Update Google Android Messages Hadirkan Fitur Smart Replies dan UI Baru

Oleh Aris Wibowo updated Jumat, 29 Sep 2017 | 12:36

Untuk kamu yang gemar menulis pesan, aplikasi perpesanan seperti Allo, WhatsApp dan Facebook Messenger menjadi yang paling sering digunakan dibanding aplikasi perpesanan bawaan smartphone.

Hal inilah yang membuat Google terus mengembangkan aplikasi perpesanan miliknya, Google Android Messages. Bahkan baru-baru ini beredar kabar bahwa aplikasi Google ini akan mendapat update terbaru yang diklaim sangat bermanfaat. Dalam sebuah screenshoot terbaru, tampak jelas aplikasi ini mendapat tampilan baru yang cukup segar. Google bahkan merombak bagian attachments agar mudah digunakan. Tidak hanya itu, Google juga menambahkan beberapa fitur baru seperti Smart Replies yang sangat dinantikan banyak pengguna smartphone.

Fitur Smart Replies sendiri sudah diperkenalkan sejak bulan Juni lalu oleh Google pada aplikasi Allo dan Gmail. Namun, untuk aplikasi perpesanan, Google masih mengembangkan fitur ini agar nyaman digunakan. Sama seperti fitur smart Replies pada aplikasi Allo maupun Gmail, dalam Google Android Messages, pengguna akan mendapat 3 pilihan untuk membalas sebuah pesan yang masuk. Nantinya, Google akan memberikan 3 pilihan jawaban berdasarkan kebiasaan pengguna yang telah dioleh oleh Google Machine Learning. Kamu cukup tap pilihan jawaban yang kamu inginkan. Tentu ini memudahkan pengguna dalam berkomunikasi.

Tidak hanya menghadirkan fitur baru, Google juga menghadirkan ubahan pada user interface Android Messages. Dalam screenshoot yang tampak, muncul penampakan bagian kolom attachements baru. Bila banyak aplikasi perpesanan menggunakan tampilan vertikal, aplikasi Google ini justru menggunakan tampilan horizontal.

Perubahan ini sangat menarik karena akan memudahkan pengguna dalam menambahkan sesuatu ke dalam pesan. Kamu bisa menambahkan stiker, foto, gambar, merekam suara hingga membagikan lokasi dengan lebih cepat dan mudah. Berbeda dengan aplikasi perpesanan lain yang hanya menampilkan satu bagian per bagian. Memang perubahan ini tidak terlalu baru, namun sangat membantu pengguna dalam berkirim pesan.

Terakhir, selain fitur dan tampilan baru, Google juga menghadirkan tweak yang diklaim membuat aplikasi pesan ini kian halus dan responsive kala digunakan. Tweak ini membuat pengguna tidak perlu khawatir aplikasi hang bila ada banyak pesan masuk.

Sayangnya hingga saat ini Google belum memberikan keterangan resmi akan bocoran terbaru Android Messages. Namun, kabarnya fitur terbaru ini sudah diujicoba oleh beberapa grup pengguna di beberapa negara. Kita nantikan saja beberapa minggu kedepan.

Baca juga artikel:

5 Fitur Terbaru Google, Berbahasa Indonesia hingga Rute Ganjil Genap

Aplikasi YouTube Go dan Google Assistant Resmi Masuk Indonesia

Update Android Oreo Sebabkan Aplikasi Alarm Bermasalah

Artikel Lainnya

Komentar