.

Microsoft menyadari pentingnya browsing yang cepat dan tidak boros baterai. Maka dalam update ini, Browser Microsoft ini dibekali fitur yang membuat browser kian cepat dalam meload halaman web dan tentu saja lebih hemat baterai. Tidak hanya itu, Microsoft juga menghadirkan sistem keamanan baru yang membuat pengguna bisa menyimpan password atau data penting tanpa khawatir diambil pihak tak bertanggung jawab.

Diharapkan dengan kian sempurnanya browser Edge ini, browser terbaru ini benar-benar menyalip Firefox dan Chrome dari sisi pengguna perangkat Tablet, PC hingga laptop beberapa tahun lagi. Kita nantikan saja browser edge ini dinikmati semua pengguna perangkat mobile beberapa minggu kedepan.

Baca juga artikel:

Microsoft Edge Paling Hemat Baterai Dibanding Chrome dan Firefox

Update Chrome Hadirkan Reload Page yang Lebih Cepat

Firefox 55 Kian Cepat, Ramah RAM dan Support WebVR

Artikel Lainnya

Komentar