Diperbaharui pada Senin, 28 Agustus 2017 | 10:17

5 Fitur Terbaru Google, Berbahasa Indonesia hingga Rute Ganjil Genap

Fitur baru google
Dalam fitur terbaru Google mendatang, aplikasi Google Allo akan hadir dalam versi bahasa Indonesia serta aplikasi peta Waze menambahkan layanan rute ganjil genap.

Tak bisa dipungkiri, hadirnya internet membawa banyak manfaat pada banyak orang. Dalam hal ini, peran Google pun tak luput dari perkembangan internet di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Perwakilan Google Indonesia saat ini terus meningkatkan layanannya sehingga semua masyarakat bisa merasakan manfaat dari internet. Hal ini dibuktikan melalui sederet layanan baru yang diberikan Google untuk Indonesia, tujuannya agar semua orang bisa mengakses internet dengan lebih praktis. Nah, apa saja layanan terbaru dari Google Indonesia ini?

Google Station

Google Station
Layanan pertama adalah Google Station. Penyediaan layanan ini bertujuan untuk hadirkan internet murah bagi masyarakat Indonesia berupa hotspot Wi-Fi yang bisa diakses dengan aman, cepat dan mudah bagi semua orang.

Pertama kali diimplementasikan di 200 stasiun kereta api dan berhasil membuat 15 ribu warga India bisa mengakses internet untuk pertama kali, penerapan Google Station di Indonesia akan tersedia di raturan lokasi yang tersebar di Bali dan Jawa.

Meskipun tidak gratis, kabarnya Google Station di Indonesia akan dibanderol murah. Monetisasi ini dilakukan bertujuan supaya Google Station bisa hadir secara berkelanjutan dan penyebarannya semakin luas di daerah lain yang ada di Indonesia.

Google Allo Versi Bahasa Indonesia

Google Allo
Aplikasi chatting Google Allo juga kini memiliki fitur yang semakin relevan dengan pengguna di Indonesia. Ya, layanan chatting yang terintegrasi dengan asisten virtualnya ini akan hadir dalam versi bahasa Indonesia. Sehingga Google Allo bisa berbicara bahasa Indonesia supaya pengguna di Tanah Air bisa memberikan perintah layaknya berbicara dengan teman sehingga jauh lebih praktis dan bisa dipakai oleh berbagai kalangan.

Penyempuraan Google Search

Layanan terbaru lain dari Google Indonesia adalah penyempurnaan pada fitur pencarian. Khusus untuk pengguna Indonesia, saat ini aplikasi Google Search memiliki kinerja yang lebih baik karena dilengkapi Shortcut yang bisa Anda tap sehingga bisa menjelajahi topik pilihan dengan lebih lengkap.

Masih pada aplikasi Google Search, fitur Feed yang Anda akses juga akan menghadirkan konten yang lebih sesuai dengan apa yang Anda sukai, misalnya topik yang sering Anda akses, hobi ataupun tren berita dari Google App. Kinerja terbaru dari Google Search ini dihadirkan berkat adanya dukungan dari machine learning yang diterapkan.

Layanan Waze

Waze

Pembaharuan layanan Google untuk pengguna di Indonesia lainnya sangat berguna untuk para pengemudi mobil khususnya masyarakat di Jakarta. Google menambahkan fitur rute ganjil genap pada aplikasi navigasi Waze. Dengan begitu, pengguna dapat melakukan navigasi rute sesuai dengan plat nomor kendaraan agar pengguna tersebut bisa mematuhi aturan lalu lintas dan mendapatkan opsi rute yang sesuai.

YouTube Go

Layanan terbaru lain dari Google Indonesia dikhusukan untuk Anda yang sering  mengakses konten video di YouTube. Lewat aplikasi hp bernama YouTube Go, nantinya pengguna bisa menonton video dengan penggunaan data yang lebih hemat. Selain itu, YouTube Go juga memungkinkan Anda untk melihat preview video terlebih dulu dan memilih ukuran file video yang diinginkan untuk diakses secara offline.

Baca juga artikel :

Aplikasi YouTube Go dan Google Assistant Resmi Masuk Indonesia 

Fitur-Fitur Tersembunyi di Google Maps yang Sangat Berguna 

Android O, OS Terbaru Google! Apa saja Fitur Terbarunya?  

Like us!
Ardiansyah Hana

Contributor

787 Posts