Review Wiko UPulse: Desain Lebih Segar dengan Layar Besar

Oleh Nur Abdillah updated Rabu, 11 Okt 2017 | 15:53

Wiko UPulse
Wiko UPulse hadir dengan harga terjangkau dan sudah dibekali kamera 13MP, RAM 3GB dan layar 5,5 inci berjenis IPS.

Sama seperti Wiko Harry, hp RAM 3GB Wiko UPulse sudah didukung dengan fitur terkini. Desainnya ramping dengan penggunaan layar lengkung 2,5D berukuran 5,5 inci yang mempercantik tampilannya. Wiko UPulse sudah berjalan dengan OS Android Nougat yang menjadi versi paling anyar saat ini.

Dipasarkan dengan harga terjangkau, Wiko UPulse juga turut dibekali spesifikasi mumpuni. Mulai dari penggunaan prosesor Mediatek berkecepatan 1,3Ghz yang akan disokong memori RAM 3GB hingga memori internal 32GB.

Untuk lebih jelasnya, berikut hasil review Wiko UPulse yang dilakukan Pricebook:

Desain

Wiko UPulse

Wiko UPulse memiliki desain yang kekinian. Mengusung layar lebar berukuran 5,5 inci, Wiko juga sudah menggunakan layar lengkung 2,5D yang membuat tampilannya terlihat modern dan menarik. Apalagi Wiko UPulse juga mengusung desain yang terbilang ramping dengan sudut membulat.

Desain yang sedikit lengkung juga diterapkan pada sisi cover belakangnya. Desain lengkung di sisi belakang ini memungkinkan Wiko UPulse cukup nyaman saat dipegang. Hanya saja, cover belakang ini sangat rentan terhadap jejak jari saat digunakan.

Untuk menyiasatinya, Wiko telah menyediakan sebuah case transparan yang dibundling dalam paket penjualannya. Penggunaan case ini memang membuat perangkat sedikit lebih tebal, namun jauh lebih baik dibanding melihat jejak jari yang mengganggu. Dibagian belakang, Wiko UPulse juga menempatkan kamera utama dengan lampu LED dan sensor sidik jari dibawahnya.

Hal yang cukup menarik, cover belakang Wiko UPulse mengusung konsep lepas pasang. Dan Wiko menempatkan kartu SIM, baterai dan kartu memori microSD didalamnya. Jadi untuk memasang kartu SIM atau microSD, Anda harus membuka cover belakang terlebih dahulu. Dimana terdapat dua slot SIM yang bisa dimanfaatkan dengan posisi yang berlawanan.  

Yang perlu menjadi catatan adalah jangan membuka baterai Wiko UPulse. Karena meski terlihat bisa dilepas pasang, namun Wiko memberi notifikasi jika membuka baterai akan menghanguskan garansi.

Layar

Wiko UPulse
Wiko UPulse memasang layar besar berukuran 5.5 inci dengan resolusi HD berjenis IPS. Sehingga gambar masih dapat dilihat dengan jelas dari sudut kemiringan tertentu. Sangat nyaman untuk menikmati konten video terutama saat mengisi waktu luang.

Anda juga masih bisa menyesuaikan tampilan video pada layar dalam 3 pilihan modus, yaitu standar, vivid, dan user. Ini merupakan bagian dari fitur MiraVision yang memang sudah disematkan pada hp Wiko.

Titik sentuh layarnya memang hanya bisa diakses 5 jari saja, tapi hal itu tidak mempengaruhi tingkat sensitivitasnya. Beralih diantara home screen berjalan lancar dan cukup smooth. Tidak ketinggalan, Wiko UPulse turut membenamkan fitur yang berguna pada layar.

Seperti Smart Action yang memiliki fitur double tap untuk membuka atau mengunci layar, flip to mute dan lainnya. Ada juga fitur Smart Gesture yang memungkinkan Anda membuka aplikasi tertentu hanya dengan menulis huruf diatas layar.  

Kamera

Wiko UPulse
Di sektor kamera, Wiko UPulse juga siap bersaing dipasaran mengandalkan kamera belakang 13MP dan kamera depan 8MP. Tidak hanya itu, Wiko turut menyematkan beragam fitur untuk mendukung hasil foto kameranya. Anda bisa memanfaatkan fitur Live Potrait Blur yang akan menyempurnakan hasil foto dan memberikan efek bokeh.

Atau menggunakan Auto-Scene Detection sehingga kamera dapat secara otomatis memberikan pengaturan yang tepat untuk hasil foto yang lebih sempurna. Selain itu fitur kamera lainnya, seperti Auto Night Mode, Panorama, Face Beauty, Professional Mode, Super Pixel. Serta kemampuan merekam beresolusi HD 720p @30fps.

Hasil jepretan kameranya sangat memadai dan bisa diandalkan, terutama untuk Anda yang gemar beraktivitas di sosmed. Hasil foto diluar ruangan terlihat terang dan cukup detail. Hanya saja, untuk didalam ruangan masih terlihat adanya noise.

Hasil Foto :

Hasil foto wiko upulse

hasil foto wiko upulse
Fitur Lain

Sebagai hp yang belum lama dirilis, Wiko UPulse sudah berjalan dengan OS Android 7.0 Nougat. Wiko sedikit memodifikasi  dengan menambahkan beberapa aplikasi bawaan, seperti 360 security, one clean, file lock, Wiboard Folio, dan Phone Assist. Termasuk pemutar musik yang dilengkapi fasilitas equalizer yang memungkinkan Anda melakukan setingan output audio sesuai selesa.

Wiko UPulse sudah mendukung jaringan 4G yang menawarkan koneksi internet lebih cepat, terutama saat streaming, browsing hingga mengunduh. Anda juga bisa memutar video langsung dari flash drive, karena Wiko UPulse sudah mendukung fitur USB OTG.

Performa

benchmark wiko upulse
Performa Wiko UPulse mengandalkan pada prosesor MediaTek MT6737 yang memiliki kecepatan 1.3 GHz. Prosesor ini dipadukan dengan pengolah grafis Mali-T720. Memang bukan paduan yang sempurna, namun setidaknya untuk aktivitas harian, multimedia hingga bermain game Wiko UPulse masih bisa diandalkan.

Apalagi untuk mendukung kinerjanya lebih baik, Wiko sudah menanam memori RAM 3GB lengkap dengan ruang penyimpanan internal sebesar 32GB. Membuka beberapa aplikasi secara bersamaan (multitasking) berjalan cukup lancar tana hambatan. Lalu game-game HD semacam Asphalt 8, Modern Combat 5  masih sanggup dimainkan tanpa adanya gangguan berarti.

Bermain game di Wiko UPulse juga lebih seru berkat keberadaan beragam sensor yang cukup penting. Sebut saja sensor gyroscope yang terasa berguna ketika memainkan game Asphalt 8 yang mengandalkan gerakan pemain untuk memainkannya. Atau juga sensor magnet yang berfungsi sebagai kompas untuk menunjukkan arah.

Untuk sumber daya Wiko UPulse ditenagai baterai berkapasitas 3100mAh. Baterai ini sanggup memberi daya seharian untuk penggunaan aktif. Saat melakukan streaming video HD via wifi, selama durasi 1 jam baterainya berkurang sekitar 12 persen.

Kesimpulan

Dengan harga Rp1.999.000, Wiko UPulse bisa menjadi salah satu alternatif pilihan untuk Anda yang menginginkan hp 4G dengan RAM 3GB. Kameranya juga cukup bisa diandalkan, terutama untuk penggunaan diluar ruangan dengan cahaya melimpah. Belum lagi dari sisi fisik di mana smartphone ini sepertinya tampil sedikit beda dibanding banyak smartphone lain di pasar.

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE
Ukuran Layar 5.5 inch
OS Version 7.0
Chipset Mediatek MT6737
Jumlah Core Quad Core
Kecepatan CPU 1.3 GHz
GPU -
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Resolusi Kamera Belakang 1 13 MP
Resolusi Kamera Depan 1 8 MP
Kapasitas Baterai 3100 mAh

Baca juga artikel :

Coolpad R116 Cool Dual, Hape Dual Kamera Murah Berkualitas 

Review Wiko Harry: Sudah Android Nougat dengan Memori RAM 3GB, Harga Terjangkau 

Review Moto Z: Cara Baru Berkomunikasi dan Menikmati Hiburan  

Artikel Lainnya

Komentar