Emoji WhatsApp Kini Lebih Segar dan Tertata

Oleh Aris Wibowo updated Rabu, 04 Okt 2017 | 16:55

Beberapa tahun ini, WhatsApp menggunakan Emoji yang mirip Emoji Apple pada semua versi WhatsApp baik Android maupun iOS. Namun, menjelang akhir tahun 2017 ini, WhatsApp siap melepas bayang-bayang Emoji Apple dengan merilis Emoji WhatsApp buatan sendiri.

Langkah WhatsApp ini mirip dnegan langkah Facebook dan Twitter yang telah menggunakan Emoji buatan sendiri. Meski ini merupakan Emoji karya sendiri, desain Emoji terbaru WhatsApp masih terinspirasi oleh Emoji Apple. Alhasil, Emoji tidak tampak jauh berbeda. Penempatan pun masih sama seperti Emoji set Apple. Yang menjadikan berbeda, WhatsApp sudah menambahkan beberapa elemen Emoji Android Oreo.

Meski teriinspirasi dari Emoji, WhatsApp menambahkan berbagai hal baru agar pengguna kian nyaman dalam mengekspresikan diri kala berkirim pesan. Untuk itu, WhatsApp menambahkan kategori baru yakni New Fantasy. Setidaknya ada enam jenis emoji baru dalam kategori ini. Tidak hanya itu, Emoji baru ini juga nampak lebih kartun dan lebih minimalis.

WhatsApp sendiri mulai menggunakan Emoji Apple dikarenakan saat ini masih banyak perangkat Android yang belum support Emoji Android. Alhasil, WhatsApp memilih desain ala Apple agar pengguna smartphone yang belum support emoji Android terbaru, tetap bisa melihat Emoji yang dikirim oleh perangkat baru. Dengan demikian, semua emoji akan tampak sama pada semua perangkat, baik smartphone lama maupun smartphone baru dengan Emoji WhatsApp ini.

Image via AndroidPolice

WhatsApp sendiri baru menggulirkan Emoji baru ini untuk program Android beta. Jadi belum jelas juga apakah Emoji ini hanya akan dirasakan oleh perangkat non Apple saja atau semua platform. Penggunaan emoji baru ini diduga langkah WhatsApp agar tidak terkena masalah hukum karena masih menggunakan emoji ala Apple.

Sebelumnya update WhatsApp terbaru menghadirkan fitur Mode malam atau night mode. Fitur mode malam pada WhatsApp mampu meningkatkan kemampuan kamera WhatsApp saat kondisi minim cahaya. Fitur baru dalam update WhatsApp ini juga bisa ditambahkan pada fitur video call sehingga pengalaman panggilan video dalam whatsapp kian nyaman. Kabarnya update ini baru akan hadir untuk sistem iOS terlebih dahulu.

Tidak hanya itu, pengembang juga akan menghadirkan fitur mencari Emoji saat chatting. Sayangnya, fitur ini baru akan tersedia untuk WhatsApp versi Beta. Nantinya dalam fitur emoji baru, pengguna bisa mengetikkan kata-kata seperti “Oke”.”cinta”.”smartphone” dan lain-lain, maka WhatsApp akan menampilkan Emoji yang sesuai dengan kata tersebut.

Semoga saja kesemua fitur baru WhatsApp tersebut akan segera dirilis dalam waktu dekat.

Baca juga artikel:

Update WhatsApp Hadirkan Mode Malam Pada Kamera

Update WhatsApp iOS Hadirkan Photo Filters, Albums dan Reply Shortcut

Update WhatsApp Terbaru Hadirkan Fitur Mirip Stories

Artikel Lainnya

Komentar