Kamera iPhone X Buat Kamera Android Tampak Kuno

Oleh Aris Wibowo updated Rabu, 04 Okt 2017 | 16:39

Image via DigitalTrends

Baru-baru ini, Apple telah memperkenalkan varian iPhone X dengan sejumlah teknologi. Salah satu teknologi yang cukup menyita perhatian ialah TrueDepth Camera dalam iPhone X.

Kamera canggih buatan Apple ini membuat kamera pada perangkat Android masa kini tampak kuno. Bahkan, analis keamanan KGI Securities, Ming Chi Kuo mengungkapkan bahwa kamera iPhone terbaru ini lebih canggih 1 – 2,5 tahun dibanding kamera smartphone Android. TrueDepth camera Apple memang cukup solid dan diprediksi akan memimpin perkembangan tren kamera hingga tahun 2019 mendatang. Dengan dukungan kamera yang berkualitas, KGI yakin iPhone akan menjadi penguasa di kelas smartphone premium beberapa tahun kedepan.

KGI securities sendiri telah merivisi perkiraan data penjualan iPhone X pada tahun 2017. Bila sebelumnya, iPhone terbaru ini diperkirakan akan dipasarkan sebanyak 40 juta unit, KGI meralat pernyataan tersebut menjadi 30-35 juta unit saja. Penurunan ini terjadi karena pasokan teknologi kamera berteknologi TrueDepth ini masih terbatas. Walaupun demikian, hal ini tidak berarti penjualan iPhone akan terhambat.

Image via MacRumor

Sistem TrueDepth kamera Apple memang terhubung dengan sistem Face ID Facial Recognition. Terdapat juga fitur face tracking and analysis yang mampu membaca wajah pengguna dengan lebih jelas dan detail. Hal inilah yang membuat produksi kamera pada iPhone X ataupun iPhone terbaru kedepannya terbatas.

Samsung dan Google sendiri juga mulai mengembangkan dan memproduksi produk kamera yang diklaim mirip dengan TrueDepth Camera Apple. Samsung bahkan dikabarkan siap merilis perangkat baru dengan Facial Recognition dalam waktu dekat. Namun, sayangnya beberapa produsen masih terbatas pada teknologi 2D Tracking yang kabarnya kurang aman dan mudah dikelabui.

Dalam perkembangan teknologi, Apple memang selangkah lebih maju dibanding produsen Android lainnya. Kalau kita lihat kebelakang, iPhone series bahkan dibekali teknologi yang lebih maju dibanding smartphone Android. Sebut saja iPhone 5s, smartphone ini lebih dulu dibekali sistem fingerprint scanner dibanding smartphone Android. Jadi tidak heran kamera TrueDepth pada iPhone X lebih unggul 2,5 tahun dibanding kamera Android saat ini.

iPhone X sendiri hadir dengan desain yang lebih segar. Ponsel iOS ini mengusung layar 5,8 inci dengan teknologi Super Retina HD dan HDR Display. Ponsel terbaru ini juga dibekali dengan chipset A11 Bionic dengan M11 motion dan Neural Engine. Untuk bagian kamera terpasang kamera 12 MP dual dengan QUAD LED. Untuk kamera depan, Apple memasang kamera depan 7 MP. Kabarnya smartphone ini baru akan dipasarkan pada akhir tahun 2017 mendatang.

Apple iPhone X 64GB
Harga termurah

Rp 18,245,000

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE 1800 / 2100 / 2600
Ukuran Layar 5.8 inch
OS Version 11
Chipset Apple A11 Bionic
Jumlah Core Hexa Core
Kecepatan CPU 2.4 GHz
GPU -
RAM 3 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera 12 MP
Resolusi Kamera Depan 1 7 MP
Kapasitas Baterai 2716 mAh

Baca juga artikel:

Mengenal Face ID iPhone X, Ini Hal yang Perlu Kamu Ketahui

iPhone X: Spesifikasi, Harga dan Ketersediaan di Pasar

10 Hp Terbaru Oktober 2107, Fitur Dual Kamera Belakang Makin Tren

Artikel Lainnya

Komentar