HMD Janji Semua Ponsel Nokia Terbaru Dapat Update Hingga Android P

Oleh Aris Wibowo updated Selasa, 03 Okt 2017 | 15:22

Image via AndroidZilla

Google telah resmi memperkenalkan sistem Android terbarunya, Android Oreo beberapa waktu lalu. Berbagai produsen smartphone pun mulai menyebarkan sistem ini ke berbagai smartphone.

Produsen HMD pun tidak ingin tertinggal dengan mulai menyebar sistem Android terbaru, Android 8.0 untuk semua smartphone Nokia produksi terbaru. Menariknya, belum usai seluruh ponsel Nokia mendapat update, baru-baru ini HMD mengumumkan bahwa semua smartphone Nokia produksi tahun 2017 ini akan mendapat upgrade hingga sistem Android P. Pengumuman ini didapat saat HMD menggelar acara peluncuran Nokia 8 di Filipina.

Melalui akun Facebook, Shannon Mead selaku Country Manager HMD Global mengungkapkan bahwa smartphone Nokia 8, Nokia 6, Nokia 5 dan Nokia 3 akan mendapat update hingga Android P. Hal ini berarti semua smartphone Nokia terbaru akan mendapat update sistem hingga dua tahun kedepan, mirip program Android One.

Hal ini memang menarik, pasalnya Google sendiri belum mengumumkan akan hadirnya sistem Android P. Perusahaan Software terbesar ini bahkan masih fokus untuk mengembangkan Android 8.0 Oreo. Alhasil kehadiran sistem baru, Android P masih jauh dari bayang-bayang. Kalaupun sistem ini memang akan hadir, pasti akan diperkenalkan dalam acara tahunan Google I/O, yang biasa terjadi pada pertengahan tahun. Jadi, Android P tidak akan hadir di smartphone Nokia sebelum tahun depan.

Image via GSMArena

HMD Chief Technology juga mengungkapkan meski Nokia hanya akan memberikan update hingga Android P saja. Walaupun demikian dikarenakan sistem bawaan Nokia bersifat terbuka, pengguna masih bisa mendapat update keamanan setiap tahunnya dari Google. Bahkan untuk antarmuka akan bisa diupdate asal mirip dengan OS stock Android. Walaupun demikian, update keamanan dan update antarmuka hanya terjadi pada perangkat Nokia dengan sistem Android terakhir Oreo.

HMD sendiri terus memasarkan produk smartphone miliknya di berbagai negara berkembang. HMD akan menghadirkan Nokia 8 atau Nokia 6 untuk kelas ponsel menengah ke atas. Sedangkan untuk kelas ponsel Android murah ada Nokia 5 dan Nokia 3. HMD global menjanjikan Nokia 6, Nokia 5 dan Nokia 3 akan mendapat update Android O pada akhir tahun. Sedangkan smartphone premium Nokia 8 akan mendapat update Android 8.0 pada akhir Oktober mendatang.

Dengan program update Android hingga 2 tahun, diharapkan smartphone Nokia kian unggul dibanding smartphone-smartphone lainnya yang hanya mendapat update hingga Android 8.0 saja.

Baca juga artikel:

Nokia 2 Siap Rilis Bersamaan dengan Speaker Wireless MD-22

Nokia 3: Fakta Menarik dan Harganya Di Indonesia

Hp Nokia 8 Punya Kamera Terbaik dari Zeiss, Harga Rp9 Jutaan

Artikel Lainnya

Komentar