Apple Pasarkan iPhone Dongle Dengan Headphone Jack dan Charging port

Oleh Aris Wibowo updated Senin, 2 Okt 2017 | 10:32

belkin rockstar iphone 7 adaptor
belkin adaptor untuk iPhone terbaru via ilounge.com

Seperti yang diketahui, perkembangan port USB setiap tahun kian menarik dan kian canggih. Hal ini pula yang mendasari Apple untuk merombak port pada varian Apple mulai generasi Apple iPhone 7. Sayangnya, hal ini membuat beberapa komponen lain harus dikorbankan. Sebut saja jack headphone 3.5 mm yang tidak ada dalam seri iPhone terbaru.

Hal ini memicu banyak pro kontra karena masih banyak yang menganggap port USB tipe lama hingga Jack Headphone 3.5 mm penting. Menyadari hal tersebut, Google merilis aksesoris Apple dongle bernama rockstar adapter. Aksesoris ini akan membuat pengguna bisa mengisi daya sekaligus mendengarkan musik melalui earphone.

Rockstar adapter sendiri merupakan aksesoris sederhana. Dalam adapter ini, terdapat dua port yakni port 3,5 mm jack headphone dan lightning port. Hal ini dianggap solusi terbaik untuk pengguna iPhone terbaru. Pengguna tidak perlu lagi repot karena bisa mendengarkan musik sekaligus mengisi daya dalam waktu bersamaan.

Adaptor ini akan lebih murah dibanding adaptor asli Apple. produsen hanya menggunakan bahan plastik pada Apple Dongle ini. Walaupun murah, port dan kabel yang digunakan cukup berkualitas. Pengguna tetap bisa merasakan pengisian daya yang sama baiknya kala menggunakan adaptor bawaan apple. Bedanya, Rockstar Adapter ini memiliki desain yang lebih besar.

Untungnya, adaptor ini sudah support iOS terbaru. Kelemahannya, saat mengguna port 3,5 mm jack hedphone, microphone pada headphone tidak akan berfungsi. Hal ini membuat adaptor kurang cocok digunakan untuk vloging. Tidak hanya menghadirkan adaptor dengan dua port, Rockstar juga menghadirkan adaptor untuk jack 3,5 mm headphone saja.

Apple Dongle ini didesain minimalis dengan kabel kuat. Jika kamu hanya menancapkan adapter baru ini atau lightning earpods ke perangkat iPhone, tidak akan terjadi apa-apa. Faktanya, iPhone akan tetap menjalankan audio dari speaker bawaan sampai headphone ditancapkan ke port 3,5 jack.

Keputusan Apple menghilangkan jack audio 3,5 mm dalam iPhone terbaru memang keputusan berat. Penghilangan ini diharapkan membuat iPhone terbaru bisa lebih berkembang. Apple bisa menempatkan sensor baru untuk kamera dan layar sentuh hingga memperbesar kapasitas baterai.

Tidak hanya itu, dihilangkannya jack 3,5 mm juga membuat smartphone iOS ini lebih tahan air. Namun, ternyata banyak pengguna iPhone yang rindu akan jack 3,5 mm. Semoga Apple dongle terbaru ini bisa memuaskan pengguna iPhone terbaru yang ingin menggunakan headphone dengan lebih mudah dan murah.

Artikel baca juga:

Apple Rilis Video Tutorial "How To Shoot On iPhone 7?"

Apple iPhone 7 dan iPhone 7 Plus Warna Merah Masuk Tanah Air, Harganya?

Evolusi iOS Apple Dari Masa ke Masa

Artikel Lainnya

Komentar