ASUS ROG Master Indonesia 2017: Megah, Mewah dan Meriah

Oleh Nur Abdillah updated Rabu, 20 Sep 2017 | 01:05

ASUS rog master indonesia 2017
ASUS ROG Master Indonesia 2017 menjadi kompetisi game terbesar yang diikuti 600 tim lebih dari seluruh Indonesia untuk memperebutkan total hadiah ratusan juta rupiah dan mewakili Indonesia di event internasional.

Tanggal 16-17 September 2017 lalu, ada suasana yang berbeda di Ciputra Artpreneur Theater. Tidak seperti hari biasanya, saat itu lokasi tersebut didatangi ratusan anak muda yang terlihat cukup bersemangat menuju lantai 13. Yup, pada hari itu ternyata tengah berlangsung babak grand final ASUS ROG Masters Indonesia 2017, sebuah perhelatan kompetisi eSports termegah di Indonesia.

Mereka datang untuk menyaksikan dan mendukung 8 tim eSport profesional yang berhasil lolos dari babak semifinal dan akan bertanding di babak Grand Final. Kedelapan tim tersebut terdiri dari 4 tim yang bertanding game DOTA2 dan 4 tim Counter Strike: Global Offensive (CS:GO). 4 tim eSports yang bertanding pada game CS:GO di babak Grand Final adalah RECCA, DDS, AKARA, dan BOOM ID. Sementara 4 tim eSports yang akan bertanding pada game DOTA2 adalah BOOM ID, EVOS, RRQ, dan UG.INFINITE.

Mereka merupakan tim terbaik, karena telah berhasil lolos dari babak kualifikasi ASUS ROG Masters Indonesia 2017 yang telah digelar di 4 kota besar yakni Bandung, Surabaya dan Medan dan Jakarta. Selain itu, ada pula kualifikasi yang digelar secara online sebanyak dua kali. 

Di Jakarta, mereka harus bersaing untuk menjadi yang paling terbaik. Tidak hanya memperebutkan hadiah uang tunai senilai Rp50 juta untuk masing-masing tim pemenang pertama, tapi tim terbaik akan mendapatkan tiket untuk menjadi perwakilan Indonesia melawan negara-negara lain dalam kualifikasi Asia Pasifik (APAC Qualifier) yang akan diadakan pada tanggal 26-29 Oktober 2017 di Manila, Filipina.

Megah dan Meriah

asus rog master indonesia 2017
Pricebook yang turut menghadiri perhelatan ASUS ROG Master Indonesia 2017 cukup terpukau dengan segala sesuatu yang disiapkan penyelenggara, dalam hal ini adalah tim ASUS. Khusus untuk sesi grand final ini, ASUS memang telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan sebaik mungkin. Mulai dari pemilihan tempat acara hingga pengaturan sistem registrasi yang canggih dan modern.

Meski dihadiri banyak orang, namun sistem pengaturan yang rapi membuat proses event berjalan lancar tanpa adanya antrian yang mengular. Pemilihan Ciputra Arpreneur sebagai tempat pelaksanaan pun bukan tanpa alasan. Dengan total 1.200 seat yang disediakan di ruangan theater, tentu tempat ini memungkinkan kompetisi dapat berjalan megah.

Apalagi dengan tata panggung yang diseting sedemikian rupa membuat suasana pertandingan semakin meriah. Dan yang paling penting adalah penonton yang menyaksikan tim yang sedang bertanding merasa nyaman.  

Memajukan Industri Game di Indonesia

galip fu
Babak grand final ASUS ROG Master Indonesia 2017 dimulai dengan pembukaan oleh Galip Fu, Country Marketing Manager ASUS Indonesia. Dalam sambutannya, Galip Fu mengatakan bahwa kompetisi ini merupakan salah satu cara ASUS untuk meramaikan serta memajukan industri game di Indonesia. Dan kejuaraan ini menjadi semacam tantangan untuk membuktikan seberapa hebat kemampuan yang dimiliki para gamers di Indonesia.

“Kami menyeru kepada seluruh gamer di Tanah Air untuk bersama kami menjadi bagian dalam ASUS Republic of Gamers. Melalui kompetisi ini, kalian turut berperan serta untuk memajukan industri game di Indonesia,” tambah Galip Fu.

Galip Fu juga merasa sangat senang akhirnya ASUS ROG Masters telah sampai pada babak grand final. Selain itu, ia juga sangat bangga dan mengapresiasi antutiasme para gamer di Indonesia untuk mengikuti ajang tersebut.

ASUS ROG Master Indonesia 2017

asus rog master indonesia 2017
ASUS ROG Masters merupakan ajang kompetisi untuk game DOTA 2 dan CS:GO termegah di Indonesia. Secara keseluruhan, total tim yang telah mendaftarkan diri untuk bergabung dalam kompetisi ASUS ROG Master Indonesia 2017 mencapai 606 tim yang berasal dari seluruh Indonesia.

Pendaftaran kompetisi ASUS ROG Masters Indonesia 2017 sendiri telah dibuka pada 26 Mei 2017 melalui website ROG Masters Indonesia. Disitu pesert juga dapat mempelajari seperti apa ketentuan atau rules perlombaan yang diberikan. Selain website, informasi juga bisa diakses melalui laman YouTube resmi ASUS Indonesia serta FanPage ASUS Republik of Gamers Indonesia.

Kemudian dilanjutkan dengan babak kualifikasi ASUS ROG Masters Indonesia 2017 yang telah digelar di 4 kota besar yakni Bandung, Surabaya dan Medan dan Jakarta. Selain itu, ada pula kualifikasi yang digelar secara online sebanyak dua kali. Hingga pada akhirnya pada saat grand final telah terdapat 8 tim eSports dari DOTA2 dan Counter Strike: Global Offensive (CS:GO) yang berhasil lolos dari babak Semifinal dan bertanding di babak Grand Final di Jakarta.

Adapun 4 tim eSports akan bertanding pada game CS:GO di babak Grand Final adalah RECCA, DDS, AKARA, dan BOOM ID. Sementara 4 tim eSports yang akan bertanding pada game DOTA2 adalah BOOM ID, EVOS, RRQ, dan UG.INFINITE.

Sekadar informasi, event ROG Masters sebelumnya hanya diadakan secara online saja. Namun karena antusiasme yang begitu tinggi dari para gamer di seluruh Indonesia, akhirnya kompetisi ini akan turut diselenggarakan secara offline di empat kota tersebut.

Tim yang berhasil menjadi juara telah disiapkan total hadiah ratusan juta rupiah dan tiket untuk mengikuti APAC Qualifier dan ROG Masters Grand Finals 2017. Dimana pada perhelatan puncak ROG Master Grand Finals 2017 seluruh tim dari sejumlah negara akanmemperebutkan hadiah total 1 juta USD atau setara Rp13,5 miliar.

Pemenang ASUS ROG Master Indonesia 2017

Asus rog master indonesia 2017
Kedelapan tim yang terdiri dari 4 tim yang bertanding game DOTA2 dan 4 tim Counter Strike: Global Offensive (CS:GO). 4 tim eSports yang bertanding pada game CS:GO telah menyelesaikan pertandingan. di babak Grand Final adalah RECCA, DDS, AKARA, dan BOOM ID. Sementara 4 tim eSports yang akan bertanding pada game DOTA2 adalah BOOM ID, EVOS, RRQ, dan UG.INFINITE.

Pada babak Grand Final ini, dibuka oleh pertandingan CS:GO antara RECCA dan BOOM ID yang berhasil dimenang oleh Recca eSPort. Setelah itu dilanjutkan dengan pertandingan DOTA2 antara BOOM ID dan UG.INFINITE. Dan di hari kedua dilanjutkan dengan pertandingan CS:GO antara AKARA dan DDS serta pertandingan game DOTA2 antara lain EVOS dan RRQ.

Setelah melalui pertandingan yang berlangsung sengit, akhirnya AKARA dan BOOM ID berhasil mengalahkan lawan-lawannya dan merebut gelar Juara 1 untuk pertandingan game CS:GO dan DOTA2. Dengan demikian tim AKARA akan menjadi perwakilan Indonesia dalam kualifikasi Asia Pasifik (APAC Qualifier) yang akan diadakan pada tanggal 26-29 Oktober 2017 di Manila, Filipina.

Dikualifikasi APAC ini, AKARA akan bersaing dengan tim-tim perwakilan dari negara lain, seperti Australia (diwakili Grayhound Gaming), Jepang (SZ Absolute), Korea (MVP PK), Malaysia (Fire Dragoon eSport), Filipina (Mineski), Singapura (One time Wonder), Thailand (Signature Gaming), Vietnam (Vikings Gaming) dan beberapa negara lain yang belum menyelesaikan babak grand final.  

Hadiah ASUS ROG Master Indonesia 2017

Asus rog master indonesia 2017
Tim-tim yang lolos merupakan yang terbaik, karena telah berhasil lolos dari babak kualifikasi ASUS ROG Masters Indonesia 2017. Dan dua tim yang berhasil meraih juara 1, dalam hal ini adalah AKARA (CS:GO) dan BOOM ID (DOTA2), masing-masing tim pemenang berhak mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp50 juta, Trophy ROG Masters Indonesia Grand Final 2017, serta tiket dan akomodasi untuk maju ke APAC Qualifier (kualifikasi Asia Pasifik) di Manila, Filipina.

Sementara itu, Juara ke-2 untuk CS:GO diisi oleh RECCA yang berhak mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp20 juta, disusul oleh DDS dan BOOM ID untuk Juara 3, yang masing-masing mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp7,5 juta. Dan untuk Juara 2 dari game DOTA2 ditempatkan oleh RRQ yang mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp20 juta, disusul oleh EVOS dan UG.INFINITE yang masing-masing mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp7,5 juta.

“Dalam kompetisi ini, selain kebanggaan bagi siapapun yang berhasil menjuarainya, kami sudah menyiapkan total hadiah ratusan juta rupiah dan tiket untuk mengikuti APAC Qualifier dan ROG Masters Grand Finals 2017 yang memperebutkan hadiah total 1 juta USD atau setara Rp13,5 miliar,” ujar Galip.

Pilihan Laptop ASUS ROG di 2017

Asus rog master indonesia 2017
Untuk mengikuti turnamen ini tentu dibutuhkan perangkat gaming yang sanggup menjalankan semua genre game dalam kualitas tertinggi. Sebagai penyelenggara tentu ASUS juga memiliki sejumlah perangkat gaming tangguh yang siap digunakan para peserta.

“Baru-baru ini, kami juga meluncurkan perangkat gaming yang mumpuni  seperti  ASUS ROG Zephyrus GX501 yang dipersenjatai dengan prosesor Intel Core i7 dan kartu grafis Nvidia GTX1080 Max-Q Design di dalam sebuah laptop dengan ketebalan hanya 16,9mm dan bobot 2,2 kg, untuk para gamer sejati yang menginginkan performa hebat dengan ukuran bodi yang ramping,” kata Galip Fu.

Menurut Galip. dengan ukuran dan bobot seperti itu, ASUS ROG Zephyrus GX501 pun berhasil dinobatkan sebagai laptop gaming tertipis di kelasnya. Selain itu, ASUS juga masih memiliki beberapa laptop gaming dalam ASUS ROG. Berikut pilihannya:

ASUS ROG Strix GL553VD

Asus ROG Strix GL553VD
Merupakan laptop gaming dengan budget  yang tidak mahal-mahal amat jika dibandingkan dengan laptop seri ROG lainnya. Kalau dilihat dari spesifikasinya, rasanya harga 15 juta-an ini pantas untuk kamu rogoh dari kantong.

Bagaimana tidak, laptop gaming ASUS ini diotaki prosesor Intel i7 generasi ke-7 Kaby Lake dengan clock 2,8 GHz, memori RAM 16GB DDR4, video grafis nVIDIA GeForce GTX 1050 dengan memori 4GB dan dual storage SSD 128GB untuk sistem dan HDD 1TB untuk meyimpan file multimedia dan game kamu.

Asus ROG GL553VD-FY280D
Harga termurah

Rp 13,049,000

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 15.6 inch
Resolusi Layar 1920 x 1080 Pixel
OS DOS
Tipe Prosesor Core i7
Nomor Prosesor 7700HQ
RAM 8 GB
Kapasitas HDD 1 TB
Kartu Grafis NVIDIA
Tipe Kartu Grafis GTX1050
Graphic Card Memory Size 4 GB
USB 3.0 2 Port(s)

ASUS ROG GX800

Asus rog gx800
Laptop dengan pendingin watercooling terpisah ini memiliki warna metallic grey atau abu-abu mengkilap. Pada bagian tengah, terdapat logo ASUS beserta dua garis tegas dengan sudut kemiringan sekitar 70 derajat yang bisa menyala dengan sangat keren.

Kartu grafis yang digunakan bertipe 2 Way SLI GTX1080. Maksudnya, pada ASUS ROG GX800 terdapat dua buah VGA card GTX 1080 yang ditanam di dalam tubuhnya, kemudian performa dan kinerja dari keduanya digabungkan untuk menghasilkan satu kekuatan yang lebih besar.

Satu buah Nvidia GTX 1080 sendiri sudah memiliki kekuatan yang sangat gahar, bayangkan bila ada dua buah GTX1080 yang kekuatannya digabungkan. Secara spefikasi GTX 1080 memiliki CUDA Core sebanyak 2560, sedangkan base clock-nya 1607 MHz dan boost clock 1733 MHz.

Asus ROG GX800VH
Harga termurah

Tidak ada harga

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 18.4 inch
Resolusi Layar 3840 x 2160 Pixel
OS Windows 10
Tipe Prosesor Core i7
Nomor Prosesor 7820HK
RAM 64 GB
Kapasitas HDD -
Kartu Grafis NVIDIA
Tipe Kartu Grafis GTX 1080
Graphic Card Memory Size 16 GB
USB 3.0 3 Port(s)
 

ASUS ROG Zephyrus GX501

Asus rog zephyrus
Salah satu kelebihan utama dari ASUS ROG Zephyrus GX501 adalah laptop gaming yang dilengkapi kartu grafis GTX 1080 tertipis di dunia dengan ketebalan hanya 1,69cm. Berkolaborasi dengan Nvidia melalui kartu grafis terbaru bernama Nvidia Max-Q yang didesain khusus untuk laptop gaming masa depan dengan bodi ultrabook.

Performa gaming terasa maksimal dengan prosesor Intel Generasi ke-7 Core i7-7700HQ disertai sokongan kartu grafis Nvidia Max-Q GTX 1080 dengan video memori 8GB GDDR5. Kartu grafis ini memiliki performa 1,8 kali lebih tinggi dari GPU Nvidia GTX 1060, yang di setting untuk memainkan game level AAA pada grafis 4K pada preset tertinggi.

Asus ROG Zephyrus GX501VI
Harga termurah

Tidak ada harga

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 15.6 inch
Resolusi Layar 1920 x 1080 Pixel
OS Windows 10
Tipe Prosesor Core i7
Nomor Prosesor 7700HQ
RAM 24 GB
Kapasitas HDD 1 TB
Kartu Grafis NVIDIA
Tipe Kartu Grafis GTX 1080
Graphic Card Memory Size -
USB 3.0 -

ASUS ROG Strix GL502VS

Asus rog strix GL502VS
Asus ROG Strix GL502VM dipersenjatai spesifikasi tinggi dengan beberapa pembaruan dari aspek jeroan internal hingga penampilan luarnya. Model teranyar dari ROG Strix 15 inci ini hadir dengan prosesor Intel Core i7 generasi ke-7 yakni Intel Core i7-7700HQ yang memiliki kecepatan mencapai hingga 3.6GHz. Prosesor ini akan dipadukan grafis Nvidia GTX1070 8GB GDDR5 dengan 32GB DDR4 RAM. Termasuk mengintegrasikan sistem operasi Windows 10 untuk memudahkan user dalam penggunaannya.

Sementara penyegaran secara tampilan diimplementasi melalui desain warna LID cover hingga bagian dalam keyboard yang berubah menjadi silver. Jika dilihat dari beberapa sudut yang berbeda, panel aluminium pada cover notebook ini memberikan pantulan cahaya berkilau yang sangat mewah. Dengan ketebalan 23,5mm dan bobot hanya 2,2Kg ASUS ROG STRIX GL502VM merupakan salah satu notebook gaming tertipis di kelasnya.

Asus ROG STRIX GL502VM
Harga termurah

Tidak ada harga

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 15.6 inch
Resolusi Layar 1920 x 1080 Pixel
OS Windows 10
Tipe Prosesor Core i7
Nomor Prosesor 7700HQ
RAM 16 GB
Kapasitas HDD 1 TB
Kartu Grafis NVIDIA
Tipe Kartu Grafis GeForce GTX1060
Graphic Card Memory Size 6 GB
USB 3.0 3 Port(s)

Daftar Laptop ASUS ROG Populer Lain:

Nama Harga di Pasaran
Asus ROG GL552JX-XO139D Rp 11,799,000
Asus ROG GL552VX-DM018D Rp 12,599,000
Asus ROG G752VY-GC346T Rp 35,719,000
Asus ROG GL552VX-DM409T Rp 11,480,000
Asus ROG G501JW-CN117H Rp 15,499,000
Asus ROG GL552VW-CN461D Rp 14,422,000
Asus ROG G550JX-CN085H Rp 15,499,000
Asus ROG G501VW-FY173T Rp 17,399,000
Asus ROG G551VW-Fi157T Rp 16,000,000
Asus ROG G701VIK-GB065T Rp 64,000,000
Asus ROG G550JK-CN534H Rp 15,000,000

Baca juga artikel :

Laptop Gaming Spek Tinggi Asus ROG Strix GL502VM, ini Skor Benchmarknya! 

Harga Asus ROG G701VIK dan 4 Laptop RAM Besar ini Bikin Kantong Tipis 

ASUS ROG Zephyrus, Laptop Gaming Desain Fashionable 

Artikel Lainnya

Komentar