Beberapa iPhone 2018 Akan Gunakan Full Active LCD Panel Dari Japan Display

Oleh Aris Wibowo updated Senin, 02 Okt 2017 | 11:03

apple iphone x
image via apple.com

Apple dilaporkan tertarik untuk bekerjasama untuk menggunakan layar LCD canggih untuk digunakan pada perangkat iPhone yang akan diproduksi tahun depan. Menurut laporan dari Wall Street Journal, layar itu merupakan buatan dari perusahaan asal Jepang, yaitu Japan Display.

Sebelumnya, Apple resmi meluncurkan flagship terbaru produk iPhone miliknya yaitu iPhone X. Iphone merupakan smartphone pertama yang mengadopsi teknologi layar OLED. Walaupun kinerja layar tersebut dikatakan sangat memuaskan, karena mampu menampilkan warna yang lebih kontras dan lebih terang dari panel LCD biasa.

Tapi, masalah harga dan suplai produk yang dianggap sangat terbatas membuat Apple harus mempertimbangkan kembali penggunaan layar OLED tersebut. Apple khawatir hal ini akan membuat transisi untuk pengembangan teknologi baru miliknya menjadi terhambat akibat hal ini.

Layar buatan Japan Display yang dinamakan Full Active LCD ini dikatakan sangat sesuai bahkan melebihi sejumlah kemampuan yang dipunyai layar OLED, terutama dalam masalah harga karena dinilai lebih murah. Apple tertarik untuk menggunakannya setidaknya untuk beberapa iPhone yang akan masuk ke jajaran produk smartphone baru di tahun 2018.

Japan Display sendiri mengklaim pada panel Full Active LCD-nya, bezel atau ruang pembatas di bagian tepi layar telah dipangkas menjadi hanya 0.5 milimeter. Nilai itu jauh lebih kecil dari layar LCD biasa yang membutuhkan beberapa millimeter, bahkan layar OLED masih mempunyai ruang sekitar 1 milimeter. Hal ini membuat layar OLED lebih mudah melengkung atau miring.

Menurut Kazutaka Nagaoka, kepala unit mobile Japan Display, panel Full Active milik Japan Display sekarang telah digunakan oleh beberapa produsen ponsel asal China. Salah satunya adalah Xiaomi yang menggunakannya untuk produk Mi Mix-2.

Kabar mengenai panel LCD canggih buatan Japan Display pertama kali muncul di bulan Januari tahun ini. Panel ini dikatakan memiliki lapisan plastik di dalam kaca yang membuatnya cukup fleksibel untuk disematkan pada smartphone dengan desain melengkung seperti Samsung Galaxy Edge Series. Saat itu, perusahaan mengklaim kalau mereka akan mulai melakukan produksi massal pada tahun 2018.

Nantinya, 70 persen unit bisnis smartphone dan smart device Japan Display di seluruh dunia akan didominasi oleh produksi panel LCD full Active. Hal ini akan terus dilakukan sampai bulan Maret 2019. Dari rumor yang beredar, Apple akan meluncurkan produk iPhone dengan ukuran layar LCD besar hingga lebih dari 6 inci tahun 2018.

Nantinya, panel buatan Japan Display akan disematkan pada iPhone tersebut, sehingga penggunaan layar OLED bisa dikatakan tidak akan bertahan lama. Sayang, hingga saat ini Apple belum menkonfirmasi kebenaran informasi penggunaan LCD Full Active ini.

Untuk informasi, layar OLED yang digunakan Apple pada iPhone X merupakan produksi dari Samsung. Panel ini sendiri dibanderol seharga USD 110 per unitnya. Dibandingkan dengan layar LCD, nilai tersebut mencapai dua kali lipat karena layar LCD hanya ditawarkan seharga USD 50-55 per unitnya.

Artikel baca juga:

Mengenal Face ID iPhone X, Ini Hal yang Perlu Kamu Ketahui

GooPhone X, Ponsel Tiruan iPhone X Sudah Dijual Fitur Ala Kadarnya

iPhone X: Spesifikasi, Harga dan Ketersediaan di Pasar

Artikel Lainnya

Komentar