Ciri Khas Twitter Berubah, Sekarang Kita Bisa Tweet Sampai 280 Karakter!

Oleh Rizki Abadi updated Kamis, 28 Sep 2017 | 15:45

twitter
image via chicagotribune.com

Terbatasnya jumlah karakter tulisan yang bisa ditulis di Twitter tentu menberi masalah tersendiri bagi para penggunanya. Contohnya, kita menjadi tidak bisa menuangkan suatu ide ke dalam satu cuitan Twitter. Atas dasar itu, Twitter mengumumkan akan menambah karakter Tweets menjadi dua kali lipat menjadi 280 karakter.

Twitter menyebutkan telah menguji batas 280 karakter ini, jumlah tersebut menggandakan batasan panjang karakter cuitan yang sudah ada sejak perusahaan tersebut berdiri 11 tahun lalu. Menurut Twitter, ada banyak penggunanya yang kesulitan untuk menyampaikan idenya hanya karena keterbatasan karakter yang dimiliki Twitter dan kendala bahasa yang dimilikinya.

Misalnya, ketika seorang pengguna melakukan tweet dalam suatu bahasa, mungkin mereka bisa menulis cuitan dalam batasan 140 karakter, tapi pada prosesnya tidak semudah yang dibayangkan. Seringkali pengguna harus mengedit tweet agar sesuai dengan batas karakter tersebut. Terkadang pengguna juga harus menghapus sebuah kata yang mempunyai makna penting, atau pada akhirnya mereka malah tidak jadi mempost tweet tersebut.

Tes ini sendiri tidak dilakukan kepada semua pengguna Twitter, melainkan hanya tersedia untuk sebagian kecil pengguna dan berlaku untuk bahasa selain bahasa Jepang, Korea, dan China. Hal ini disebabkan karena menurut Twitter, dalam bahasa-bahasa tersebut, pengguna bisa menyampaikan lebih banyak informasi penting dalam satu karakter sesuai keinginan penulis kepada orang lain.

Karena itu, terkadang pengguna Twitter dari negara-negara tersebut bisa menyampaikan lebih dari satu pesan penting dalam satu kali cuitan. "Kami baru saja melakukan sebuah percobaan dengan memberikan batas karakter yang lebih panjang pada bahasa yang dipengaruhi oleh adanya batas karakter sebelumnya.

Hal ini terjadi kepada semua bahasa (kecuali bahasa Jepang, Cina, dan Korea),” kata Aliza Rosen, Product Manager Twitter. Perubahan besar terkait penghitungan karakter ini bukanlah yang pertama kali dilakukan oleh Twitter. Sebelumnya Twitter juga telah melakukan perubaan, di mana mereka sudah tidak lagi menghitung url atau link foto, video, polling dan hal lainnya.

Meskipun begitu, sejak dulu, pengguna Twitter telah menemukan cara kreatif untuk mengatasi pembatasan karakter ini, seperti dengan hanya mempost tulisan yang dibuat di media lain atau membuat frasa lain yang penyebutannya masih relevan dengan ucapan aslinya.

Bagaimana dengan Indonesia?

twitter
pengguna Twitter mulai menggunakan fitur 280 karakter Tweet via businessinsider.com

Seperti yang sudah disebutkan kalau negara yang mendapat perubahan ini adalah untuk negara yang mempunyai bahasa selain bahasa Jepang, Korea, dan China. Di Indonesia sendiri fitur ini sudah mulai digunakan. Perusahaan yanh berbasis di San Francisco, Amerika Serikat ini mengatakan dalam sebuah posting blog bahwa sembilan persen dari semua tweet dalam bahasa Inggris telah melewati batas 140 karakter, dibandingkan dengan hanya 0,4 persen tweet dalam bahasa Jepang.

"Hal ini juga terjadi di semua pasar (negara), sekarang pengguna kami tidak harus menjejalkan pikiran mereka ke dalam 140 karakter dan benar-benar bisa menyampaikannya sekaligus. Kami melihat sudah ada lebih banyak orang melakukan Tweeting, ini mengagumkan!" ucap postingan blog itu.

Sementara itu, bos pendiri sekaligus CEO Twitter, Jack Dorsey menyebutkan kalau penambahan karakter ini hanyalah sebuah perubahan kecil, tapi menjadi langkah besar bagi Twitter. “140 (karakter) adalah pilihan yang seenaknya bila didasarkan dengan batas SMS yang 160 karakter. (Saya) bangga dengan seberapa bijaksana tim kami dalam memecahkan masalah sebenarnya yang dimiliki orang saat mencoba untuk Tweet. Dan pada saat mereka tetap bisa menjaga keringkasan, kecepatan, dan esensi pesan yang disampaikan!,” kata Dorsey dalam akun Twitter pribadinya.

Meski mengakui kalau ciri khas mereka berubah dan tidak semua penggunanya senang dengan perubahan ini. Tapi Twitter mengatakan hal ini tidak menjadi masalah, karena batas karakter baru sebenarnya masih cukup singkat dan tidak terlalu panjang.

Baca juga artikel :

Tweeple, Aplikasi Ini Cocok Buat Twitteran di Lokasi Minim Sinyal dan Kuota

Update Twitter Terbaru Ubah Batasan 140 Karakter Tweet

Update Twitter Baru, Bebaskan Foto, Video Dari Batas 140 Karakter

Komentar